Mengenal Keintiman Estetika dalam Suatu Hubungan - Male Indonesia
Mengenal Keintiman Estetika dalam Suatu Hubungan
MALE ID | Relationships

Dalam hal keintiman, kata itu sendiri membangkitkan perasaan kedekatan dan kerentanan, paling sering dalam kaitannya dengan emosi atau seks. Meskipun itu adalah dua jenis keintiman yang paling kuat, tpi bukan satu-satunya jenis. Menurut seksolog klinis dan psikoterapis Kristie Overstreet, Ph.D., LPCC, LMHC, CST, keintiman estetika adalah bentuk keintiman penting lainnya dalam hubungan.

Photo by Katrina Berban on Unsplash

Terlepas dari kedengarannya, keintiman estetika bukanlah tentang menemukan pasangan yang membuat Anda sangat tertarik (atau sebaliknya). "Itu adalah saat Anda berbagi sesuatu yang indah bersama sebagai pasangan," kata Overstreet pada Mbg. "Misalnya, menyaksikan matahari terbenam, mendaki gunung, atau pergi ke pameran seni adalah cara mudah untuk membangun keintiman estetika." 

Pengalaman ini tidak hanya membantu memupuk waktu yang berkualitas, keintiman estetika ini juga menuntun pada kenangan yang dicintai dan dibagikan. "Jenis keintiman ini penting karena bersifat pengalaman," kata Overstreet. 

Karena keintiman estetika terjadi pada saat-saat tertentu bersama, hal itu memungkinkan pasangan menjadi lebih intens dalam waktu yang mereka habiskan bersama. Ini juga membantu pasangan menciptakan ingatan visual yang kuat, yang dapat mereka kenang kembali di masa depan. 

Ini tidak berarti Anda dan pasangan harus menyetujui apa yang menurut Anda indah. Jika Anda menghargai alam bebas dan pasangan Anda tidak, itu tidak akan secara otomatis membuat Anda tidak cocok. "Katakanlah pasangan Anda memutuskan untuk pergi mendaki dengan Anda hanya untuk mendukung hasrat Anda dan menghabiskan waktu berkualitas bersama Anda. Anda masih tumbuh dalam keintiman estetika," jelas Overstreet. 

Menumbuhkan Keintiman Estetika dalam Hubungan
Keintiman estetika adalah tentang ikatan melalui pengalaman indah, seperti seni, alam, musik, atau teater. Jika bentuk keintiman ini tampaknya kurang dalam hubungan Anda, hal itu dapat dengan mudah dikembangkan.

Pertama, buat daftar jenis aktivitas yang Anda dan pasangan sukai untuk kualitas estetika mereka. Kemudian, alih-alih kencan makan malam Anda yang biasa, jadwalkan di saat-saat indah. Pikirkan, menyaksikan matahari terbit (atau matahari terbenam, jika Anda bukan orang yang suka bangun pagi ) dan mengalami keindahan saat itu, ditambah waktu berkualitas yang Anda habiskan bersama. 

Tentu saja, meski keintiman estetika bisa menjadi penting dalam hubungan, itu bukanlah segalanya dan akhir dari semua romansa. Jika Anda merasa kesulitan untuk terhubung dengan pasangan Anda secara estetis tetapi merasa dekat dengan mereka dengan cara lain, itu tidak masalah.

"Tidak setiap pasangan membutuhkan keintiman seperti ini," kata Overstreet. "Ada 12 jenis keintiman, dan pasangan tidak diharuskan memiliki semua jenis agar bahagia dan sehat (dalam suatu hubungan)."

SHARE