Manfaat Deadlift yang Tidak Pernah Anda Ketahui - Male Indonesia
Manfaat Deadlift yang Tidak Pernah Anda Ketahui
MALE ID | Sport & Hobby

Deadlift adalah latihan angkat beban yang klasik. Deadlift dilakukan hanya dengan memegang bar beban bebas Anda (dengan beban sebanyak yang Anda bisa) dan angkat sampai Anda berdiri dengan bar tergantung di depan Anda, serta lengan terentang.

Male IndonesiaFoto oleh form PxHere

Mengutip laman Boldsky, deadlift adalah salah satu teknik latihan angkat besi yang ditujukan untuk membentuk otot punggung menjadi simetris. Latihan ini dilakukan dengan skema mengangkat beban dengan posisi menekuk dan menegakkan tubuh. 

Gerakan yang lazim dilakukan saat latihan deadlift melibatkan banyak bagian otot di tubuh, diantaranya otot pada bagian punggung, kaki, dan tangan. Latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kondisi fisik menjadi jauh lebih prima dan maksimal.

Selain itu ternyata ada manfaat lain yang mungkin belum Anda ketahui. Mengutip laman Lifehack, berikut ini sederet manfaat deadlift yang perlu Anda tahu.

1. Peningkatan Pembakaran Lemak
Alwyn Cosgrove, seorang pelatih pribadi dan penulis kebugaran, baru-baru ini menulis tentang sebuah penelitian di mana subjek kelebihan berat badan dikelompokkan ke dalam tiga kelompok: diet saja, diet plus aerobik, diet plus aerobik plus angkat beban. 

Kelompok diet kehilangan 14,6 pon lemak dalam 12 minggu. Kelompok aerobik kehilangan hanya satu pon lebih (15,6 pon) daripada kelompok diet (pelatihan tiga kali seminggu mulai dari 30 menit dan berlanjut menjadi 50 menit selama 12 minggu).

Kelompok latihan beban kehilangan 21,1 pon lemak (44% dan 35% lebih banyak daripada kelompok diet dan aerobik saja). Pada dasarnya, penambahan pelatihan aerobik tidak menghasilkan   kehilangan lemak yang signifikan di dunia nyata hanya karena diet.

Mengangkat beban dan latihan ketahanan akan membakar lemak lebih banyak dari sekedar berdiet atau berdiet dengan latihan kardio saja.

2. Postur yang Lebih Baik
Deadlifting meningkatkan kekuatan inti Anda dan menambah stabilitas inti. Deadlifting menargetkan semua otot yang bertanggung jawab atas postur tubuh Anda dan memungkinkan Anda untuk menjaga punggung tetap tegak selama aktivitas rutin sehari-hari.

3. Lebih Banyak Otot Bekerja
Deadlift melatih lebih banyak otot daripada latihan lainnya, termasuk squat. Latihan angkat beban melibatkan semua kelompok otot utama, menurut ahli fisiologi olahraga Kevin Farley. Jika Anda perlu melakukan satu latihan, inilah yang harus dilakukan. Deadlift melatih tubuh bagian bawah dan atas Anda, termasuk otot punggung.

4. Peningkatan Kehidupan Nyata
Saat Anda melakukan latihan angkat lainnya, seperti bench press, misalnya, Anda tidak melakukan apa pun yang sebenarnya Anda lakukan dalam kehidupan nyata. Deadlift mengembangkan otot yang Anda butuhkan untuk benar-benar membawa sesuatu, seperti seember air atau mengangkat meja makan Anda.

5. Aman
Deadlift adalah salah satu latihan angkat beban teraman yang dapat Anda lakukan. Anda tidak akan terjepit di bawah beban atau khawatir beban itu akan menarik Anda ke belakang. Jika Anda mendapat masalah, Anda cukup menjatuhkannya, tidak diragukan lagi, tetapi tidak merusak. Anda juga tidak perlu memiliki pengintai untuk melakukan latihan ini.

6. Peningkatan Kekuatan Genggaman
Menurut Outlaw Fitness, deadlift terkenal karena kemampuannya untuk membangun kekuatan cengkeraman yang sangat besar, dan untuk alasan yang bagus. Jari-jari Anda secara harfiah adalah satu-satunya hal yang menghubungkan Anda dengan batang beban. Lengan bawah Anda harus bekerja sangat keras saat Anda menambah berat badan agar palang tidak jatuh dari tangan Anda. Selanjutnya, kekuatan cengkeraman Anda.

7. Meningkatkan Hormon
Sekarang jangan khawatir, ini bukan hormon yang akan membuat Anda lebih emosional. Sebaliknya, dengan melakukan setidaknya 8 hingga 10 kali pengulangan deadlift dengan beban yang signifikan, Anda dapat meningkatkan jumlah testosteron dan hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh tubuh Anda.

Testosteron meningkatkan pertumbuhan otot dan memperbaiki perbaikan otot, sedangkan hormon pertumbuhan, yang diproduksi oleh kelenjar pituitari, meningkatkan penyembuhan jaringan, kekuatan tulang, pertumbuhan otot, dan kehilangan lemak.

SHARE