Penyebab Air Seni Berbau Aneh dan Menyengat - Male Indonesia
Penyebab Air Seni Berbau Aneh dan Menyengat
MALE ID | Sex & Health

Hanya Anda sendirilah yang tahu bau air seni (kencing) Anda setiap kali buang air kecil. Namun jika suatu waktu kencing Anda berbau aneh atau menyengat tidak seperti biasanya, ini berarti ada sesuatu yang menjadi penyebabnya.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Di zaman sekarang, ahli urologi menjalankan tes darah untuk memeriksa diabetes. Tetapi di abad ke-17, ahli urologi menganalisis sampel urine untuk diabetes menggunakan tiga indra mereka yaitu penglihatan, penciuman, dan rasa. Thomas Mayo, seorang dokter di tahun 1670-an, menggambarkan rasa urine penderita diabetes sebagai “sangat manis seolah-olah seperti madu atau gula.”

Gula darah atau glukosa ekstra dalam urine itulah yang menciptakan bau manis. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan glukosa yang dibutuhkan untuk energi, tubuh Anda mulai membakar lemak untuk energi, yang menghasilkan keton. Ini berbahaya dan dapat menyebabkan ketoasidosis diabetik. Keton bisa membuat urine Anda berbau belerang.

Menelan Banyak Vitamin

Terkadang kencing Anda berbau harum saat Anda mengonsumsi multivitamin jenis tertentu. Vitamin larut dalam lemak atau air sebelum diserap oleh tubuh Anda. “Vitamin yang larut dalam air diekskresikan ke dalam urine Anda,” kata Stephanie J Kielb MD, profesor Urologi di Fakultas Kedokteran Feinberg, Universitas Northwestern, Chicago, dilansir dari Reader's Digest.

Hal ini tidak hanya membuat urine Anda berbau "pil multivitamin" yang aneh, tetapi juga dapat mengubah warna urine Anda menjadi hijau fluoresen atau kuning kehijauan. Namun bau urine yang diinduksi vitamin ini tidak berbahaya, jadi Anda dapat terus mengonsumsi suplemen vitamin harian.

Mengalami Dehidrasi

Jika kencing Anda berbau aneh atau berbeda dari biasanya, inilah waktunya untuk minum. Urine Anda bisa menjadi sangat pekat dan mengeluarkan bau menyengat mirip amonia jika Anda tidak minum 7-8 gelas air sehari seperti yang disarankan.

Tubuh Anda membutuhkan air untuk mengencerkan produk limbah dalam urine Anda. “Orang harus berusaha keras untuk memiliki urine berwarna kuning muda. Jika warnanya kuning tua atau kuning, mereka mungkin kurang minum air,” kata William Brant MD, ahli urologi di Perawatan Kesehatan Universitas Utah, Salt Lake City.

Sering Makan Sayuran

Sayuran baik untuk tubuh. Tetapi banyak memakan sayuran seperti asparagus, kubis, bawang bombay, dan lobak bisa membuat kencing berbau tidak sedap.

Itu dikarenakan produk sampingan metabolik yang disebut metil merkaptan, gas dengan bau busuk dan belerang yang muncul saat tubuh mencerna sayuran ini. Tapi tak perlu khawatir, minumlah lebih banyak air untuk menghilangkan bau urine tersebut.

Diet Keto

Keto (diet rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan banyak protein) adalah hal yang populer untuk menurunkan berat badan. Namun hal itu akan memaksa tubuh membakar lemak untuk bahan bakar dan alih-alih mengandalkan glukosa dari karbohidrat untuk energi.

“Diet keto menginduksi ketosis yang merupakan keadaan metabolisme di mana tubuh Anda menggunakan lemak untuk energi,” kata Kielb. Selama kondisi tersebut, urine dan napas sama-sama berbau.

Menahan Kencing

Jika Anda sering bepergian jauh, jangan menahan keinginan kecing. Dr Comiter menyebut kondisi ini sebagai “kandung kemih sopir truk” karena mereka cenderung tidak punya banyak waktu untuk pergi ke kamar mandi karena pekerjaan.

“Jika Anda rentan terhadap infeksi atau bakteri, maka bakteri akan tumbuh dan berkembang sampai Anda mengeluarkannya. Anda akan mengeluarkan urine sangat bau,” pungkasnya.

SHARE