Platform Streaming Bisa Tentukan Dunia Musik - Male Indonesia
Platform Streaming Bisa Tentukan Dunia Musik
MALE ID | News

Setiap zaman memiliki perubahannya sendiri, salah satunya di bidang musik. Musik memiliki perubahannya ketika aplikasi streaming terus berinovasi. Keduanya memiliki timbal balik yang menarik ketika sudah dilempat ke para penikmat musik. Hal itu terlihat dari temuan studi baru-baru ini.

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Melalui keterangan tertulis yang diterima MALE Indonesia, Resso, membagikan beberapa temuan dari survei terbaru, yang dilakukan bersama Provetic, terhadap lebih dari 100 pemangku kepentingan musik di Indonesia menjelang akhir tahun 2020. Setidaknya ada tiga temuan yang menarik dari survei tersebut:

Pertama, lebih dari 60% responden mengharapkan platform streaming musik memungkinkan mereka berkolaborasi dengan musisi lain dan menghubungkan mereka dengan pendengarnya. Ketika pertunjukan musik, konser, dan gig ditunda, aplikasi streaming musik digital dapat menjembatani industri musik, musisi, dan penggemar.

Kedua, 40% musisi yang disurvei juga mengharapkan platform streaming memungkinkan mereka berinteraksi dengan penggemar dan audiens mereka. Sejak interaksi fisik dibatasi oleh protokol kesehatan, kemampuan untuk berbincang dengan penggemar dalam level yang lebih pribadi melalui fitur komentar di aplikasi menjadi suatu keharusan.

Kemudian yang ketiga, lebih dari 40% responden percaya bahwa musisi independen yang tidak berafiliasi dengan label semakin banyak. Aplikasi streaming musik memungkinkan musisi independen untuk menampilkan bakat dan musik mereka kepada audiens yang lebih luas, dan Resso berada di depan untuk mendukung mereka.

Pengamat musik Aldo Sianturi mengatakan, bahwa aplikasi streaming musik digital telah menjadi game-changer dalam cara kerja dan adaptasi industri musik saat ini. Mereka menyediakan platform bagi para pelaku industri musik tidak hanya untuk tetap produktif, tetapi juga untuk menjadi kreatif dalam mengeksplorasi cara-cara baru untuk memperkenalkan karya mereka, rilis lagu atau album baru, berinteraksi dengan penggemar, dan membina talent-talent baru yang muncul.

"Perubahan perilaku dalam satu tahun terakhir ini akan menentukan masa depan dunia musik Indonesia. Hal ini, meskipun sangat menantang, namun juga menawarkan peluang dan landasan baru untuk ide dan inovasi kreatif yang segar," kata Aldo Sianturi.

SHARE