Ini Posisi Duduk di Kemudi Mobil yang Baik - Male Indonesia
Ini Posisi Duduk di Kemudi Mobil yang Baik
MALE ID | Sport & Hobby

Biasanya banyak pengemudi yang mengabaikan hal-hal sepele dalam berkendara, khususnya mobil. Terkadang para pengemudi mengganti posisi duduk saat tengah menyetir mobilnya karena sudah tentu ingin mencari posisi yang nyaman. Namun kebanyakan posisi nyaman yang diinginkan cenderung tidak aman bagi si pengemudi itu sendiri.

Photo by mentatdgt from Pexels

Padahal, terdapat cara dan aturan yang baik dan aman dalam posisi duduk saat mengemudi. Bila cara dan posisi mengemudi sudah baik, maka Anda pasti akan merasa nyaman dan tentunya aman selama di perjalanan. Mengutip dari berbagai sumber berikut ini posisi duduk di kemudi mobil yang baik.

Posisi Lengan dan Kaki
Posisi dari lengan hingga tangan juga harus santai, tidak kaku maupun terlalu menjuntai ke bawah. Siku pada tangan juga harus diatur membentuk sudut 110-115 derajat karena hal itu bisa membuat tangan melakukan refleks yang sempurna. Usahakan untuk mengatur posisi kaki yang baik yaitu antara paha dengan betis membentuk sudut 110-120 derajat, posisi tersebut memungkinkan kaki bisa melakukan gerakan cepat dengan leluasa.

Bila posisi badan, tangan dan kaki Anda sudah benar maka hal seperti ini akan membuat badan Anda tidak cepat Lelah. Kesehatan dan kesegaran dalam tubuh juga sangat penting dalam mengemudi sebab tanpa didukung dengan tubuh yang sehat dan segar maka konsentrasi dalam mengemudi akan otomatis menurun, hal itu tentu berbahaya saat mengemudikan mobil.

Posisi Stir Mobil
Cara termudah untuk menjelaskannya adalah menggunakan bahasa jam. Pada saat berkendara posisi tangan sebaiknya berada pada jam 9-3 atau 10-2. Posisi 9-3 lebih baik, karena tuas-tuas kontrol berada di area ini. Namun ada beberapa hal yang tidak dianjurkan saat mengemudikan kendaraan, seperti dengan hanya satu tangan, tangan di arah dalam lingkar kemudi (bahaya airbag), dll.

Posisi Kepala
Posisi kepala saat sedang mengemudikan mobil yang benar adalah tidak bersandar di sandaran kepala jok mobil, kepala harus tetap tegak dengan ditopang oleh sandaran kepala di jok mobil. Hal ini tentunya membuat pandangan mata Anda dapat lebih fokus dan konsentrasi, pandangan akan tetap lurus ke depan tanpa ada gangguan.

Agar posisi kepala saat tegak tetap nyaman, Anda bisa menggunakan bantalan penyangga leher atau tengkuk, selain berfungsi untuk menyangga kepala dan leher agar tetap nyaman bantalan tersebut juga bisa berfungsi sebagai penyangga jika terjadi guncangan atau benturan keras.

Posisikan Tinggi Kursi
Tinggi atau tidaknya kursi juga harus diatur sesuai dengan postur tubuh. Posiskan kursi hingga pinggul sejajar dengan lutut dan angkat kursi lebih tinggi jika Anda tidak dapat melihat dengan jelas kaca depan. Sebaiknya jangan mengemudi dengan pinggul lebih rendah dari lutut Anda karena akan menyumbat peredaran darah ke kaki. 

Beda Posisi Duduk Saat Malam Hari
Selain mengatur posisi duduk, perhatikan juga waktu mengemudinya karena saat mengemudi malam hari perlakuannya sedikit berbeda. Jadi mengemudi di malam hari harus memperhatikan sudut tikungan dan harus merasakannya dengan jelas. 

Kalau di siang hari pengaturannya sudah pas, tapi di malam hari visibilitasnya berbeda sehingga harus ada penyesuaian sedikit, paling tidak menyesuaikan jok sekitar 1 atau 2 cm lebih tinggi ketika berkendara di malam hari untuk mendapatkan visibilitas yang tepat.

Atur Spion dan Gunakan Sabuk Pengaman
Posisi spion disini tidak bisa disepelekan, sebab dengan spion yang benar Anda bisa mendapatkan informasi tentang keadaan atau kondisi di samping kanan, kiri, dan belakang mobil Anda. Oleh karena itu harus mengatur posisi spion yang baik di luar maupun di dalam mobil sesuai dengan posisi duduk.

Ukuran posisi yang baik pada spion adalah disaat Anda bisa melihat bagian ujung belakang atau bagasi mobil, pada saat yang bersamaan juga bisa melihat gerakan kendaraan khususnya mobil yang berada persis di belakang. Kemudian barang-barang di bagasi jangan terlalu banyak karena akan menghalangi pandangan ke belakang.

Hal lain yang menunjang kenyamanan saat mengemudi mobil adalah posisi sabuk pengaman yang tepat, ukuran yang tepat untuk sabuk pengaman sendiri adalah jika sabuk pengaman tidak menekan bagian tubuh anda tetapi tidak terlalu longgar juga.

Atur sabuk pengaman (seatbelt mobil) agar bisa menahan beban tubuh apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti benturan atau guncangan yang hebat, jadi tubuh bisa tertahan oleh sabuk pengaman dan tidak membentur stir mobil.

SHARE