Panduan Warna Sepatu Dikombinasi dengan Pakaian - Male Indonesia
Panduan Warna Sepatu Dikombinasi dengan Pakaian
MALE ID | Looks

Alas kaki atau sepatu, seperti semua setelan pria lainnya, belakangan ini fashion-nya tidak lagi terlalu kaku. Anda bisa mengenakan sepatu pantofel dengan celana jins, atau sneakers dengan setelan jas.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Tetapi kunci untuk melakukan itu adalah pencocokan warna. Jika salah pilih, Anda bisa terlihat seperti “pasar malam”. Umumnya, sepatu warna gelap lebih serbaguna daripada warna terang. Berikut ini panduan keserasian warna sepatu jika dikombinasi dengan pakaian yang Anda kenakan.

Sepatu Hitam

Di hampir setiap keadaan, sepatu hitam adalah versi paling cerdas di semua kategori. “Sepasang oxfords (semi-boots) hitam mungkin adalah sepatu paling bergaya yang bisa Anda miliki,” kata Luke McDonald, penata gaya di Thread layanan gaya online pria, dilansir dari fashionbeans.

Tetapi Oxford hitam membatasi pakaian lain yang akan Anda pakai. Jika dengan blazer hitam, Anda akan terlihat matching dalam dandanan. Cocok juga untuk setelan kerja kantoran. Tetapi jika dipadu dengan jeans, Anda tampak seperti pesulap jalanan.

Oxfords hanya akan cocok dengan jeans hitam berbahan tipis. Jika Anda bersikeras menggunakan sepatu hitam dengan denim gelap, yang terbaik adalah memilih sepatu seperti Chelsea atau Dr Martens.

Jika Anda tipe pria penyuka celana chino berwarna-warni, dan tanpa kaus kaki, sepatu pantofel hitam lebih serasi daripada yang memiliki tali. Disarankan agar menghindari celana pendek dengan sepatu hitam.

Sepatu Coklat

Warna barisan sepatu Anda berikutnya adalah cokelat. Ini adalah warna sepatu yang paling toleransi. Dengan setelan apapun selain warna hitam atau tuksedo, sepatu cokelat menambah gaya kepribadian dan memberikan sentuhan yang luwes.

“Semakin terang warna coklatnya, semakin santai tampilannya,” kata McDonald. Sepatu cokelat bisa menjadi pilihan Anda untuk celana chino dengan warna apa pun.

Pantofel cokelat yang lebih gelap terlihat bagus dengan denim indigo, tetapi juga cocok dengan warna yang lebih pudar. Pastikan Anda memilih gaya yang tidak terlalu formal atau kasual.

Kets Putih

Ketika Common Projects meluncurkan Achilles Low hampir 15 tahun yang lalu, merek sepatu Italia-Amerika membantu memperkuat kategori baru dalam pakaian pria, yakni sepatu jenis sneakers.

Meskipun sepatu kets (salah satu varian dari sneakers ) bukanlah hal baru, namun itu belum tentu mudah Anda padukan dengan setelan jas. Kecuali Anda percaya diri.

Tetapi selama Anda mendapatkan sepasang sepatu yang benar-benar bersih, bebas dari logo dan dibuat dari kulit premium, sepatu kets putih minimalis bisa dipakai dengan setelan apa pun, sepanjang konteksnya benar.

Juga terlihat matching dengan celana jins apa pun, mulai dari selvedge premium Jepang hingga robekan stonewash. Sama seperti celana chino, celana pendek, celana parasut, atau celana kasual apa pun yang Anda punya, sepatu kets putih akan serasi digunakan.

Sneakers Warna-warni

Awalnya, sneakers yang mengusung beberapa warna hanya dipakai untuk berolahraga. Namun sekarang, tren sepatu tersebut juga merayap ke pekerja kantoran.

“Tapi semua warna itu membuatnya kurang serbaguna untuk beberapa pakaian,” kata McDonald.

Warna-warni tersebut akan terlihat sempurna jika diletakkan dengan warna dasar yang netral, seperti putih. Jika warnanya kasual, Anda bisa menggunakan jins warna apa pun, atau celana chino cokelat dan biru tua.

“Anda harus membiarkan sepatu Anda yang berbicara. Jika itu adalah hal terindah dalam pakaian Anda, maka sepatu itu akan menarik perhatian,” ujar McDonald.

SHARE