Traveling Tetap Bisa Seru di Bulan Puasa - Male Indonesia
Traveling Tetap Bisa Seru di Bulan Puasa
MALE ID | Relax

Bulan puasa tak harus menghalangi Anda untuk traveling atau melakukan perjalanan ke berbagai daerah maupun ke luar negeri. Traveling bareng teman atau keluarga maupun sendirian, tetap bisa seru.

Photo by Mike Swigunski on Unsplash

Traveling di bulan puasa bisa menjadi cara untuk ngabuburit. Tapi bagimana caranya agar bisa tetap seru? Mengutip dari berbagai sumber berikut ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan.

Rencana Perjalanan
Yang pertama, buatlah rencana perjalanan dengan sangat matang. Hal ini akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah yang bisa saja muncul saat traveling.

Pilihan Destinasi
Sebisa mungkin pilih destinasi yang tepat dan sesuai dengan momen bulan puasa. Sangat penting untuk memilih destinasi terbaik tanpa mengganggu puasa yang sedang dijalankan. Pilih destinasi traveling yang tidak terlalu berat. 

Memastikan Waktu
Tidak semua destinasi wisata memiliki waktu sahur dan buka puasa yang sama. Kemajuan teknologi saat ini sangat membantu untuk mendapatkan informasi tersebut. Anda bisa mengunduh aplikasi untuk mengingatkan waktu sahur dan buka puasa.

Hindari Aktivitas Liburan Outdoor yang Ekstrim
Pilih wisata yang tak banyak menguras banyak energi. Wisata sejarah, wisata budaya, atau wisata religi bisa jadi alternatif pilihan. Rata-rata ketiganya bisa dijelajahi dengan santai dan ada yang tersedia di area indoor. Wisata alam juga bisa, tapi sekali lagi, jangan yang ekstrim. Pilih yang bisa santai-santai menikmati alam saja.

Sahur Bernutrisi
Saat merencanakan traveling di bulan puasa, sahur menjadi aktivitas wajib yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, tubuh memerlukan energi yang lebih banyak agar mampu melakukan traveling sesuai rencana. 

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama berwisata, perlu menyantap menu sahur yang padat akan nutrisi. Pastikan pula untuk memenuhi asupan karbohidrat, protein, dan serat. Agar lebih maksimal, hindari minum kopi ataupun teh saat sahur karena akan memicu intensitas buang air kecil yang akan membuat lebih mudah haus.

Minimalisasi Barang Bawaan
Melakukan perjalanan menuju lokasi wisata saat berpuasa tentu bisa menguras banyak tenaga. Jika tak ingin tenaga semakin terkuras, cobalah untuk meminimalisasi barang bawaan. Saat berkemas, bawalah barang seperlunya seperti dompet, kamera, paspor, dan pakaian yang dibutuhkan. Dengan begitu, ransel atau koper akan terasa lebih ringan.

SHARE