Mengenal Rekan Kerja Saat Jadi Pekerja Jarak Jauh - Male Indonesia
Mengenal Rekan Kerja Saat Jadi Pekerja Jarak Jauh
MALE ID | Works

Pandemi global telah memaksa banyak karyawan untuk bekerja dari jarak jauh. Menurut survei Upwork baru-baru ini, 23 juta orang mungkin berencana untuk pindah dari kota besar ke daerah berpenduduk sedikit berkat ketersediaan peluang kerja jarak jauh yang baru tersebar luas.

Photo by William Fortunato from Pexels

Karena semakin banyak orang bergerak dan lebih banyak perusahaan beralih ke pekerjaan jarak jauh, tantangan baru di tempat kerja yang terkait dengan budaya dan membangun hubungan pun muncul. Survei FinanceBuzz baru-baru ini menemukan bahwa 46 persen pekerja jarak jauh AS merasa terisolasi dan 49 persen merasa lebih sulit untuk membangun hubungan dengan rekan kerja saat bekerja dari jarak jauh.

Mungkin tampak sulit untuk mengembangkan hubungan pribadi dengan rekan kerja yang belum pernah Anda temui secara langsung, tetapi ini dapat dilakukan jika perusahaan Anda memiliki alat dan strategi yang tepat. Mengutip laman Recruiter, berikut ini cara mengenak rekan kerja ketika Anda menjadi pekerja jarak jauh.

 
 
Jadwalkan Pertemuan
Mungkin dan tidak mungkin untuk bertemu dengan semua orang di perusahaan Anda, tetapi melakukan pertemuan tatap muka singkat dengan kolega baru dapat sangat membantu dalam membangun komunitas tim. Anda bisa belajar lebih banyak tentang perusahaan dari rekan kerja yang berpengalaman, sementara Anda berdua saling mengenal lebih jauh.

Titik kontak awal ini dapat memudahkan rekan kerja untuk saling menjangkau ke depannya, baik untuk pertanyaan terkait pekerjaan atau lelucon non-pekerjaan. Secara keseluruhan, ini adalah cara terbaik untuk memecahkan kebekuan dan menumbuhkan keakraban, bahkan saat Anda tidak berada di ruangan yang sama.

Gunakan Alat yang Tepat
Sumber daya dan alat yang tepat dapat memberikan kesempatan bagi rekan kerja jarak jauh untuk saling mengenal dan membangun hubungan sambil bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Alat kerja jarak jauh seperti Slack dan Zoom memudahkan untuk berbicara dengan rekan kerja secara real time melalui pesan pribadi atau panggilan video. 

Berkomunikasi dengan Sengaja
Sangat mudah untuk menahan diri dari percakapan perusahaan saat Anda bekerja dari jarak jauh. Tidak ada karyawan lain yang melewati ruang kerja Anda atau mengobrol di ruang istirahat. Inilah mengapa penting untuk secara sengaja memulai komunikasi melalui saluran yang tersedia.

Buatlah tujuan untuk berbicara dengan rekan kerja Anda secara teratur, meskipun Anda tidak 100 persen nyaman melakukannya. Penasaran dengan sesama karyawan Anda. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka suka lakukan di luar pekerjaan dan tanyakan tentang hobi dan pekerjaan sampingan mereka. Menjadi proaktif dengan komunikasi dapat menciptakan ikatan persahabatan dan lingkungan kerja yang lebih nyaman bagi semua orang.

Berpartisipasi dalam Kegiatan Membangun Tim
Jika perusahaan Anda menyelenggarakan aktivitas pembangunan tim, pastikan untuk berpartisipasi. Pengalaman virtual, kontes kostum, pertukaran hadiah, dan aktivitas lainnya adalah cara sempurna untuk mengenal rekan kerja Anda di lingkungan berisiko rendah.

Jadikan hubungan manusia sebagai prioritas di tempat kerja, dan Anda dapat membantu menumbuhkan budaya perusahaan di mana semua orang merasa diterima. Ditambah lagi, Anda akan lebih menikmati hari kerja jika menyukai orang yang bekerja dengan Anda.

SHARE