Ini Solusinya Jika Motivasi Sedang Turun - Male Indonesia
Ini Solusinya Jika Motivasi Sedang Turun
MALE ID | Sex & Health

Berkurangnya motivasi bisa dikarenakan banyak hal, mulai dari kelelahan, kecemasan hingga emosi. Mengidentifikasi akar penyebab adalah kunci untuk mengatasi motivasi rendah.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Rendahnya motivasi bisa menjadi tanda masalah serius seperti depresi atau kecemasan. Orang yang sedang cemas, semua yang mereka lakukan akan terasa menakutkan dan sulit karena mereka akan terus memikirkan bagaimana jika salah atau tidak mampu.

Ketika motivasi sedang turun, juga bisa menghambat kita melakukan tugas-tugas berat dan tidak menyenangkan. Karena itu, langkah berikut ini diharapkan bisa membantu Anda mengatasi hambatan tersebut, dilansir dari Psychology Today.

Diagnosis Emosi

Banyak emosi lain yang berhubungan dengan motivasi rendah. Jika Anda secara akurat mendiagnosis emosi Anda, jalan ke depan akan jauh lebih jelas.

Perasaan mendasar Anda saat ini mungkin karena kewalahan, perbandingan sosial, atau kelelahan. Jika Anda kewalahan, kurangi aktivitas hari ini sampai tidak merasa kewalahan.

Jika Anda berharap bisa bekerja lebih dari 90 menit, atau menyelesaikan lebih dari 3-4 jam pekerjaan yang sangat produktif (sangat terfokus) setiap hari, lalu merasa kewalahan, maka Anda berpotensi memaksa diri Anda keluar dari harapan yang realistis.

Jika Anda menderita akibat perbandingan sosial, introspeksilah diri. Apakah mungkin Anda berharap untuk tampil sebaik orang yang telah berpengalaman dari Anda?

Jika Anda merasa lelah, pastikan masalahnya bukan karena terlalu banyakberistirahat. Saat orang merasa sedih, terkadang mereka banyak istirahat, dan kemudian merasa kurang energik karenanya.

Memanaskan Semangat

Untuk memotivasi diri, terkadang kita perlu pemanasan. Lakukanlah beberapa menit pekerjaan atau tugas santai yang cepat tapi memuaskan. Misalnya mengelap kendaraan atau menyapu daun kering di halaman rumah.

Lakukan tugas tersebut selama 5-10 menit, ini cukup baik untuk memanaskan semangat Anda.Tetapi jangan lakukan lebih dari 30 menit ketika Anda memiliki hal yang lebih penting untuk dikerjakan. Hal itu juga dapat mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan yang lebih substansial yang perlu Anda selesaikan.

Selain itu, jika kita terlalu sibuk melakukan pekerjaan santai akan berisiko tubuh menjadi lelah untuk memulai pekerjaan yang lebih penting.

Rencanakan Kesukaan Anda

Lakukan pekerjaan yang paling prioritas selama 90 menit, lalu istirahat. Bagaimana Anda ingin menghabiskan waktu istirahat Anda? Apakah Anda ingin berjalan-jalan atau berbaring di bawah sinar matahari? Apakah Anda ingin mencari alat pancing untuk mengisi liburan dalam waktu dekat? Atau Anda ingin menikmati secangkir kopi sambil mendengar musik kesukaan selama beberapa menit?

Rencanakan kesenangan Anda itu sejak awal, saat Anda memiliki energi kognitif untuk melakukannya. Jika Anda memilih di awal, Anda cenderung membuat pilihan yang lebih bermanfaat.

Tetapi jika Anda menunggu untuk memilih apa yang akan Anda lakukan untuk mengisi istirahat Anda sampai Anda merasa kelelahan selama pekerjaan yang terfokus, maka Anda mungkin tidak membuat pilihan yang memuaskan.

Perhatikan Makanan

Zat yang penting bagi tubuh mungkin memiliki efek berarti pada perasaan dan kondisi mental Anda. Misalnya, vitamin D rendah, zat besi rendah, masalah tiroid, atau B12 rendah.

Jadi, pahami jenis makanan yang bisa membangkitkan motivasi dan konsentrasi Anda. Seperti memakan makanan berprotein tinggi, lalu rasakan apakah bisa memberi Anda sedikit dorongan.

Jika protein dapat meningkatkan energi Anda, misalnya sebesar 10 persen, maka ini perlu dipertimbangkan untuk rajin mengonsumsinya.(*)

SHARE