Menciptakan Cinta Abadi, Menurut Orang Yunani Kuno - Male Indonesia
Menciptakan Cinta Abadi, Menurut Orang Yunani Kuno
MALE ID | Relationships

Semua orang ingin menemukan jenis cinta yang bertahan lama. Faktanya, orang Yunani Kuno mengidentifikasi delapan jenis cinta yang berbeda. Dan, mereka sama pentingnya saat ini seperti 3.000 tahun yang lalu.

Photo by Sorin Sîrbu on Unsplash

Agar hubungan Anda benar-benar berkembang, Anda perlu memahami dan mempraktikkan kedelapan jenis cinta pada waktu yang berbeda dan untuk alasan yang berbeda.

Ingatlah bahwa pentingnya jenis cinta ini tidak dalam urutan tertentu. Tidak ada satu jenis cinta yang lebih penting dari yang lain. Anda membutuhkan semua itu jika Anda ingin sukses dalam jangka panjang.

Mengutip laman Your Tango, berikut adalah 8 jenis cinta untuk menciptakan hubungan yang langgeng, seperti yang diidentifikasi oleh orang Yunani Kuno.

1. Eros: Cinta Seksual
Eros adalah bentuk cinta yang paling jelas. Artinya menunjukkan cinta melalui kasih sayang, sentuhan, dan seks. Orang Yunani menganggap Eros berbahaya karena itu berarti "kehilangan kendali melalui dorongan utama." Eros bergairah dan intens dan membangkitkan perasaan romantis dan seksual.

Dan karena tidak dapat diprediksi, Eros juga salah satu jenis cinta yang paling sulit untuk dipertahankan. Gairah bisa hilang seiring waktu. Faktanya, saat Anda meningkatkan keakraban, kepercayaan, dan kasih sayang yang mendalam untuk pasangan Anda, perasaan kupu-kupu lama cenderung terbang menjauh.

Budidaya eros adalah pekerjaan penting jika Anda menginginkan gairah yang panas dan membara dalam hidup Anda. Untuk menangkap kembali Eros yang hilang, kejutkan pasangan Anda dengan kencan romantis. Bekerja lebih keras dan berusaha untuk mengejutkan kekasih Anda di kamar tidur (dengan persetujuan mereka), dan Anda akan melihat betapa kuatnya Eros.

2. Storge: Cinta Keluarga
Sebenarnya, jika Anda ingin menciptakan hubungan yang langgeng, Anda perlu melihat pasangan Anda sebagai bagian dari keluarga Anda. Storge adalah tentang kesetiaan, kesamaan, dan kepercayaan. Storge tidak bisa terburu-buru. Ini adalah jenis cinta yang paling lambat untuk dibangun, tetapi setelah itu dibuat, cinta itu tidak dapat dengan mudah dipatahkan.

Hidup dengan pasangan sangat berarti dalam membangun Storge. Begitu pula menghabiskan liburan bersama, berbagi momen koneksi, dan, percaya atau tidak, bertengkar. Konflik adalah bagian besar dari pengalaman keluarga. Jika Anda bisa berdebat dengan pasangan Anda dan tetap pergi tidur mengetahui bahwa Anda sekokoh biasanya, Anda telah secara efektif membangun Storge ke dalam hubungan Anda.

3. Philia: Persahabatan
Di dunia modern, persahabatan dan cinta romantis terkait erat. Tetapi bagi orang Yunani Kuno, Philia (atau persahabatan) sebenarnya dihargai di atas Eros (cinta erotis). Orang Yunani kuno melihat Philia sebagai cinta di antara yang sederajat.

Kesetaraan adalah kata kunci di sini. Anda dapat membangun Philia ke dalam hubungan Anda dengan meratakan lapangan permainan. Carilah beberapa aspek hubungan Anda yang memiliki banyak ketidaksetaraan.

Misalnya, apakah Anda membiarkan pasangan Anda mengambil semua kelonggaran saat berhubungan dengan pekerjaan rumah? Mungkin Anda selalu menghabiskan waktu di tempat mereka dan tidak pernah di tempat Anda.

Apa pun bidang hubungan Anda yang Anda pilih, hilangkan perbedaan itu dalam hubungan Anda, dan Anda akan mulai membuat Philia secara real-time.

4. Agape: Cinta Tanpa Pamrih atau Universal
Agape tidak berarti mencintai setiap orang setiap detik sepanjang hari, apa pun yang terjadi. Agape lebih tentang mencintai pasangan Anda tanpa pamrih. Hal yang membedakan Agape adalah cinta yang diberikan tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

Jika Anda memberi syarat pada cinta Anda, atau jika Anda menghitung skor, maka Anda tidak mempraktikkan Agape. Ingatlah bahwa Agape hanyalah satu dari delapan jenis cinta, jadi jangan berlebihan. 

