Tips Membuat Pembayaran Digital Lebih Efektif - Male Indonesia
Tips Membuat Pembayaran Digital Lebih Efektif
MALE ID | Works

Teknologi pembayaran digital telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dan akan terus berkembang seiring pandemi mengubah cara orang berbisnis. Sebuah survei Rapyd baru-baru ini mengungkapkan bahwa 60% konsumen akan menggunakan pembayaran digital dan non-tunai karena masalah kesehatan yang berkembang.

Photo by Norma Mortenson from Pexels

Di luar perkembangan yang pesat, konsumen sering kali ragu untuk membelanjakan uang secara online, terutama jika satu-satunya keuntungan yang mereka dapatkan adalah produk yang dibeli. Maka dari itu, terkadang agar lebih efektif penggunaannya, kerap ada program loyalitas yang ditawarkan.

Misalnya, seputar solusi pembayaran digital Anda memotivasi pelanggan untuk menggunakan pembayaran elektronik saat membeli produk dengan mempertimbangkan imbalan lainnya di luar produk yang dibelinya. Seperti diskon atau free ongkir, dan lain sebaginya. Program ini Ini juga meningkatkan retensi pelanggan dan membantu membangun atau memperluas basis pelanggan Anda.

Di luar itu semua, ternyata masih ada cara lain yang bisa bikin pembayaran digital yang Anda gunakan bisa lebih efektif. Mengutip laman Digipay, berikut ini tips perlu Anda terapkan.

Persingkat Proses Pembayaran
Laporan Forbes menunjukkan bahwa sekitar 68% calon pelanggan yang melihat-lihat produk Anda secara online tidak pernah menyelesaikan pembelian mereka. Alasan penting yang berkontribusi terhadap penurunan ini adalah perjalanan pembayaran toko online, yang biasanya dibombardir dengan langkah-langkah yang panjang dan tidak perlu. 

Terkadang, bisnis membuat kesalahan dengan mewajibkan langkah-langkah seperti survei, pendaftaran buletin email, dan pendaftaran pelanggan dalam perjalanan pembayaran.

Hal ini sering kali menimbulkan kecurigaan di antara pelanggan Anda, berpotensi merusak kepercayaan mereka pada bisnis Anda dan mengarahkan mereka ke arah pesaing Anda. Salah satu cara untuk menghindari kehilangan peluang konversi adalah mempersingkat perjalanan pembayaran pelanggan.

Dengan perjalanan pembayaran yang lebih singkat, bisnis dapat memiliki waktu yang cukup untuk menghasilkan dan menarik prospek. Ini pada akhirnya berarti peningkatan pendapatan dan berbagai peluang untuk memperluas operasi mereka.

Gunakan Software Pembayaran Seluler
Menggunakan solusi perangkat lunak pembayaran seluler yang kuat sangat penting dalam membuat pembayaran digital lebih mudah dan nyaman bagi pelanggan. Platform pembayaran seluler dengan aman menyimpan detail kartu kredit dan debit pelanggan sehingga mereka dapat membayar produk Anda menggunakan ponsel cerdas mereka.

Itu juga penuh dengan lapisan keamanan dinamis yang mencegah pencurian dan penipuan. Sistem pembayaran digital sering kali memberikan kode atau token unik kepada pengguna sebelum pembayaran untuk memastikan pembayaran mereka tidak disadap oleh pihak jahat. Dengan cara ini, Anda dapat menciptakan pengalaman yang lebih cepat, lebih ramah pengguna, dan lebih aman bagi pelanggan. Seperti Kasku salah satunya.

Tingkatkan Interoperabilitas Pembayaran
Membuat pembayaran digital dapat dioperasikan membantu bisnis meningkatkan layanan pelanggan. Saat dunia menjadi lebih terhubung melalui internet, pelanggan mengharapkan penjual untuk melayani berbagai mode pembayaran.

Tanpa interoperabilitas (kemampuan berbagai jenis komputer, aplikasi, sistem operasi, dan jaringan untuk bertukar informasi dengan cara yang bermanfaat dan bermakna), pembayaran elektronik hanya mungkin dilakukan ketika konsumen dan bisnis menggunakan penyedia serupa. Ini meminimalkan jumlah poin penerimaan untuk bisnis, menghasilkan penurunan pendapatan dan kehilangan peluang konversi.

Seringkali, beberapa bisnis mungkin mengutip pekerjaan dan biaya tambahan sebagai faktor pendorong untuk membangun poin penerimaan baru. Sambil memastikan sistem pembayaran digital yang dapat dioperasikan itu mahal dan memakan waktu, itu membuka bisnis ke skala yang lebih besar dari klien potensial yang tidak akan tersedia jika tidak.

Ini juga memberikan lebih banyak kemudahan bagi pelanggan yang melakukan pembayaran lintas batas. Solusi pembayaran seluler dengan fitur interoperabilitas yang luar biasa memungkinkan pelanggan melakukan pembelian dengan mata uang domestik mereka. Ini mempercepat proses pembayaran dan menghilangkan kesalahan konversi mata uang, sehingga meningkatkan loyalitas merek secara keseluruhan.

SHARE