Apel Sehari Bisa Jauhkan Anda dari Dokter - Male Indonesia
Apel Sehari Bisa Jauhkan Anda dari Dokter
MALE ID | Sex & Health

"Makanlah apel saat tidur, dan Anda akan mencegah dokter mendapatkan rotinya." Begitulah pepatah lama yang sempat dituliskan kembali oleh majalah Notes and Queris. Artinya, apel bisa menjauhkan Anda dari seorang dokter alias bisa membuat Anda tetap sehat.

Photo by Louis (EclipX) Hansel on Unsplash

Apel telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jangka panjang. Apel sarat dengan nutrisi penting, termasuk serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Secara khusus, vitamin C (termasuk di dalam apel) bertindak sebagai antioksidan untuk menetralkan senyawa berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas dan melindungi dari penyakit.

Apel juga merupakan sumber antioksidan yang bagus seperti quercetin, asam caffeic, dan epicatechin. Studi menunjukkan bahwa makan lebih banyak apel dapat dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari beberapa kondisi kronis, termasuk penyakit jantung.

Mengtuip laman Healthline, satu penelitian di lebih dari 20.000 orang dewasa menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran berdaging putih, termasuk apel, dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah. Hal ini mungkin karena adanya flavonoid yang ditemukan dalam apel, yang merupakan senyawa yang telah terbukti mengurangi peradangan dan melindungi kesehatan jantung.

Apel juga mengandung serat larut, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. 

Selain itu, apel juga mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu mencegah pembentukan kanker, termasuk antioksidan dan flavonoid. Menurut satu ulasan dari 41 penelitian, mengonsumsi apel dalam jumlah yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko terkena kanker paru-paru. 

Studi lain mengamati temuan serupa, melaporkan bahwa makan lebih banyak apel dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal yang lebih rendah. Anda juga perlu tahu, bahwasannya apel juga dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan lain yang dapat membantu menjauhkan diri dari dokter.

Dukung Penurunan Berat Badan 
Karena kandungan seratnya, apel telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang, menurunkan asupan kalori, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Meningkatkan Kesehatan Tulang 
Studi pada manusia, hewan, dan tabung reaksi telah menemukan bahwa makan lebih banyak buah dapat dikaitkan dengan peningkatan kepadatan mineral tulang dan risiko osteoporosis yang lebih rendah.

Meningkatkan Fungsi Otak
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa makan apel dapat membantu mengurangi stres oksidatif, mencegah penurunan mental, dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Melindungi Anda dari Asma
Studi menunjukkan bahwa peningkatan asupan apel dapat dikaitkan dengan risiko asma yang lebih rendah.

Mengurangi Resiko Diabetes 
Menurut sebuah ulasan besar, makan satu apel per hari dikaitkan dengan risiko 28% lebih rendah terkena diabetes tipe 2, dibandingkan dengan tidak makan apel sama sekali.

SHARE