Khabib Nurmagomedov Setelah Pensiun dari Dunia UFC - Male Indonesia
Khabib Nurmagomedov Setelah Pensiun dari Dunia UFC
MALE ID | Sport & Hobby

Khabib Nurmagomedov kini memulai hidup baru sebagai pelatih setelah pensiun dengan bergabung bersama mantan juara Luke Rockhold. Khabib yang pensiun dari UFC dengan rekor 29-0 itu turut membantu melatih sepupunya Umar Nurmagomedov dan rekan senegaranya Islam Makhachev.

Photo: Jdx/Wikipedia

Menurut Rockhold, rekan satu tim Khabib di American Kickboxing Academy, mantan juara Kelas Ringan tak terkalahkan itu ingin menjadi bagian dari kembalinya ke oktagon. Rockhold, mantan Raja Strikeforce dan UFC Kelas Menengah itu, membagikan foto dirinya dan Khabib Nurmagomedov pasca pelatihan ke Instagram. "Sudah terlalu lama Champ, maksud saya pelatih @khabib_nurmagomedov."

Rockhold mengungkapkan dalam sebuah wawancara baru-baru ini bahwa The Eagle, yang akan mendampingi sepupunya Abubakar akhir pekan ini di UFC 260 ingin membantu melatihnya sebelum kembali ke octagon.

"Saya merasa itu akan datang, terutama dengan Khabib menjangkau saya dan ingin melatih saya. Dia mengambil peran sebagai pelatih sekarang. Dia seperti, 'Kamu tidak bisa menjadi master, kamu tidak bisa menjadi bos," katanya kepada TMZ.

"Dan dia seperti, 'Saya ingin melatih Anda, saya ingin berada di sini.' Dia pergi pada saya ingin melatih sekarang.Dia ingin menjadi bagian besar dari kembalinya saya. Sangat lucu melihat Khabib mengambil peran ini," tambahnya.

Keinginan Khabib melatih sepertinya mengikuti jejak almarhum ayahnya, Abdulmanap, yang meninggal Juli lalu. "Dia akan meraih 'Pelatih Tahun Ini'. Itu yang dia inginkan. Dia ingin menjadi orang hebat berikutnya, mengikuti jejak ayahnya," ujarnya.

"Itulah yang selalu dilakukan ayahnya. Ayahnya selalu berwawasan, dan selalu memperhatikan olahraga ini, dan menurutku Khabib siap untuk mengambil peran itu dalam peran sebagai ayah."

Rockhold menganggap rekan setimnya di AKA memiliki semua bakat untuk menjadi pelatih yang baik. "Tentu saja dia bisa menjadi pelatih yang baik. Kadang-kadang kamu harus mengesampingkan diri sendiri. Kalaupun kamu tahu banyak, lebih baik dibimbing," tuturnya.

"Lebih seperti pelatihan tanpa pikiran. Jika Anda mempercayakan pelatih Anda, seseorang akan mengarahkan Anda dan menempatkan Anda di jalan yang benar. Karena tidak peduli seberapa banyak kami tahu, terkadang Anda harus mundur dan membiarkan orang lain mengarahkan situasinya," ia menambahkan.

"Dia tahu cara menekan kecepatan. Soal Khabib, dia selalu menekan. Pada hari pertama dia muncul, saya seperti, 'Saya suka anak ini.' Dia muncul sendiri dan dia hanya bekerja keras."

"Aku seperti, 'Ikut aku, ayo lakukan ini.' Dan dia selalu menekan saya sampai batas saya. Itulah yang sebenarnya diperlukan Anda membutuhkan seseorang untuk mendukung Anda, menekan Anda; dan dia tahu semua teknik untuk melakukannya di dalamnya."

Rockhold tahu Khabib Nurmagomedov ditakdirkan untuk menjadi hebat sejak dia tiba di AKA pada 2012. "Saya melihat potensi nyata dengan Khabib dan itulah mengapa saya membawanya. Saya tidak pernah meragukannya dan dia terus mengesankan sebagai pribadi. Dia orang yang hebat, bukan hanya seorang petarung."

Rockhold ingin akhirnya kembali ke oktagon di akhir musim panas dan mengincar pertarungan kelas menengah menyusul debut kelas berat ringan yang gagal melawan Jan Blachowicz pada Juli 2019.

SHARE