Kesulitan Ingat Nama, Coba Latih Memori Anda - Male Indonesia
Kesulitan Ingat Nama, Coba Latih Memori Anda
MALE ID | Relationships

Mungkin Anda pernah berjumpa seseorang tetapi Anda sudah lupa dengan namanya? Akan memalukan lagi rasanya jika dia tahu nama kita, sementara kita lupa namanya.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Wajar jika itu terjadi sekali dua kali. Namun bila berulang kali, kesannya kita tidak pandai mengingat nama, atau mungkin juga menunjukkan tanda-tanda awal demensia. Tidak perlu menunggu usia tua, gejala lupa mengingat nama orang pun bisa dialami kalangan muda.

Kehilangan memori memang cukup mengganggu. Sebuah artikel baru-baru ini di CNS Spectrums mengungkapkan para peneliti di University of Edinburgh menemukan bahwa dari 124 orang dengan usia rata-rata 27 tahun, lebih dari satu dari tiga di antara mereka mengira ingatan mereka semakin buruk selama 5 tahun sebelumnya. Bahkan setengah dari mereka takut terkena demensia.

Kehilangan ingatan, karena hal-hal seperti di mana mereka meletakkan kunci atau handphone, atau apa yang ada di daftar belanja mereka, sering terjadi pada mereka yang berusia 20-an tahun. Mengapa itu terjadi dan adakah yang bisa kita lakukan?

Kehidupan sehari-hari kita memang sangat bergantung pada ingatan kita. Apakah itu dalam ingatan jangka panjang, jangka menengah atau jangka pendek. Memori otak adalah prosesor yang kompleks di mana ada banyak literatur yang menguraikan teori dan penelitian.

Dari laman Psychology Today, ada tiga faktor kunci yang mempengaruhi hal-hal yang kita ingat, yaitu bagaimana kita mengambil atau menyandikan sepotong informasi, konsolidasi atau cara informasi ini diproses secara kognitif, dan bagaimana informasi itu diambil atau dipanggil kembali.

Untuk tahap pertama dan ketiga dari 3 faktor itu, ada hal-hal yang dapat kita lakukan untuk membantu diri kita sendiri, terutama pada masalah mengingat nama. Hal pertama adalah memastikan kita telah menyimpan nama seseorang dengan benar. Jadi, jika kita belum mendengar atau kurang yakin, sebaiknya kita bertanya lagi pada orang itu atau pada orang yang mengenalnya.

Berikutnya, sebaiknya gunakan nama tersebut dalam beberapa kali percakapan Anda dengannya untuk memastikan namanya melekat dalam memori Anda.Poin utama di sini adalah penting untuk memberi perhatian awal pada hal-hal yang ingin kita ingat nanti.

Dominic O'Brien, seorang mnemonist dari Inggris dan Juara Memori Dunia delapan kali, menganjurkan untuk membuat citra yang tepat dan mudah diingat sebagai langkah berikutnya.

Menurut O'Brien, menggambar asosiasi antara orang dan gambar, menempatkan gambar mental dalam pengaturan tertentu, atau membuat gambar aneh dan warnanya, semuanya akan membantu ingatan.

Ini artinya, setiap orang harus merancang mnemonik atau aides memoires mereka sendiri. Mnemonist adalah merujuk pada kemampuan seseorang untuk mengingat daftar/data panjang yang tidak biasa, seperti nama orang, daftar angka, atau entri dalam buku. 

Misalnya, nama Iris Grey mungkin membuat kita berpikir tentang kucing abu-abu dengan mata yang cerah berkilau. Atau jika kita menghubungkan nama seseorang dengan konteks di mana kita bertemu, mungkin kita akan membayangkan handuk coklat di tepi kolam renang untuk mengingat nama Terry Brown, teman di klub renang.

Intinya, paksa pikiran Anda untuk mencoba mengingat. Kapan, di mana, dan mengapa Anda terakhir kali melihat orang itu? Apa yang membedakan mereka, dan yang terpenting, dapatkah Anda mengingat citra yang Anda buat saat bertemu dengannya.

Namun jika Anda tetap lupa namanya, jangan malu mengakuinya. Hadapi saja kalau kita tidak dapat mengingat semuanya.

SHARE