Cara Cepat Bersantai Saat Anda Kecanduan Bekerja - Male Indonesia
Cara Cepat Bersantai Saat Anda Kecanduan Bekerja
MALE ID | Works

Workaholic adalah sebutan bagi orang yang kecanduan kerja. Salah satu faktor workaholic adalah seseorang mencintai pekerjaannya sehingga bersedia mengorbankan seluruh waktunya untuk pekerjaan itu.

Photo by Andrew Neel on Unsplash

Orang dengan kecanduan kerja juga terkadang mengabaikan waktu tidur dan makan siang dengan teman-teman mereka. Rasa lelah sebenarnya terasa. Hanya Anda yang mengetahui hal ini dan memahami urgensi yang Anda perlukan untuk membangkitkan keberanian pribadi untuk menghadapi penyebab tidak sehat yang mendasari gaya kerja obsesif Anda. 

Tetapi, untuk saat ini, satu-satunya energi mental yang dapat Anda kerahkan adalah sedikit yang diperlukan untuk mencari cara agar dapat rileks atau istirahat dengan cepat sehingga Anda dapat melakukannya lagi besok.

Mengutip laman Lifehack, berikut adalah 5 solusi sementara untuk dicoba dalam meredakan ketegangan kelelahan mental dari kecanduan bekerja sampai Anda siap untuk melakukan upaya yang berani untuk mengubah pendekatan Anda terhadap pekerjaan Anda.

Berjalan-jalan di Sekitar
Setelah Anda menutup komputer dan menjauh dari meja, langkahkan kaki Anda dan pergilah ke luar. Jalan kaki telah lama diidentifikasikan sebagai cara untuk merilekskan pikiran dan tubuh. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa jalan cepat dapat menghilangkan stres dan ketegangan serupa dengan bagaimana aspirin meredakan sakit kepala.

Alasannya berkaitan dengan bagaimana latihan berdampak rendah ini memicu pelepasan endorfin atau bahan kimia otak yang merangsang relaksasi. Jika kecanduan kerja Anda membuat Anda memiliki waktu terbatas, Anda beruntung. Jalan kaki selama 10 menit dapat memberikan manfaat penghilang stres yang Anda butuhkan untuk mengatur ulang pikiran.

Jika pekerjaan telah menguras energi Anda sehingga berjalan dengan penuh semangat tampaknya lebih merepotkan daripada nilainya, Anda dapat mencoba meditasi jalan yang lebih lambat untuk membantu Anda melepas lelah. 

Cobalah untuk Tidur Siang
Bagi banyak orang, tidur siang adalah penawar yang ideal untuk memulihkan tubuh dan otak setelah bekerja berjam-jam. Namun, jika Anda kecanduan bekerja, Anda mungkin tidak dapat dengan mudah memutuskan hubungan dari proyek yang belum selesai dan membiarkan diri Anda tertidur.

Mendengarkan Musik
Musik sering kali menjadi sumber daya untuk merangsang getaran yang baik. Jika Anda kecanduan bekerja dan mencari cara untuk melepaskan ketegangan yang timbul dari fokus intens Anda pada produktivitas, tingkatkan layanan streaming musik favorit Anda dan nyalakan beberapa suara yang menenangkan. 

Penelitian menunjukkan bahwa "musik sekitar 60 detak per menit dapat menyebabkan otak Anda selaras dengan irama" dan menciptakan gelombang otak alfa. Ini adalah gelombang otak bermanfaat yang muncul saat Anda rileks.

Saat memilih musik yang menenangkan untuk didengarkan, perlu diingat bahwa Anda tidak ingin hanya beralih ke sebuah lagu karena ilmu pengetahuan mengatakan demikian. Mendengarkan musik yang tidak menarik bagi Anda mungkin memiliki efek menenangkan yang berlawanan dengan yang Anda inginkan.

Tersenyumlah
Tersenyum itu mudah, cepat, dan sarat dengan manfaat relaksasi. Yang diperlukan hanyalah mengatasi kecanggungan duduk atau berjalan-jalan dengan seringai di wajah Anda tanpa alasan selain untuk bersantai. 

Penelitian menunjukkan bahwa tindakan sederhana seperti tersenyum bisa efektif dalam mengurangi intensitas respons stres tubuh dan menurunkan tingkat detak jantung setelah aktivitas yang membuat stres. Dan semua ini bisa terjadi terlepas dari apakah Anda benar-benar merasa bahagia.

Saat Anda tersenyum, otak Anda melepaskan dopamin dan endorfin, yang merupakan pembawa pesan kimiawi yang membantu meringankan suasana hati Anda. Sebagai bonus, penelitian menunjukkan bahwa tersenyum dapat membantu Anda terlihat lebih menarik. 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Aberdeen, Skotlandia, partisipan menemukan pria dan wanita yang melakukan kontak mata dan tersenyum lebih tampan daripada mereka yang tidak. Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan relaksasi Anda, cobalah tersenyum sambil berbaring di lantai.

Berbaring di Lantai
Jika kecanduan kerja telah membuat Anda kelelahan sehingga satu-satunya hal yang dapat Anda pikirkan untuk dilakukan adalah berbaring di lantai, Anda lebih dekat dengan relaksasi daripada yang mungkin Anda sadari. The Alexander Technique, dinamai berdasarkan aktor Shakespeare, menawarkan cara tertentu untuk berbaring di lantai sehingga Anda melepaskan ketegangan pada otot Anda.

Teknik ini, juga dikenal sebagai Istirahat Konstruktif, melibatkan membalikkan punggung dengan lutut ditekuk dan kaki di lantai. Selain membantu Anda rileks, posisi spesifik mendukung keselarasan tulang belakang. Namun, pastikan untuk tidak terlalu nyaman. Berbaring di lantai dalam waktu lama dapat menyebabkan nyeri dan kaku. Anda hanya perlu menahan Teknik Alexander selama beberapa menit untuk merasakan kemudahan, dan berlatih setiap hari dapat memberikan hasil yang tahan lama.

SHARE