Daftar Aplikasi Belajar Online Terbaik Indonesia - Male Indonesia
Startup
Daftar Aplikasi Belajar Online Terbaik Indonesia
MALE ID | Digital Life

Apa saja aplikasi belajar online terbaik di Indonesia ketika pandemi ini? Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, segala aktivitas manusia kini semakin dipermudah berkat bantuan kecanggihan teknologi tersebut. Sama halnya pada bimbel yag bisa dilakukan secara online.

aplikasi belajar online terbaik di Indonesia

Beberapa Nama Dari Aplikasi Belajar Online Terbaik

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa kini sistem pembelajaran bisa dilakukan secara online. Begitu pula pada bimbingan belajar para peserta didik, ada beberapa aplikasi yang akan membantu siswa siswi dalam belajar. Dengan begtiu, mereka tidak perlu bertatap muka karena bisa dilakukan dari rumah.

1. Aplikasi Belajar Online Zenius

Salah satu aplikasi belajar online pertama, yaitu Zenius. Aplikasi ini telah menjadi kepercayaan masyarakat, karena layanan dan juga fiturnya sangatlah lengkap. Proses pembelajaran menjadi semakin menyenangkan. Dengan sistem belajar, para peserta didik juga pasti akan mudah menangkap materi.

Inilah yang terus dikembangkan oleh aplikasi belajar online Zenius. Business model yang berasal dari aplikasi ini, yaitu dengan menjual akses pengajaran bagi seluruh mata pelajaran mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA. Formatnya video bahasa Indonesia, disajikan online. Aplikasinya juga gratis.

1.1. Selengkap Apakah Aplikasi Zenius?

Bila Anda penasaran selengkap apakah aplikasi belajar online Zenius ini, maka jawabannya adalah cukup lengkap untuk dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajarannya secara online. Hingga tahun 2021 ini, aplikasi tersebut sudah berhasil mendokumentasikan sekitar 90.000 video materi mata pelajaran dari SD sampai SMA.

Tidak hanya itu saja, aplikasi Zenius juga menyediakan banyak sekali latihan soal hingga ratusan ribu. Para peserta didik dapat mendownloadnya secara gratis, soal tersebut juga termasuk soal untuk Ujian Nasional dari tingkatan SD sampai dengan SMA. Bahkan ada video pembahasannya juga.

1.2. Produk yang Ditawarkan Aplikasi Zenius

Dikenal sebagai salah satu aplikasi belajar online, Zenius menyediakan berbagai macam produk unggulannya bagi para peserta didik yang hendak melaksanakan UTBK dan ujian lainnya. Seperti produk Zenius Aktiva (khusus 1 SD hingga 12 SMA), Optima (paket belajar persiapan PTS & PAS).

Tidak hanya itu saja, masih ada lagi produk Zenius lainnya. Seperti Ultima (paket belajar khusus UTBK), UTBK Intensif (program belajar selama 8 mingguan), UTBK Super Intensif (program secara eksklusif berisikan 12 hingga 15 siswa dan dilaksanakan selama 6 mingguan).

1.3. Cara Mendapatkan Produk Dari Aplikasi Zenius 

Mungkin bagi Anda yang tertarik mengikut sertakan peserta didik untuk belajar bersama Zenius, caranya cukup mudah. Pertama, download aplikasi Zenius terlebih dahulu baik di smartphone Android atau iOS semuanya ada. Kemudian, langsung daftarkan diri peserta yang sudah tertera di aplikasi.

Jika nanti ada arahan untuk melakukan verifikasi nomor HP, masukkan saja nomor Anda yang aktif agar pihak Zenius mudah mengabari jikalau ada informasi. Langkah terakhir, pilih saja diantara banyaknya produk aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

2. Rumah Belajar

Selain aplikasi Zenius, masih ada beberapa aplikasi belajar online yang bisa diandalkan. Salah satu diantaranya juga termasuk populer di kalangan masyarakat. Seperti misalnya aplikasi Rumah Belajar ini. Aplikasi satu ini merupakan buatan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Aplikasi Rumah Belajar termasuk aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis. Para peserta didik yang bergabung ke dalam aplikasi belajar ini, nanti mereka akan menjalani metode pembelajaran dengan menggunakan video, gambar, audio sampai dengan animasi interaktif juga. 

