Euro 2020, Persembahan Terakhir Low untuk Jerman - Male Indonesia
Euro 2020, Persembahan Terakhir Low untuk Jerman
MALE ID | Sport & Hobby

Joachim Low memastikan bakal hengkang dari kursi kepelatihan timnas Jerman setelah Euro 2020, Juli 2021 mendatang. Loew telah memimpin Der Panzer selama 15 tahun sejak menggantikan Jurgen Klinsmann pada 2006 silam.

Photo: Steindy/Wikipedia

Di tangan Loew, Der Panzer berkembang menjadi tim yang ditakuti di dunia. Puncaknya adalah ia berhasil membawa Timnas Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil. Pengumuman mengenai pengunduran diri Loew ini diumumkan beberapa saat yang lalu di akun media sosial Timnas Jerman. Mereka mengonfirmasi bahwa Low tidak akan melatih Timnas Jerman lagi setelah Euro 2020 mendatang.

Low mengaku mengambil keputusan ini dengan kesadaran penuh dan ia pun merasa bangga bisa mengabdi bagi negara. "Saya mengambil langkah ini dengan sangat sadar, penuh kebanggaan, dan rasa terima kasih yang sangat besar," kata Loew dikutip dari Mirror.

"Bangga karena itu adalah sesuatu yang sangat istimewa dan kehormatan bagi saya untuk terlibat di negara saya. Tetapi pada saat yang sama menjadi sangat termotivasi untuk menghadapi turnamen Piala Eropa mendatang," tambahnya.

Low juga merasa bangga karena bisa bekerja dengan pemain-pemain terbaik di Jerman dan mengukir momen indah bersama. "Saya bangga karena dapat bekerja dengan pesepak bola terbaik di negara ini selama hampir 17 tahun," ucap Loew.

Lebih lanjut, Loew mengaku masih memiliki ambisi yang besar dan akan melakukan yang terbaik di Piala Eropa. "Saya masih merasakan keinginan tanpa syarat serta energi dan ambisi yang besar untuk Piala Eropa mendatang. Saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat fans kami senang dan sukses di turnamen ini," tandasnya.

Loew mengawali karier kepelatihannya di timnas Jerman sebagai asisten pada 2004. Ia lalu dipilih menjadi pelatih kepala mulai 2006 hingga pertengahan tahun ini. Selama mengarsiteki Jerman, ia berhasil mempersembahkan satu gelar Piala Dunia 2014, Piala Konfederasi 2017, dan sempat membawa Jerman runner-up di Euro 2008. 

Di Piala Dunia 2010 , Low memperkenalkan pemain muda baru dan menurunkan tim termuda kedua di turnamen tersebut, yang termuda sejak 1934. Jerman memuncaki Grup D dan bertemu Inggris di babak pertama babak sistem gugur, mengalahkan mereka 4-1 sebelum mengalahkan Argentina 4-0 di perempat final.

Jerman kemudian kalah di semifinal dari Spanyol 1-0. Pada 10 Juli 2010, mereka memenangkan tempat ketiga play-off melawan Uruguay dengan skor 3-2 untuk mengumpulkan medali perunggu dan tempat ketiga di Piala Dunia 2010.

SHARE