Begini Agar Kerja Tetap Produktif Saat Berpuasa - Male Indonesia
Begini Agar Kerja Tetap Produktif Saat Berpuasa
MALE ID | Works

Saat menjalankan puasa bukan berarti produktivitas Anda menurun. Pasalnya, bagi sebagian orang sering merasa ngantuk di jam-jam kerja. Hal itu terjadi karena siklus tubuh berubah selama berpuasa. Aktivitas malam Anda bertambah sehingga tidur lebih larut dan di pagi hari Anda harus bangun lebih dini untuk sahur.

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Nah, mengutip dari berbagai sumber agar Anda tetap bisa produktif dalam bekerja, Anda bisa menjalankan beberapa tips berikut.

Atur Jam Tidur
Ada dua jadwal tidur yang perlu Anda atur. Pertama adalah saat malam, jika Anda punya kebiasaan tidur larut malam, lebih baik hindari di bulan puasa ini. Cobalah tidur lebih awal karena akan bangun lebih awal dari bulan-bulan lainnya.  

Kedua adalah saat setelah sahur. Ada baiknya kalau Anda tidak melanjutkan tidur, karena bisa-bisa Anda malah merasa tidak segar ketika terbangun. Lebih baik Anda mengisi waktu dengan berolahraga atau refreshing. Jika waktu kerja Anda di pagi hari, seperti jam 7-9, berangkatlah segera.

Pergunakan Istirahat Makan Siang
Berhubung Anda berpuasa dan tidak kenal yang namanya makan siang, manfaatkan waktu makan siang untuk benar-benar beristirahat. Membalas waktu tidur yang terpotong karena sahur bisa dilakukan saat jam istirahat makan siang ini. Apalagi godaan kantuk biasanya menyerang siang hari.

Selingi Aktivitas Kerja dengan yang Lain
Kegiatan seperti olahraga, dapat membuat Anda merasa segar dan relaks. Atau cobalah berjalan-jalan di lingkungan kantor, dan sesekali ngobrol dengan rekan sekantor. Jika kantor Anda memiliki fasilitas seperti bermain billiard, menonton tv, bermain video game, manfaatkanlah untuk refereshing. Bisa juga Anda mengisinya dengan tidur siang, selama 20-30 menit. Dengan begitu Anda akan merasa segar dan siap bekerja kembali.

Hindari Kafein
Kafein di hari biasa mungkin dapat memberi Anda kesegaran, terutama saat mengantuk. Namun di bulan puasa, hindari mengonsumsi kafein di saat buka puasa dan sahur, karena dapat melukai lambung Anda dan membuat Anda sakit, jadi pastikan bekerja selama bulan puasa tidak mengkonsumsi kafein pada saat sahur.

Jangan Ambil Lembur
Jika biasanya Anda menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan menambah jam kerja alias lembur, di bulan puasa sebaiknya Anda pulang lebih cepat. Sehingga Anda punya lebih banyak waktu tidur.

Lalu, bagaimana dengan pekerjaan yang tertunda dan biasanya dikerjakan pada saat lembur? Tetap bawa pulang. Mengerjakannya, setelah sahur saja. Jika Anda sudah istirahat dan tidur cukup malam harinya, bekerja di pagi hari terasa lebih menyegarkan. Selain itu, tak perlu takut bangun kesiangan untuk kembali berangkat kerja.

SHARE