Cara Menjaga Otak Anda Tetap Sehat - Male Indonesia
Cara Menjaga Otak Anda Tetap Sehat
MALE ID | Sex & Health

Peneliti dari University of Edinburgh menemukan bahwa berbagai faktor termasuk merokok, tekanan darah tinggi, diabetes, semua kondisi yang memengaruhi pembuluh darah atau faktor risiko vaskular, juga dapat melukai otak Anda.

Photo by Karsten Winegeart on Unsplash

Seiring waktu, faktor-faktor itu dapat menyebabkan kerusakan otak dan meningkatkan risiko penyakit Alzheimer atau bentuk demensia lainnya. Studi baru yang diterbitkan 11 Maret itu mengamati pemindaian MRI otak dari 9.772 orang berusia antara 44 dan 79 tahun.

Secara khusus, dikutip dari laman Healthline, para peneliti, yang dipimpin oleh Simon Cox, PhD, rekan peneliti senior di Pusat Penuaan Kognitif dan Epidemiologi Kognitif Universitas Edinburgh, memeriksa hubungan antara tujuh faktor risiko vaskular, merokok, hipertensi, tekanan nadi, diabetes, tinggi kolesterol, indeks massa tubuh (BMI), dan rasio pinggang-pinggul, dan struktur otak yang bertanggung jawab untuk pemikiran kompleks. Area ini diketahui memburuk saat demensia berkembang.

 
 
Untuk menentukan dampak faktor risiko vaskular pada otak, para peneliti membandingkan pemindaian otak dari orang-orang dengan ukuran kepala, usia, dan jenis kelamin yang serupa. Mereka menemukan bahwa merokok, tekanan darah tinggi, dan diabetes adalah tiga faktor risiko vaskular dengan koneksi paling konsisten ke atrofi otak dan hilangnya materi otak abu-abu dan putih. 

Memang, semua faktor risiko kecuali kolesterol tinggi dikaitkan dengan beberapa derajat penurunan kesehatan otak. Lalu bagaimana cara menjaga otak tetap sehat?

Membentuk Otot
Latihan aerobik ditambah dengan latihan kekuatan setidaknya dua kali seminggu telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung, menurut Merrill. “Kami sekarang tahu bahwa aktivitas ini kemungkinan besar juga meningkatkan kesehatan otak,” kata Lainey Younkin, MS, RD, LDN, ahli diet dan pendiri Lainey Younkin Nutrition.

Makanan Sehat
“Selain makan makanan yang meningkatkan kemampuan otak seperti blueberry, kacang-kacangan, dan ikan berlemak, kurangi makanan beku, santaplah, daging deli, dan keju, yang merupakan beberapa sumber natrium tertinggi dalam makanan Amerika yang dapat meningkatkan tekanan darah,” kata Younkin.

Dia menambahkan bahwa ada pedoman yang jelas tentang bagaimana mendekati setiap makanan. “Usahakan untuk membuat setengah piring Anda sayuran non-tepung dan seperempat dari piring Anda biji-bijian,” katanya. "Peningkatan serat dan penurunan karbohidrat 'kosong' akan membantu Anda menjaga berat badan yang sehat dan menjaga gula darah Anda tetap stabil."

Tidur Nyenyak
Tidur yang buruk atau tidak memadai, sama dengan memburuknya kesehatan dan faktor risiko vaskular, termasuk tekanan darah tinggi dan penambahan berat badan. Otak Anda membutuhkan jam-jam "off" untuk membantu membersihkan neuron dan sinapsis dan membuat ingatan. Ketika Anda tidak mendapatkan kualitas tidur, kesehatan otak dan kesehatan fisik Anda sangat terpengaruh.

SHARE