Ini Efeknya Jika Anda Berhenti Gunakan Smartphone - Male Indonesia
Ini Efeknya Jika Anda Berhenti Gunakan Smartphone
MALE ID | Sex & Health

Berapa jam per hari Anda menggunakan smartphone? Apakah Anda pernah mencoba selama seminggu tanpa gadget? Mungkin Anda bisa menyangkal untuk mengakui kecanduan memakai ponsel cerdas. Tetapi tidak dipungkiri, peran perangkat ini sangat besar dalam hidup kita.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana efeknya jika suatu hari Anda bangun, kemudian beraktivitas tanpa membawa ponsel? Mungkin hari-hari Anda bisa berubah menjadi lebih baik, atau mungkin sebaliknya.

Berikut ini kemungkinan yang bisa terjadi jika seseorang menjalani hidup tanpa smartphone, setidaknya selama satu minggu, dilansir dari Bright Side.

Merasa Nomophobia

Orang dengan kecanduan smartphone bisa merasa lebih tertekan dan mudah marah, ini kata sebuah penelitian. Coba ingat-ingat apa yang Anda rasakan jika lupa bawa ponsel saat keluar rumah? Mungkin Anda merasa cemas.

Kasus ini disebut nomophobia (no mobile phone phobia). Ini kondisi psikologis ketika  seseorang merasa khawatir secara berlebihan saat menjalani hidup tanpa smartphone. Kekhawatiran itu bahkan sampai memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Atau Anda mungkin juga mengalami nomofobia jika baterai ponsel habis. Gejalanya antara lain, kecemasan, ketakutan, panik, kesepian, perubahan pernapasan, gemetar, berkeringat, disorientasi, atau bahkan takikardia (detak jantung melebihi 100 kali per menit).

Namun hal itu tergantung seberapa sanggup Anda mampu menyingkirkan nomofobia. Beberapa orang mungkin bisa menyesuaikan diri dengan cepat ketika seharian tidak memakai gadget.

Perubahan Suasana Hati dan Perilaku

Anda mungkin merasa terisolasi ketika pertama kali lupa membawa smartphone. Tetapi Anda akan terbiasa dengan kondisi tersebut. Jika Anda mampu membatasi diri dari sesuatu yang Anda andalkan, Anda mungkin akan mengalami perubahan suasana hati dan perilaku.

Ada seorang pria mengadakan percobaan selama satu minggu tanpa ponsel, dan di akhir pengalamannya itu dia berkata, “Apakah saya benar-benar terisolasi? Atau apakah saya hanya mengambil kembali kendali atas hidup saya?”

Jika Anda mampu berjuang melawan kecanduan smartphone, Anda bisa melakukan hal-hal lainnya yang penting bagi Anda. Atau Anda bisa membaca buku dan surat kabar yang menambah pengetahuan dan wwasan Anda.

Tidur Lebih Nyenyak

Otak kita sangat sensitif terhadap cahaya, dan cahaya biru dari smartphone bisa menunda produksi melatonin. Akibatnya, kekurangan melatonin akan membuat Anda sulit tidur.

Tetapi jika Anda bisa mengabaikan ponsel selama 1-2 jam sebelum tidur, maka proses tidur Anda bisa menjadi normal. Juga disebutkan bahwa tidak menggunakan gadget di kamar tidur, bisa meningkatkan kebahagiaan dan kualitas hidup. Suasana hati pun menjadi lebih baik saat Anda bangun tidur.

Pikiran Bebas Mengembara

Dunia modern sangat sibuk dengan beragam dinamikanya dan melibatkan banyak informasi yang bisa kita lihat setiap hari melalui smartphone.

Ketika Anda mendapatkan hal itu terus-menerus dan dalam porsi besar, meskipun itu berita positif, Anda akan terbiasa dengannya. Namun ini sama saja Anda berhenti membiarkan pikiran Anda mengembara.

Merasa serba salah atau kebingungan di tengah waktu luang adalah salah satu efek yang terjadi saat Anda tidak melihat ponsel. Situasinya bisa menjadi tak tertahankan bagi mereka yang hobi game di ponsel.

Sebaliknya, jika keseharian Anda tidak bergantung menatap gadget, maka Anda akan menjadi lebih terbuka menjelajahi diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Anda pun akan merasa santai ketika memikirkan sesuatu sambil berdiri dalam antrean supermarket, atau akan leluasa menikmati suasana yang Anda jalani setiap hari.

SHARE