5 Alasan Sehat Anda Harus Berhubungan Seks - Male Indonesia
5 Alasan Sehat Anda Harus Berhubungan Seks
MALE ID | Sex & Health

Banyak obat memang untuk bisa mendapatkan kesehaan. Tetapi daripada Anda harus pergi ke apotek untuk menebus resep kesehatan, berhubungan seks adalah cara lain agar Anda memiliki kesehatan.

Photo by W R from Pexels

Sandra L. Caron, PhD dalam laman Everydayhealth mengatakan, ada banyak penelitian yang menjelaskan manfaat kesejatan dari hubungan seks. Bahlan kebanyakan juga saat berhubungan untuk mencapai orgasme, tidak ada yang mengatakan Anda harus bersama seseorang untuk melakukannya. Lalu apa saja sebenernya kesehatan yang didapatkan dari hubungan seks? Berikut ini lima di antaranya.

Mengurangi Risiko Kanker Prostat
Sebuah studi yang diterbitkan pada Desember 2016 di jurnal European Urology menemukan bahwa pria yang berejakulasi lebih dari 21 kali per bulan, dibandingkan dengan mereka yang melakukannya empat hingga tujuh kali per bulan, 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker prostat. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan ini, tampaknya pria yang berejakulasi secara teratur dapat mengurangi risiko kanker prostat. 

 
 
Terlihat Awet Muda
Ini bukan hanya imajinasi Anda, tapi benar-benar terlihat lebih baik setelah berhubungan seks. “Seks bahkan membantu Anda terlihat lebih muda,” kata Caron. Cahaya itu dapat dikaitkan dengan kombinasi pereda stres, suasana hati yang lebih baik, dan aliran darah di bawah kulit Anda yang merupakan bagian alami dari proses gairah.

Menikmati kehidupan seks yang sehat adalah salah satu kebahagiaan terbesar dalam hidup. Mengetahui keintiman bisa menjadi keuntungan bagi kesehatan jangka panjang Anda juga membuatnya jauh lebih menyenangkan.

Kesehatan Jantung
Sama seperti aktivitas fisik lainnya, seks yang sehat baik untuk jantung Anda. Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2015 di American Journal of Cardiology menemukan bahwa pria yang berhubungan seks dua kali seminggu atau lebih memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau serangan jantung, dibandingkan mereka yang berhubungan seks sebulan sekali atau kurang.

Dan bagi mereka yang khawatir bahwa pengerahan tenaga yang terlibat dalam seks adalah ancaman bagi jantung, Pernyataan Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika tentang Aktivitas Seksual dan Penyakit Kardiovaskular mengatakan bahwa berhubungan seks aman untuk orang yang dapat berolahraga tanpa masalah jantung di kisaran 3 sampai 5 ekuivalen metabolik (MET). 

MET adalah ukuran energi (kalori) yang dikeluarkan selama suatu aktivitas. Berolahraga dengan kecepatan 3 MET hampir sama dengan berjalan dengan kecepatan sedang, sedangkan 5 MET seperti latihan aerobik berdampak rendah .

Berhubungan seks sebenarnya bisa dianggap sebagai bentuk olahraga yang cukup baik. Sebuah penelitian kecil yang  diterbitkan pada Oktober 2013 di jurnal PLoS One menunjukkan bahwa pria bisa membakar rata-rata 4 kalori per menit selama sesi seks yang rata-rata berdurasi 25 menit. Itu jauh lebih menyenangkan daripada bekerja keras di atas treadmill.

Menurunkan Tekanan Darah
Seks dapat membantu meredakan stres dengan meningkatkan endorfin dan hormon lain yang meningkatkan suasana hati. Sebagai bentuk olah raga, ini juga bisa membantu menenangkan Anda. Selain itu, sebuah penelitian di Skotlandia yang  diterbitkan dalam jurnal Biological Psychology menemukan bahwa aktivitas seksual mencegah peningkatan tekanan darah selama peristiwa stres. Meskipun efek ini lebih terasa pada orang yang melakukan hubungan seks dengan penetrasi, seks nonpenetratif dan masturbasi juga dapat membantu Anda tetap tenang.

Tidur dan Hasrat Seks Meningkat
Menurut National Sleep Foundation, orgasme melepaskan hormon prolaktin, yang dapat membantu Anda merasa mengantuk dan rileks. Jadi jangan terlalu terkejut jika Anda dan pasangan tertidur sesaat setelah sesi yang memuaskan, dan bangun dengan perasaan segar. 

Hubungan tidur ini juga bekerja secara terbalik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Mei 2015 di Journal of Sexual Medicine, cukup menutup mata dapat meningkatkan respons seksual Anda dan dapat meningkatkan kemungkinan Anda akan terlibat secara teratur dalam hubungan seks selanjutnya.

SHARE