Ternyata Ini Fungsi Refresh di Komputer yang Benar - Male Indonesia
Ternyata Ini Fungsi Refresh di Komputer yang Benar
MALE ID | Digital Life

Refresh merupakan sebuah fitur yang disediakan Windows sejak kali pertama diciptakan. Pengguna komputer atau laptop pasti familiar dengan penggunaan refresh yang dipercaya dapat mempercepat kinerja perangkat. 

Photo by Clint Patterson on Unsplash

Fitur refresh ini bisa ditemukan dengan mengklik kanan di desktop atau menggunakan F5 di keyboard. Jika komputer/laptop kita terasa lambat, atau malah berhenti di beberapa program yang sedang kita jalankan, biasanya ada dua opsi yang semua orang lakukan. 

Pertama, menghidupkan ulang/me-restart komputer. Tidak banyak yang melakukan opsi ini karena dinilai tidak praktis, dan komputer butuh waktu beberapa lama untuk hidup kembali. 

Sebagian besar pengguna komputer, terutama yang beroperasi dengan sistem Windows, memilih opsi kedua, yakni mengeksekusi perintah "Refresh" pada layar desktop komputer.

Diakui atau tidak, mayoritas pengguna yang melakukan refresh tidak tahu atau miskonsepsi terhadap apa yang mereka kerjakan. Yang mereka dengar, refresh membuat performa atau kinerja sistem beralih ke kondisi semula. Karenanya, tak jarang pengguna yang melakukan refresh berkali-kali demi memenuhi tujuan tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan bahwa hal tersebut adalah mitos. Tombol refresh pada desktop memiliki fungsi yang sama sekali berbeda.

"Fungsi tombol tersebut sebenarnya untuk memperbarui tampilan dari desktop atau jendela eksplorer untuk memperbarui ke perubahan terbaru," jelas Kominfo melalui akun Instagram resminya.

Jadi misalnya, pengguna sudah mengganti nama folder tetapi nama tidak berubah. Dalam kasus tersebut tombol refresh akan memperbaikinya. 

Contoh lainnya, saat Anda meng-copy-paste suatu berkas di folder namun folder tidak menampilkan berkas yang Anda minta. Oleh karenanya, di sinilah opsi refresh diperlukan demi melangsungkan perubahan yang terjadi.

Tetapi pasti pengguna merasakan bahwa komputer atau laptop tampak lebih cepat setelah melakukan refresh. Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan untuk refresh komputer atau laptop yang memperbaiki kelambatan tersebut, bukan tombol refresh itu sendiri.

Perlu diketahui, apabila Anda sering melakukan hal tersebut (refresh), ini malah akan meningkatkan beban penggunaan CPU yang pada akhirnya malah membahayakan dan memperpendek umur dari CPU komputer/laptop Anda.

SHARE