Ini Dia Jadwal Lengkap Balapan MotoGP 2021 - Male Indonesia
Ini Dia Jadwal Lengkap Balapan MotoGP 2021
MALE ID | Sport & Hobby

Balapan MotoGP 2021 akhirnya siap kembali menyapa penggemarnya. Dorna selaku penyelenggara balap motor paling bergengsi di dunia ini telah merilis jadwal MotoGP 2021, di mana bakal berlangsung sebanyak 21 seri. 

Photo: Artem Lepesin/Wikipedia

Masih dalam suasana pandemi Covid-19, jadwal ini bersifat sementara, artinya bisa saja terjadi perubahan dalam perjalanannya nanti. Ajang balapan MotoGP 2021 perdana digelar di Sirkuit Losail Qatar pada Minggu 28 Maret 2021.

Berbeda dengan tahun lalu, balapan yang diadakan di Sirkuit Losail Qatar pada malam hari tersebut akan diadakan untuk kelas Moto3, Moto2, dan juga MotoGP. Selain itu perbedaan lainnya adalah, Sirkuit Losail Qatar akan menggelar balapan sebanyak 2 kali.

Balapan MotoGP seri kedua digelar di Sirkuit yang sama pada Minggu, 4 April 2021. Dari Asia, balapan MotoGP akan terbang ke Eropa untuk seri ketiga dimana Sirkuit Algarve akan menggelar balapan.

Tidak seperti tahun lalu, balapan dua kali di sirkuit yang sama karena Covid-19 kali ini hanya terjadi pada awal musim saja. Dari seri ketiga sampai ke 12, semua balapan akan dilangsungkan di Benua Eropa.

Lantas bagaimana kabar dari GP Indonesia yang akan digelar di Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat? Dalam jadwal yang dibuat oleh Dorna untuk ajang MotoGP 2021, Indonesia memang sudah masuk ke dalam jadwal penyelenggaraan balap motor bergengsi tersebut.

Tetapi untuk bisa menggelar balapan, pemerintah masih harus menunggu proses Homologasi dari FIM dan Dorna yang akan dilakukan pada bulan Juni jika sesuai dengan rencana mereka. Saat ini status Indonesia GP sendiri masih merupakan reserve grand prix venues di mana jika pemerintah sudah siap, balapan di Sirkuit Mandalika bisa diselenggarakan.

Sedangkan untuk tahun ini, ada dua sirkuit yang akan ditunda penyelenggaraan balapannya yaitu Circuit of The America (COTA), dan juga Termas de Rio Hondo Argentina. Secara total akan tersaji 19 balapan MotoGP pada tahun 2021. Semua balapan tersebut akan berubah menjadi 20 seri jika Indonesia GP terjadi pada tahun ini.

Penasaran dengan jadwal lengkapnya, Berikut ini jadwal resmi beserta jam tayang motogp yg dirilis Dorna MotoGP.

Jadwal MotoGP Maret-April-Mei 2021
28 Maret - GP Qatar, Sirkuit Losail
4 April - GP Doha, Sirkuit Losail
18 April - GP Portugal, Sirkuit Portimao
2 Mei - GP Spanyol, Sirkuit Jerez
16 Mei - GP Prancis, Sirkuit Le Mans
30 Mei - GP Italia, Sirkuit Mugello

Jadwal MotoGP Juni-Juli 2021
6 Juni - GP Catalunya, Sirkuit Catalunya
20 Juni - GP Jerman, Sirkuit Sachsenring
27 Juni - GP Belanda, Sirkuit Assen
11 Juli - GP Finlandia, Sirkuit KymiRing

Jadwal MotoGP Agustus-September 2021
15 Agustus - GP Austria, Sirkuit Red Bull Ring
29 Agustus - GP Inggris, Sirkuit Silverstone
12 September - GP Aragon, Sirkuit Aragon
19 September - GP San Marino, Sirkuit Misano

Jadwal MotoGP Oktober-November 2021
3 Oktober - GP Jepang, Sirkuit Motegi
10 Oktober - GP Thailand, Sirkuit Chang
24 Oktober - GP Australia, Phillip Island
31 Oktober - GP Malaysia, Sirkuit Sepang
14 November - GP Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo

Jadwal Tertunda
11 April (belum ada waktu pengganti) - GP Argentina, Sirkuit Termas de Rio Hondo
18 April (belum ada waktu pengganti) - GP Americas, Sirkuit Americas

Buat penggemar MotoGP , jangan sampai kelewatan. Untuk bisa langsung menyaksikan setiap balapannya. Anda bisa langsung menyaksikannya di sini.

SHARE