Cara Mengatasi Lendir Berlebih dalam Tubuh - Male Indonesia
Cara Mengatasi Lendir Berlebih dalam Tubuh
MALE ID | Sex & Health

Setiap orang memiliki lendir. Menurut penelitian, itu sangat penting bagi tubuh karena bertindak sebagai penghalang partikel dan mengandung enzim serta protein yang membantu membuang kotoran udara yang membuat Anda sakit.

male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Tubuh kita menghasilkan lendir sepanjang waktu. Tetapi jika terlalu banyak lendir, ini mengindikasikan adanya masalah. Tanda khusus lendir berlebihan, yaitu ketika kita menderita pilek, hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan, batuk, dan sakit kepala sinus.

Jika tubuh mulai merasa tidak nyaman, kemungkinan besar karena lendir telah berubah konsistensinya. Lendir bisa menjadi lebih tebal dan lengket serta dapat berdampak massal pada Anda. Penyebabnya bisa karena alergi, iritasi pada hidung, tenggorokan, atau karena merokok dan kondisi pencernaan.

Biasanya, penderita alergi sering mengalami masalah demikian. Alergi memicu tubuh memeras histamin, yang menyebabkan rasa gatal dan bersin. Hidung akan mengeluarkan cairan dari selaput lendir.

Atau mungkin ada alasan serius lainnya. Ingat, lendir juga bagian dari fungsi kekebalan paru-paru, karena itu harus diperhatikan kemungkinan adanya hipersekresi dan batuk kronis yang merupakan tanda-tanda bronkitis kronis.

Cara mengurangi lendir berlebihan, dilansir dari Bright Side, bisa Anda lakukan sendiri melalui makanan yang Anda makan, serta melalui kebiasaan dan perubahan gaya hidup Anda secara keseluruhan. Berikut ini beberapa solusinya, dan juga bisa membantu Anda tetap sehat secara umum.

Banyak Minum

Semakin banyak minum, membantu lendir tetap encer. Ini baik bagi penderita alergi. Intinya adalah tetap terhidrasi. Minumlah lebih banyak air, tetapi jangan jus atau limun. Ini akan membantu mengurangi lendir dan membersihkan tubuh secara umum.

Kelembapan Udara

Udara kering bisa mengiritasi hidung dan membuatnya berair. Pernahkah Anda perhatikan orang dengan alergi akan lebih sering bersin jika udara tidak cukup lembab? Jadi, Anda bisa menggunakan minyak esensial sebagai pelembab udara di ruangan yang sering Anda diami, juga agar mendapatkan aroma yang harum atau hasil yang lebih baik.

 
 
Berkumur Air Garam

Ini akan membantu tenggorokan Anda dan mengurangi iritasi. Cukup masukkan 1 sendok teh (sdt) garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur beberapa kali sehari.

Tiup hidung

Keluarkan lendir dengan cara meniup melalui hidung dan jangan menelan lendir. Lakukan dengan lembut agar tidak merusak lapisan lendir. Cara ini juga dapat menjaga kebersihan mulut dan sebagai hasilnya bisa mencegah masalah gigi.

Minyak Kayu Putih

Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih di dada atau minum air dengan beberapa tetes minyak esensial, atau mandi air hangat dengan kayu putih. Obat ini memiliki khasiat antibakteri, membantu mengatasi flu dan masalah pernapasan, serta bertindak sebagai perawatan gigi, dan juga berfungsi sebagai pengusir serangga.

Menu Harian

Untuk mengurangi lendir, Anda bisa memasukkan dalam menu harian Anda seperti salmon, tuna, flounder, dan sarden. Selain itu mengonsumsi labu, nanas, apel, lemon, mentimun, jahe, bawang merah, bawang putih, camomile dan teh tanpa kafein juga baik untuk mengatasi lendir berlebihan.

Madu, Soda Kue, dan Lemon

Ini pengobatan rumahan yang baik bagi penderita flu dan membantu membuang lendir berlebih dari paru-paru. Campurkan 1 sdt madu, 1/2 sdt soda kue, dan 2-3 tetes jus lemon, ke dalam segelas air hangat.

Pastikan soda kue larut di dalamnya. Kemudian minumlah. Lakukan secara teratur untuk membersihkan paru-paru dan membantu menghentikan batuk.

SHARE