Tips Asik Bersepeda Walau Sedang Berpuasa - Male Indonesia
Tips Asik Bersepeda Walau Sedang Berpuasa
MALE ID | Sport & Hobby

Menjalankan puasa  bukan berarti tidak bisa melakukan aktivitas fisik termasuk berolahraga. Seperti halnya bersepeda bagi Anda yang sekarang sedang gandrung ngegoes.

Photo by Talles Alves on Unsplash

Seperti sudah menjadi rahasia umum, bersepeda menjadi tren sejak masa pandemi. Jenis olahraga ini juga tetap bisa dilakukan saat berpuasa. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara asik bersepeda walau sedang berpuasa?

Rencanakan Rute
Mengapa merencanakan rute atau perjalanan itu penting. Hal ini untuk menentukan jalur mana yang aman sehingga tak perlu bertemu kerumunan orang di tengah jalan, ataupun melewati jalan rusak.

“Jadi perjalanannya sudah harus kita atur juga karena masa pandemi ini takutnya orang-orang juga banyak yang ngabuburit atau sepeda pagi. Sehingga kalau bisa cari jalur-jalur yang masih sepi, gak banyak orang,” kata Nikko Priambodo Founder Good Ride Bike Café sekaligus Ketua Harian Formasindo (Forum Masyarakat Sepeda Indonesia)  dalam webinar bersama Rumah Sakit Universitas Indonesia.

Nah karena sedang puasa, ada baiknya pilih jalur dengan jarak tempuh maksimal 20 kilometer sehingga durasi bersepeda akan kurang dari 1 jam. Dan ingat, pilihlah jalur hijau yang teduh. Hal ini menghindari dari kepanasan bahkan dehidrasi. Sehingga gowes lebih nyaman dan aman.

Bersepedahlah dengan Santai
Jika biasanya gowes selama satu jam, maka cobalah untuk mengurangi durasinya. Anda juga bisa mengurangi jarak dari biasanya. “Durasinya dikurangi jadi setengah jam. Jaraknya juga dikurangi sehingga gowesnya jadi bisa lebih santai,” kata Nikko.

Selain itu pilihlah waktu-waktu yabg agak longgar. Sehingga tak dikejar-kejar oleh pekerjaan ataupun kegiatan lainnya. Misalnya pilih saat pagi hari atau bisa juga sore supaya bisa sekalian ngabuburit.

Ajak Teman Gowes Bareng
Gowes rame-rame memang seru. Tapi karena kondisi pandemi COVID-19 masih mengkhawatirkan, coba pertimbangkan untuk menemukan cara baru untuk gowes bareng. Misalnya gowes bareng secara virtual atau gowes di waktu yang sama namun tempat yang berbeda. 

"Jadi waktunya bareng-bareng tapi tempatnya berbeda, misalnya seperti itu. Atau berdekatan tapi tidak sama-sama," saran Nikko.

Nah saat harus gowes bareng, pastikan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Mulai dari pakai masker, membawa hand sanitizer, dan jangan lupa jaga jarak agar tetap aman. Sehingga tak akan ada klaster baru dari kegiatan gowes bareng tersebut.

Kondisi Tubuh
Selain memastikan sepeda siap digunakan, memastikan tubuh sedang fit juga penting. Konsumsi makanan yang cukup saat sahur, makan gizi seimbang. Bersepeda sesuai kondisi badan (30 menit di awal bulan puasa, 1 jam setelah terbiasa).

Istirahat Setelah Bersepeda
Setelah bersepeda maka lakukan pendinginan dan istirahatlah sejenak. Setelah itu barulah mandi dan membersihkan diri. Ingat, untuk mendapat tubuh yang sehat selama puasa, butuh asupan gizi yang seimbang dan olahraga yang cukup dan teratur. Anda bisa membuat jadwal khusus setiap 3-5 hari dalam seminggu untuk olahraga. 

SHARE