Santapan Khas, Ternyata Timun Suri Banyak Kasiat - Male Indonesia
Santapan Khas, Ternyata Timun Suri Banyak Kasiat
MALE ID | Sex & Health

Timun suri sudah menjadi santapan khas di bulan puasa. Setiap tahunnya akan ramai para penjual menajajkan buah ini untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, yang kemudian akan dicampurkan dengan sirup atau sop buah.

Photo: Ahmad Fuad Morad/Flickr

Dibalik kekhasannya bagi warga Indonesia. Ternyata buah yang membuat segar saat berbuka puasa ini memiliki manfaat yang luar biasa. Dalam timun suri mengandung beragam nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kalium, kalsium, fosfor, vitamin C, flavonoid, hingga saponin.

Timun suri termasuk ke dalam keluarga labu-labuan (cucurbitaceae) yang memiliki kemiripan dengan ketimun dan juga melon. Mengutip dari berbagai sumber beriku ini adalah manfaat yang bisa Anda rasakan.

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Beberapa sumber menyatakan bahwa vitamin C dan vitamin A yang terkandung dalam timun suri cukup tinggi, sehingga timun suri diduga bisa bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Kedua vitamin ini dapat membantu mendorong produksi sel darah putih, khususnya limfosit dan fagosit, yang berperan melindungi tubuh dari infeksi.

Vitamin C juga bersifat antioksidan sehingga dapat melindungi sel-sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C dibutuhkan tubuh untuk penyerapan zat besi, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan kadar asam urat.

 
 
Menghidrasi Tubuh
Timun suri termasuk ke dalam buah yang mengandung air cukup tinggi. Mengonsumsi timun suri dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dalam timun suri juga terkandung kalium, yaitu mineral penting yang berperan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Menurunkan Peradangan di Tubuh
Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin A diketahui bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Sebuah penelitian pada hewan juga mengungkapkan bahwa vitamin A dari mentimun dapat menjaga kesehatan organ yang mengalami peradangan kronis.

Menghambat Pertumbuhan Bakteri
Kandung alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan triterpenoid dalam timun suri diyakini dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dapat bermanfaat dalam melawan bakteri penyebab penyakit, misalnya Streptococcus sp. Namun, manfaat timun suri ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Mencegah Anemia
Timun suri mengandung zat besi, sehingga konsumsinya dapat membantu mencegah anemia atau kelelahan. Hal ini karena zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin yang dibutuhkan untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Agar manfaat dari zat besi dapat diperoleh secara maksimal dan kebutuhan zat besi harian terpenuhi dengan baik, Anda sebaiknya juga mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi lainnya, seperti daging sapi, hati ayam, kerang, tiram, lentil, bayam, hingga kacang-kacangan.

Timun suri memang paling enak untuk disajikan dengan buah-buahan lain dan juga sirop atau susu kental manis. Namun, Anda sebaiknya tidak mencampurkan sirop dan susu kental manis terlalu banyak mengingat kandungan gulanya yang tinggi.

SHARE