Kondisi Kesehatan Dilihat dari Warna Sperma - Male Indonesia
Kondisi Kesehatan Dilihat dari Warna Sperma
MALE ID | Sex & Health

Putih susu atau sedikit kekuningan menjadi warna sperma normal pria yang sehat. Konsistensinya sedikit kental sesaat setelah ejakulasi, tetapi akan mencair setelah 20 sampai 30 menit kemudian.

warna sperma pixabay.com[/caption]

Perubahan warna dan kekentalan air mani bisa saja terjadi, biasanya hanya bersifat sementara dan tidak berpengaruh pada kesehatan. Tentu Anda patut mewaspadai jika warna sperma sudah mengalami perubahan dan berlangsung lebih dari satu minggu lamanya.

Karena hal itu bisa mengindikasikan bahwa tubuh Anda sedang mengalami gangguan kesehatan. Pasalnya, sperma atau air mani dikatakan tidak normal bila warnanya berubah menjadi kuning pekat, hijau, merah atau cokelat tua.

Jika kondisi ini terjadi selama beberapa hari, segeralah konsultasikan ke dokter. Berikut mengetahui arti dari perubahan warna sperma dalam menunjukan kondisi kesehatan Anda.

Sperma Berwarna Kuning

Meskipun terkadang sperma berwarna kekuningan, namun warnanya tidak benar-benar kuning. Jika kuning yang Anda lihat begitu kuning. Bisa jadi menandakan banyak sel sperma yang mati. Ini jarang terjadi.

Secara umum, jika warna sperma yang abnormal, akan disertai dengan gejala lain seperti bau menyengat dari sperma atau gatal dan sensasi terbakar. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh sakit kuning atau penyakit menular seksual lainnya yang patut untuk diwaspadai.

Sperma Berwarna hijau

Jika cairan sperma yang dikeluarkan pria memiliki warna kehijauan, seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri yang sudah mencapai bagian prostat. Bisa jadi disebabkan karena penyakit menular seksual seperti kencing nanah.

Pengobatan yang diberikan tidak boleh asl-asalan seperti antiobiotik yang dibeli di apotik. Segera Anda konsultasikan ke dokter kulit dan kelamin.

Sperma Berwarna Coklat atau Kemerahan

Apabila Anda melihat warna sperma menjadi merah atau kecokelatan saat ejakulasi, kemungkinan besar disebabkan adanya pembuluh darah pecah di prostat. menandakan bahwa sperma memiliki darah.

Di mana, darah ikut keluar bersama sperna karena infeksi, selain mewaspadai adanya penyakit menular seksual atau pernah terjatuh, dalam beberapa kasus, hal ini juga bisa disebabkan oleh masalah tekanan darah tinggi atau bahkan adanya tanda-tanda kanker.

Nah, jika Anda menemukan sperma yang dikeluarkan memiliki warna yang mencurigakan, ada baiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter. **

SHARE