Tugas Penting Memulai Pencarian Kerja di 2021 - Male Indonesia
Tugas Penting Memulai Pencarian Kerja di 2021
MALE ID | Works

Mencari kerja bukanlah hal mudah. Apalagi sejak pandemi Covid-19 yang tak cuma berdampak pada lulusan baru, banyak pula karyawan yang terpaksa diberhentikan dan menjadi penganggur. Ini tentu meningkatkan persaingan di dunia kerja yang semakin hari kian ketat dan sengit. 

Photo by Scott Graham on Unsplash

Berkaca dari hal itu, bijak rasanya memerhatikan hal-hal penting ketika mencari pekerjaan di tengah situasi pasar kerja seperti saat ini, khususnya di 2021. Mengutip laman The Muse, berikut ini tugas penting yang perlu Anda terapkan ketika ingin melamar kerja di 2021.

1. Evaluasi Tujuan Karir Anda
Sebelum Anda dapat melamar pekerjaan, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang jenis posisi yang Anda inginkan. "Ini mungkin tampak seperti saran yang jelas, tetapi ini adalah poin yang dilewatkan banyak orang," kata Debra Boggs , seorang penulis resume eksekutif dan pelatih pencarian kerja. “Biasanya orang ingin langsung membuka resume.”

Sebaliknya, pertama-tama luangkan waktu untuk memikirkan seperti apa peran yang ideal itu, termasuk jenis dan ukuran perusahaan tempat Anda ingin bekerja, budaya perusahaan, dan gaji ideal Anda. Juga tanyakan pada diri Anda apakah Anda lebih suka bekerja dari jarak jauh dan jika ada tunjangan karyawan tertentu yang Anda tidak dapat hidup tanpanya. Atau mungkin Anda siap untuk  perubahan karier sama sekali.

Setelah Anda memiliki ide di kepala Anda, Anda dapat mulai memperbarui resume Anda (proses yang berbeda untuk pengubah karir ), profil online, dan  situs web, dengan fokus pada memasukkan pengalaman kerja terbaru Anda dan apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya.

2. Bangun Website atau Portofolio Resume
Jika Anda belum memiliki situs web pribadi, pencarian pekerjaan baru adalah alasan yang tepat untuk membuatnya. Beberapa bidang mendapat manfaat lebih dari yang lain dari memiliki portofolio untuk menampilkan contoh pekerjaan Anda. “Ini bagus untuk profesional pemasaran, orang-orang dalam desain grafis, dan bahkan perencana acara, di mana representasi visual dari pekerjaan Anda sangat membantu,” kata Boggs.

Jika Anda bekerja di industri di mana tidak perlu memamerkan sampel pekerjaan dalam portofolio, situs web resume adalah aset berharga untuk dimiliki saat mencari pekerjaan baru. Ini tidak hanya memberi pemberi kerja potensial pandangan yang lebih rinci tentang pengalaman dan keahlian Anda, tetapi juga dapat membantu Anda menonjol dari kandidat serupa.

3. Perbarui Profil LinkedIn Anda
Berbicara tentang LinkedIn, mengoptimalkan profil LinkedIn Anda sangat penting untuk pencarian pekerjaan Anda. Tidak hanya penting untuk resume, situs web pribadi, dan LinkedIn Anda untuk mencocokkan (inkonsistensi besar apa pun dapat menimbulkan tanda bahaya dengan manajer perekrutan), tetapi profil yang kuat dapat membantu perekrut menemukan Anda ketika mereka mencari kandidat.

Sebagai permulaan, ringkasan dan pengalaman kerja Anda harus mutakhir, dan foto Anda harus terbaru dan profesional. Poles juga judul dan ringkasan Anda. Setelah profil Anda dalam kondisi prima, Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk terhubung dengan orang-orang di industri Anda, bergabung dengan grup industri, dan terhubung dengan orang-orang di jaringan Anda.

4. Sesuaikan Resume Anda untuk Sistem Pelacakan Pelamar
Jika Anda melamar pekerjaan secara online, resume Anda mungkin dipindai untuk kata kunci sebelum sampai ke tangan orang sungguhan, jadi sangat penting untuk menuliskannya dengan cara yang melewati sistem.

Pastikan Anda mengirimkan resume dalam format yang diminta, apakah itu PDF atau dokumen Microsoft Word. Dan jangan lupa untuk melihat terminologi yang digunakan dalam posting pekerjaan, dan gunakan kata-kata yang persis sama di resume Anda, jadi jika pekerjaan tersebut membutuhkan pengalaman Salesforce (dan Anda mendapatkannya), Pastikan resume Anda menyertakan kata "Salesforce" dan bukan hanya "CRM".

5. Jangan Abaikan Surat Pengantar
Surat lamaran masih diperlukan, dan mayoritas perekrut membacanya. Terutama jika Anda membuat perubahan karier atau perlu menjelaskan kesenjangan dalam pekerjaan atau PHK terkait pandemi, "surat lamaran bisa menjadi sangat penting," kata Julia Rock, pemilik  Pengembangan Karir Rock. “Anda benar-benar harus membedakan diri Anda sendiri.”

Saat menulis surat, Anda pasti ingin mengikuti beberapa langkah kunci yang paling penting adalah menyesuaikan masing-masing dengan pekerjaan spesifik yang Anda lamar. 

6. Tingkatkan Keterampilan Wawancara Video Anda
Dengan berakhirnya pandemi yang belum terlihat, wawancara video kemungkinan besar akan bertahan untuk sementara waktu, jadi jika Anda merasa tidak nyaman di depan kamera, sekaranglah waktunya untuk mulai mengasah keterampilan itu. Langkah pertama adalah mempersiapkan dengan tepat bagaimana Anda akan melakukan wawancara langsung, termasuk meneliti perusahaan, membaca pertanyaan wawancara umum, dan menuliskan pertanyaan untuk diajukan kepada perekrut.

Kemudian kerjakan visual Anda. “Pastikan Anda memiliki latar belakang yang bersih, serta pengaturan webcam atau kamera yang terlihat profesional,” kata Jason Patel, pendiri  Transizion , perusahaan persiapan perguruan tinggi dan karier. "Saya juga akan melakukan beberapa wawancara tiruan di mana Anda benar-benar melihat ke kamera video untuk memastikan Anda membangun kontak mata itu."

SHARE