Cara Cegah Kulit Kering Akibat Cuci Tangan - Male Indonesia
Cara Cegah Kulit Kering Akibat Cuci Tangan
MALE ID | Looks

Pandemi COVID-19 memang menjadi malapetaka bagi seluruh aspek, salah satunya kulit. Ini mungkin juga menyebabkan banyak kerusakan pada tangan Anda, sebagai akibat dari seringnya mencuci tangan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran virus. 

Photo by Fran Jacquier on Unsplash

Meskipun kasus tangan kering bukanlah masalah kesehatan terbesar yang ada dalam pikiran siapa pun saat pandemi, masuk akal untuk melindungi pelindung kulit, karena tangan yang pecah-pecah tentu akan mengurangi esensi penampilan Anda. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan agar terhidar dari masalah ini?

Turunkan Suhu Air 
Seperti mengutip laman Webmb, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menurunkan suhu air. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyatakan bahwa suhu air tidak memengaruhi pembuangan kuman. Air panas lebih mengeringkan daripada air hangat, jadi masuk akal untuk menurunkan suhu ke tingkat yang nyaman.

Siapkan Pembersih Ringan di Kamar Mandi 
Pembersih tidak perlu antibakteri atau kekuatan industri untuk membersihkan kulit dan menghilangkan kotoran, bakteri, dan virus. Banyak pembersih lembut (bahkan jika diberi label untuk wajah atau tubuh) juga sangat cocok untuk tangan, terutama jika bebas pewangi dan diberi label dengan kata-kata seperti bergizi, lembut, melembabkan, atau sensitif. 

Simpan Krim Tangan di Wastafel 
Lapisan krim atau losion bebas pewangi yang dioleskan segera setelah pembersihan memang tidak dapat bertahan lama, karena akan hilang saat membersihkannya lagi. Tapi itu bisa membantu menenangkan dan melindungi kulit sementara dan lebih baik daripada tidak sama sekali.

Bersihkan Sebelum Tidur
Malam hari mungkin satu-satunya saat Anda tidak mencuci tangan tanpa henti, jadi masuk akal untuk membasahi dan melembabkan tangan sebagai langkah terakhir sebelum tidur. Bersihkan dengan lembut, dan saat tangan masih lembap dan hangat, lapisi dengan krim atau salep polos, tebal, dan bebas pewangi. 

Perangi Gatal
Saat Anda merasa ingin menggaruk kulit Anda, pertimbangkan salep hidrokortison yang dijual bebas, krim toko obat yang mengandung pramoxine, atau pelembab dengan efek pendinginan.

Hubungi Dokter Kulit
Dokter mungkin meresepkan krim atau salep untuk menenangkan tangan Anda yang kering dan tidak nyaman. Ini mungkin termasuk steroid topikal resep. Dan perlu diingat, masih banyak penyebab lain dari ruam tangan yang mungkin tidak menjadi hasil dari pembersihan yang sering. Ini termasuk alergi kulit (dermatitis kontak alergi), eksim, psoriasis, cedera atau disfungsi saraf, kondisi medis yang mendasari, reaksi pengobatan, dan infeksi (termasuk jamur, penyakit tangan-kaki-dan-mulut, sifilis, herpes, atau tungau kecil yang disebut kudis).

SHARE