3. seTARA Daring 

Kemudian, ada aplikasi belajar online bernama seTARA Daring. Merupakan aplikasi learning management system atau biasanya disingkat dengan LMS. Program pembelajarannya sudah dirancang khusus untuk proses belajar dalam jarak jauh. Slogan mereka “Belajar kapan saja dan di mana saja”.

Sebagai salah satunya aplikasi learning management system, aplikasi seTARA Daring ini menawarkan banyak sekali pembelajaran lengkap. Mulai dari perancangan, pelaksanan proses belajar sampai dengan penilaiannya. Jadi, kegiatan kelas digital siswa dan guru berjalan mudah.

4. Google Suite For Education

Untuk dapat memudahkan proses pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau bahkan dosen dan mahasiswanya. Ada salah satu aplikasi yang dapat mendukung proses tersebut, yaitu dengan menggunakan layanan dari google bernama Google Suite For Education. Ada fitur pendukungnya.

Fitur tersebut adalah Google Classroom, dengan menggunakan fiturnya baik itu siswa, mahasiswa, guru atau bahkan dosen semuanya dapat mengikuti proses pembelajaran dalam jarak jauh. Melalui layanan Google Suite For Education, penggunanya bisa terus belajar meskipun internet lamban.

5. Kipin School

Aplikasi berikutnya, yaitu Kipin School yang dapat didownload secara gratis di google play store. Aplikasinya sendiri dapat diakses di smartphone iOS dan juga Android, laptop atau bahkan PC semuanya bisa. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Kipin juga memiliki banyak fitur.

Salah satunya adalah dengan menyediakan banyak buku pelajaran sekolah secara online atau e-book. Mata pelajarannya juga tersedia mulai dari tingkatan SD sampai dengan SMA atau SMK. Keunggulannya lagi, buku tersebut merupakan hasil terbitan dari Kemendikbud sesuai kurikulum.

6. Meja Kita 

Aplikasi belajar online selanjutnya, yaitu Meja Kita. Seperti aplikasi pada umumnya, Meja Kita juga menawarkan berbagai macam jenis materi pembelajaran paling lengkap. Mulai dari tingkatan Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas. Bahkan dilengkapi forum diskusi tanya jawab.

Para siswa yang bergabung ke dalam aplikasi Meja Kita, semuanya dapat terhubung dengan murid lainnya di sebuah komunitas pelajar dari seluruh Indonesia. Dengan begitu, mereka dapat saling melakukan diskusi untuk bisa mengerjakan PR, membahas materi pelajaran, soal dan juga tugas.

7. SekolahMu

Selanjutnya, ada aplikasi belajar online bernama SekolahMu. Aplikasi berbasis teknologi ini dikhususkan bagi peserta didik dalam berbagai usia serta jenjang pendidikan. Salah satu keunggulan yang terdapat pada aplikasi satu ini adalah dengan adanya program belajar tanpa batas.

Aplikasi ini menerapkan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan live streaming, semua mata pelajaran siswa ada lengkap. Materinya disediakan dan juga telah disusun, bahkan melibatkan instansi pendidikan juga. Memfasilitasi sekolah serta guru yang mengajar sesuai dengan kurikulum.

8. Cisco Webex

Aplikasi belajar online selanjutnya, yaitu Cisco Webex yang termasuk ke dalam aplikasi video conference. Tujuannya untuk diskusi jarak jauh yang sudah hadir dari tahun 90-an. Awalnya, aplikasi ini banyak dikenal sebagai aplikasi dalam bidang bisnis. Namun, sekarang banyak digunakan pelajar sampai dengan pekerja profesional.

Aplikasi Cisco Webex bisa Anda gunakan secara gratis, bahkan mampu menampung sekitar kurang lebih 100 peserta rapat tanpa adanya batasan waktu tertentu. Aplikasi ini juga memudahkan para tenaga pendidik dalam melakukan presentasi dengan menggunakan papan tulis digital.

Itulah beberapa daftar nama dari aplikasi belajar online terbaik. Anda bisa memilih salah satunya saja sesuai dengan kebutuhan. Jadikan para peserta didik menjadi nyaman dalam melakukan proses pembelajaran, supaya hasilnya maksimal.

SHARE