Romansa Pesepak Bola Luis Suarez dengan Liverpool - Male Indonesia
Romansa Pesepak Bola Luis Suarez dengan Liverpool
MALE ID | Sport & Hobby

Liverpool tidak pernah kekurangan penyerang yang menggembirakan sepanjang era Liga Primer. Nama-nama seperti Robbie Fowler, Michael Owen dan Fernando Torres telah merebut hati para penggemar.

Photo: Jacoplane/wikipedia

Meskipun mereka sedang dalam kondisi buruk musim ini, superstar saat ini Mohamed Salah dan Sadio Mane telah mengukir diri mereka dalam buku sejarah Anfield dengan mengantarkan gelar Liga Primer musim lalu.

Tetapi tidak satu pun dari pemain ini yang membuat detak jantung penggemar Liverpool berpacu seperti yang dilakukan Luis Suarez. Menurut Mirror, banyak pendukung akan berpendapat Suarez adalah pria paling berbakat di Liverpool, dan akan selamanya dikenang di Merseyside karena tiga setengah musimnya yang apik bersama klub.

Suarez diresmikan sebagai pemain Liverpool pada hari batas waktu transfer Januari 2011 setelah transfer klub dengan rekor £ 22,8 juta disetujui dengan Ajax. Kedatangannya dengan cepat digantikan oleh kedatangan Andy Carroll hanya beberapa jam kemudian setelah The Reds mencapai kesepakatan senilai £ 35 juta dengan Newcastle.

Kedua penyerang itu memang dengan cepat berlaga dan memulai kehebatan yang berbeda. Carroll dibuat menunggu penampilan Liverpool pertamanya karena cedera, sementara Suarez mencetak gol pada debutnya dan mememnangkan 2-0 atas Stoke City.

Jelas terlihat Suarez sangat percaya pada kemampuannya ketika dia meminta kaos No. 7 legendaris yang dipopulerkan oleh Kenny Dalglish, yang baru saja ditunjuk sebagai manajer sementara. 

Suarez menyelesaikan musim dengan sembilan keterlibatan gol dalam 13 pertandingan Liga Premier, sebelum musim 2011/12 dirusak ketika Asosiasi Sepakbola menemukan dia telah melakukan pelecehan rasial terhadap bek Manchester United Patrice Evra.

Suarez dilarang bermain selama delapan pertandingan dan menyelesaikan musim dengan 17 gol di semua kompetisi dan medali Piala Liga. Memang, musim 2012/13-lah yang mendorong Suarez ke level yang lebih tinggi, dia mencetak 23 gol di Liga Premier dan membuat 43 keterlibatan gol dalam 44 pertandingan.

Dia terlibat dalam banyak kontroversi dan diberi larangan bermain 10 pertandingan setelah menggigit bek Chelsea Branislav Ivanovic saat bermain imbang 2-2 di Chelsea. Tetapi skandal lain tidak banyak membantu meredam gelombang spekulasi transfer yang berkembang dan Suarez mengklaim dia ingin meninggalkan Liverpool, yang memicu pembungkaman publik oleh manajer saat itu adalah Brendan Rodgers.

Ingin memanfaatkan kekacauan tersebut, Arsenal mengajukan penawaran sebesar 40.000.001 poundsterling, dengan klausul kontraknya, itu berarti Suarez perlu diberitahu jika ada klub yang menawar lebih dari 40 juta poundsterling untuknya. 

Percakapan dengan kapten Steven Gerrard terbukti penting untuk meyakinkan Suarez untuk bertahan. Saat ia akan pergi ke Arsenal, Steven mengatakan kepadanya untuk tetap bertahan.

"Steven berkata: 'Saya berjanji jika Anda bertahan tahun ini Anda akan pergi untuk lepas landas dan tahun depan Anda akan pergi ke Bayern, Barcelona, Real Madrid atau mana pun yang Anda inginkan tetapi bertahanlah tahun ini karena Anda tidak akan lebih baik di Arsenal.'," kenang Suarez.

"Ini adalah percakapan terakhir saya dengan Gerrard pada saat itu dan saya memberi tahu agen saya bahwa saya telah membuat keputusan dan saya akan bertahan," ungkapnya.

Klaim Gerrard bahwa Suarez akan lebih baik di Liverpool daripada Arsenal dibenarkan dengan tegas di musim 2013/14. Kampanye Suarez yang menakjubkan tetap menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah Liga Primer Inggris.

Dia menyumbangkan 31 gol dan 17 assist dalam 33 pertandingan, memenangkan Sepatu Emas Eropa sebagai penembak jitu paling produktif di benua itu. Dia tidak bisa dimainkan dalam banyak pertandingan, tetapi satu pertandingan yang menonjol adalah kemenangan 5-1 Liverpool atas Norwich pada Desember 2013.

Suarez mencetak empat gol termasuk lob dari jarak 40 yard, tendangan bebas setengah voli dan tendangan bebas yang sempurna, dan - untuk ukuran yang baik - membantu gol kelima. Sayangnya, Liverpool goyah dalam upaya meraih gelar liga pertama sejak 1990 dan finis dua poin di belakang Manchester City.

Gerrard sekali lagi terbukti benar ketika Barcelona datang memanggil pada musim panas 2014, menyetujui kesepakatan 75 juta poundsterling untuk membawa Suarez, yang baru saja dinyatakan bersalah menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia - ke Camp Nou.

Setelah menjalani hukuman empat bulan karena pelanggaran gigitan ketiga - yang pertama datang bersama Ajax pada 2010 - Suarez melakukan debut kompetitifnya untuk Barca melawan Real Madrid, mengambil asis dalam kekalahan El Clasico 3-1.

Musim pertamanya bersama tim Catalan adalah pertanda, Suarez mencatatkan 48 gol dalam 45 pertandingan saat Barcelona memenangkan treble bersejarah La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions.

Setelah enam musim bersama klub, penghitungannya mencapai 195 gol dalam 283 pertandingan dan kemampuan kreatifnya yang luar biasa juga membuatnya mencapai angka tiga kali lipat untuk assist.

Di tengah waktunya bersama Barcelona, ??Suarez membantu klub menyerbu Liverpool dengan mengirim pesan ke Philippe Coutinho untuk meyakinkan playmaker tersebut untuk menyelesaikan transfer 142 juta poundsterling pada Januari 2018.

Pertandingan terakhirnya untuk klub adalah pukulan 8-2 oleh Bayern Muenchen di perempat final Liga Champions Agustus lalu, meskipun dengan tepat mencetak gol dalam pertandingan tersebut. 

SHARE