Anda tidak selalu perlu memprioritaskan pasangan Anda daripada diri Anda sendiri sehingga merugikan Anda sendiri. Melakukannya secara konsisten hanya akan mengarah pada hubungan yang tidak setara dan menimbulkan banyak kebencian.

5. Mania: Cinta Obsesif
Obsesi dapat merusak hubungan apa pun. Itu dapat menyebabkan kecemburuan, posesif, dan pencekikan. Jadi, mengapa Anda harus mempraktikkan Mania dalam hubungan Anda sendiri? Ingat, setiap jenis cinta menambah nilai tetapi hanya dalam jumlah sedang.

Misalnya, jika Anda cemburu saat melihat pasangan Anda berbicara dengan orang yang menarik, sebenarnya ini hal yang baik. Dalam hal ini, Mania yang Anda rasakan akan mencegah Anda dari menerima begitu saja pasangan Anda. Ini akan mengingatkan Anda tentang perasaan kuat yang Anda miliki untuk orang lain ini dan seberapa jauh Anda akan melindungi mereka dan hubungan Anda.

Rasakan emosi ini, catat, dan jangan bertindak berdasarkan itu. Selama Anda tetap memeriksanya, Mania akan menyatukan Anda berdua. Tetapi, jika itu membuat Anda kewalahan dan menyebabkan Anda bertingkah, Anda akan melihat secara langsung bahwa Mania benar-benar bisa menjadi cinta yang mengakhiri semua cinta.

6. Pragma: Cinta Abadi
Cinta yang bertahan adalah inti dari sebuah hubungan. Pragma adalah cahaya lembut yang menghangatkan hubungan Anda seperti matahari yang menghangatkan bumi. Tapi ini adalah matahari yang tidak pernah terbenam sepenuhnya.

Membangun Pragma berarti menunjukkan cinta dan kasih sayang pada pasangan Anda, apa pun yang terjadi. Apakah Anda hanya akan mencintai pasangan Anda jika mereka berpenampilan tertentu, berperilaku dengan cara tertentu, atau melakukan hal-hal yang Anda minta dari mereka? Jika demikian, Anda perlu mengubah sikap Anda.

7. Diri: Mencintai Diri Sendiri
Banyak orang melihat cinta diri sebagai sesuatu yang benar-benar terpisah dari kehidupan romantis Anda. Itu tidak bisa jauh dari kebenaran. Seperti yang dikatakan RuPaul, "Jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri, bagaimana kamu bisa mencintai orang lain?"

Sebenarnya kurangnya Philautia yang menciptakan masalah dalam banyak hubungan. Misalnya, jika Anda tidak mencintai diri sendiri , sering kali itu karena Anda tidak menganggap Anda menarik, orang baik, atau tidak pantas dicintai.

Jadi, apa yang dikatakan tentang pasangan Anda bahwa mereka mencintai Anda? Itu bisa berarti bahwa mereka memiliki selera yang buruk, putus asa, atau berbohong dan tidak benar-benar mencintai Anda sama sekali.

Meskipun ini mungkin terdengar kasar, ini semua terjadi di tingkat bawah sadar. Meskipun Anda tidak menyadarinya, ini benar-benar dapat memengaruhi hubungan Anda secara besar-besaran.

Membangun Philautia adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri. Ini semua tentang peningkatan diri. Jadi, tetapkan tujuan untuk diri Anda sendiri dan buat rencana untuk mencapainya.

8. Ludus: Cinta yang Menyenangkan
Setiap kali Anda menggoda orang yang Anda cintai, Anda terlibat dalam Ludus. Ludus adalah cinta para kekasih muda dan mewakili sentakan kegembiraan dan kesenangan yang Anda rasakan saat bersama. Jangan takut untuk menjadi konyol dan bercanda dengan pasangan Anda.

Jika Anda dapat menemukan kembali sisi menyenangkan dari cinta Anda, itu akan membuka dinamika baru yang tidak pernah Anda ketahui bisa Anda miliki. Bercanda, bermain, dan menggoda sebenarnya dapat membantu Anda membuka pintu yang sebelumnya tidak Anda ketahui telah tertutup.

Hanya saja, jangan mencampurkan ejekan dengan intimidasi, bersikap kejam atau meremehkan perasaan. Peran Ludus adalah untuk menjaga agar hal-hal tetap ringan dan menyenangkan. Itu tidak memiliki tempat dalam diskusi yang serius.

SHARE