Kasus Amnesia Paling Aneh dalam Sejarah - Male Indonesia
Kasus Amnesia Paling Aneh dalam Sejarah
MALE ID | Story

Amnesia paling aneh telah terjadi sepanjang sejarah manusia. Keanehan amnesia atau hilang ingatan ini terjadi pada beberapa orang di belahan dunia. Meski lupa adalah hal wajar yang bisa disebabkan karena usia, kecelakaan, atau akibat benturan hebat, namun ini begitu aneh.

Male IndonesiaPhoto by ShotPot from Pexels/ilustrasi

Amnesia yang diderita oleh beberapa orang ini tidak wajar jika dipikir dengan logika. Apalagi kasus amensia paling aneh ini tidak hanya terjadi pada tahun-tahun 2000-an. Bahkan ada yang mengalaminya pada abad 19.

Henry Molaison

Amnesia paling aneh yang pertama terjadi pada salah satu pasien yang paling terkenal dalam sejarah ilmu saraf adalah Henry Molaison (HM), menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam jurnal Neuron, dia menderita gangguan memori setelah menjalani bedah saraf eksperimental untuk mengendalikan serangan epilepsi.

Kala itu, pada tahun 1953, ketika "Pasien HM" berusia 27 tahun, dia menjalani operasi yang menyebabkan gangguan pada memorinya. Di mana, dia melupakan kejadian sehari-hari begitu cepat. Hampir secepat orang-orang yang benar-benar lupa akan sebuah kejadian yang dialaminya. Kondisi ini berlangsung sampai kematiannya pada tahun 2008.

Ansel Bourne

Jika Anda penikmat film, karakter Jason Bourne yang diperankan Matt Damon menjadi salah satu tokoh yang memiliki keterampilan membunuh namun mengalami gangguan memori (amnesia). Di mana, dia tidak sadar akan tempat yang dia singahi saat terbangun dari tidurnya dan namanya sendiri.

Hal ini pun terjadi pada seorang pria abad ke-19 bernama Ansel Bourne. Menurut Historical Society of Pennsylvania, pada bulan Maret 1887, Bourne, seorang pengkhotbah evangelis dari Rhode Island, terbangun di Pennsylvania. Anehnya, dia tidak ingat bagaimana dia bisa sampai di sana.

Bahkan, Bourne juga tidak ingat semua peristiwa beberapa bulan terakhir yang terjadi pada dirinya. Setelah melakukan penelitian apa yang terjadi terhadap Bourne. Ternyata dia mengalami jenis amnesia psikogenik.

Clive Wearing

Pada tahun 1985, terjadi kasus herpes ensefalitis, sebuah virus yang menyerang otak dan sistem saraf musisi dan musikolog Clive Wearning. Dia tiba-tiba tidak dapat mengingat apapun sebelum tahun 1985. Namun dia mampu membentuk kenangan baru. Sayangnya itu juga hanya dalam rentang beberapa detik saja.

Kasus aneh ini kemudian didokumentasikan pada sebuah film berjudul "Prisoner of Consciousness" (1986). Film itu menceritakan tokoh sebagai Wearning yang berjuang dengan kondisinya. Istrinya yang sadar dengan kondisi suaminya itu, terus menuliskan apa yang dikerjakan suaminya setiap hari dalam sebuah catatan.

Catatan itu dipublikasikan dengan judul "Forever Today: A Memoir of Love and Amnesia" (Doubleday, 2005). Uniknya, Wearning masih mampu untuk bernyanyi dan memainkan alat musik dengan baik.

Naomi Jacobs

Pada usia 32 tahun, ibu tunggal dari seorang anak berusia 10 tahun ini mengalami amnesia saat dirinya terbangun di pagi hari pada tahun 2008 lalu. Saat terbangun dirinya merasa masih berusia 15 tahun. Dia merasa kaget saaat melihat teknologi canggih disekitarnya dan saat berkaca di mana dirinya terlihat lebih tua dari usia yang diingatnya.

Menurut pemeriksaan, Naomi terkena amnesia disosiatif, sebuah bentuk hilang ingatan akibat stres. Hal terakhir yang diingatnya adalah dia sedang tidur di tempat tidur saat masih remaja dan bermimpi tentang pria yang ditaksirnya.

John Smith

Amnesia paling aneh ini terjadi pada remaja pria berusia 20 tahun. Dia ditemukan pihak kepolisian Norwegia dalam kondisi menahan kedinginan di atas gundukan salju. Namun, saat diinterogasi dia tidak mengingat apapun. Uniknya, rema ini bisa menguasai 5 bahasa asing, yakni Inggris, Republik Ceko, Slovakia, Polandia, dan Rusia. Nama John Smith adalah nama sementara dyang disematkan oleh pihak kepolisian setempat karena data dirinya belum juga berhasil ditemukan. **

SHARE