Cara Tetap Happy Walau Anda Lelah di Tempat Kerja - Male Indonesia
Cara Tetap Happy Walau Anda Lelah di Tempat Kerja
MALE ID | Works

Pada skala 1-10, silakan Anda beri penilaian sendiri seberapa happy perasaan Anda saat bekerja. Ini bukan tentang kepuasan kerja, tetapi berapa banyak emosi menyenangkan Anda rasakan setiap bekerja.

Male IndonesiaPhoto: Pexels.com

Memang tidak realistis juga jika kita sepanjang hari merasa bahagia di tempat kerja. Namun bukankah lebih baik tetap merasa senang daripada merasa tidak bahagia karena marah, ketakutan, kelelahan, atau stres saat bekerja.

Hubungan antar manusia adalah faktor kebahagiaan utama saat bekerja. Jadi, bagaimana untuk memerangi kelelahan kerja dan stres di tempat kerja, agar diri Anda tetap nyaman dan bahagia? Dibutuhkan usaha dan refleksi yang konsisten, inilah beberapa solusinya, dilansir dari mind body green.

Bantu Pecahkan Masalah

Annie McKee PhD dari Harvard, dalam bukunya “How to Be Happy at Work: The Power Of Purpose, Hope And Friendship” menyatakan, buka mata Anda untuk kesempatan bergabung dengan kelompok yang mencoba memecahkan masalah.

Di setiap organisasi ada tantangan dan frustrasi yang dihadapi orang. Anda dapat mencari ide yang akan membantu atasan Anda, kolega Anda, tim lain, atau pelanggan Anda. Saat Anda membuat proses, produk, atau sistem baru yang bermanfaat, Anda akan merasa bangga dan bersyukur serta menumbuhkan hubungan Anda.

Gunakan Kekuatan Anda

Perhatikan diri sendiri dan kebiasaan kerja Anda, sehingga Anda dapat mengidentifikasi hal-hal yang membedakan Anda dan membuat Anda bahagia. Inilah kekuatan Anda.

Setelah Anda tahu kekuatan Anda, lakukan brainstorming dengan atasan, kolega, dan teman Anda tentang bagaimana Anda benar-benar dapat menggunakannya secara teratur. 

Ini bisa berarti mengambil tanggung jawab baru atau bergabung dengan komite yang benar-benar selaras dengan diri Anda. Menggunakan kekuatan Anda di tempat kerja akan membuat Anda lebih bahagia, lebih terlibat, dan lebih produktif.

Jalan-jalan di Alam

Ada banyak manfaat memprioritaskan waktu di luar selama hari kerja untuk kebahagiaan psikologis dan emosional Anda. Satu studi membuktikan bahwa jalan-jalan di alam dan aktivitas luar ruangan lainnya bisa membangun perhatian dan fokus sebelum Anda mulai bekerja.

Alam membantu pengaturan emosi, meningkatkan daya ingat, mengurangi stres, dan membuat kita lebih kreatif. Momen wawasan mungkin datang saat Anda menjauh dari elektronik dan melangkah keluar rumah.

Ciptakan Visi Pribadi

Saat Anda membuat visi karier pribadi yang bermakna bagi Anda, Anda akan terhubung dengan perjalanan dan termotivasi untuk terus mengambil tindakan setiap hari.

Visi Anda adalah “gambaran” yang Anda cita-citakan, dan yang menginspirasi Anda dalam kehidupan kerja Anda. Kunci untuk tetap termotivasi menuju visi Anda adalah memecah tujuan besar jangka panjang Anda menjadi langkah-langkah kecil dan memasukkannya ke dalam kalender Anda.

Menurut ilmu saraf motivasi, setiap kali Anda menyelesaikan langkah kecil, Anda akan mendapatkan suntikan dopamin di otak, dan itu memotivasi untuk terus bekerja menuju visi pribadi Anda.

Hubungan di Tempat Kerja

Banyak penelitian menunjukkan hubungan konkret antara memiliki sahabat di tempat kerja dengan hasil yang dilakukan dalam pekerjaan mereka. Persahabatan di tempat kerja sangat penting.

Atur waktu di pagi hari atau istirahat makan siang untuk mengobrol, bercanda, dan bertemu dengan orang-orang terdekat di organisasi Anda. Ceritakan beberapa kehidupan pribadi Anda. Begitu pula, dengarkan keluhan mereka dengan sepenuh hati.

Jadikan persahabatan sebagai prioritas saat Anda bekerja dan saling membantu mencapai tujuan profesional dan pribadi.

 

SHARE