Mengetahui Manfaat dan Risiko Kencan Casual - Male Indonesia
Mengetahui Manfaat dan Risiko Kencan Casual
MALE ID | Relationships

Kencan kasual adalah jenis hubungan antara orang-orang yang berkencan dan menghabiskan waktu bersama secara berkelanjutan tanpa harapan memasuki hubungan jangka panjang yang berkomitmen. 

Photo by Jep Gambardella from Pexels

Mengencani seseorang secara kasual biasanya berarti Anda cukup menyukainya sehingga ingin bergaul dengannya secara teratur tetapi tidak siap untuk hubungan yang serius atau hanya tidak menginginkannya, baik itu secara umum atau hanya dengan orang ini secara khusus.

"Tidak ada komitmen dan mungkin kurangnya minat dalam membangun hubungan yang serius dan bermakna," kata terapis pasangan  Racine Henry, Ph.D., LMFT, kepada MBG.

Lebih lanjut, kata Henry, orang-orang mungkin berkencan dengan santai satu sama lain secara eksklusif, artinya mereka tidak berkencan dengan orang lain, meskipun biasanya istilah "kencan kasual" menyiratkan bahwa itu tidak eksklusif.

Manfaat dan Risiko Kencan Kasual
Kencan kasual terkadang bisa mengarah pada hubungan yang serius dan bisa menjadi salah satu tahap awal sebuah hubungan. Tetapi dalam situasi lain, orang memilih untuk tetap santai karena mereka secara khusus tidak ingin keterikatan emosional lebih lanjut dengan orang lain.

"Ada banyak alasan orang berkencan dengan santai, mulai dari ingin mendapatkan lebih banyak pengalaman interpersonal dengan orang yang menarik perhatian Anda untuk menghindari keterikatan emosional yang datang dengan tingkat komitmen yang lebih dalam hingga hanya ingin bersenang-senang," kata pelatih seks dan kencan Myisha Battle, MS. 

Menurutnya ada beberapa manfaat untuk kencan kasual. Di antaranya seperti Anda bisa memiliki romansa dan sentuhan dalam hidup Anda tanpa komitmen hubungan yang serius atau jangka panjang, Anda memiliki seseorang untuk diajak bergaul di waktu senggang Anda, Anda memiliki seseorang untuk melakukan hal-hal "pasangan" dan "hubungan", tanpa komitmen, hingga Anda mungkin menyadari bahwa Anda sangat menyukai satu sama lain dan memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih serius.

Kendati seperti ada risiko yang bisa terjadi, seperti Satu orang mungkin mulai membentuk perasaan romantis atau keterikatan emosional yang nyata dengan orang lain, beberapa orang mungkin menggunakan kencan santai sebagai alasan untuk menghindari komunikasi tentang kebutuhan dan batasan, dan ada kemungkinan cemburu jika salah satu atau kedua belah pihak juga berpacaran dengan orang lain.

SHARE