Berpakaian yang Ideal Saat Wawancara Kerja - Male Indonesia
Berpakaian yang Ideal Saat Wawancara Kerja
MALE ID | Looks

Menghadapi wawancara kerja, perlu persiapan matang serta paham beberapa tips berbusana, utamanya bagi Anda para pria. Mengapa? Proses interview adalah ajang pembuktian Anda menciptakan first impression di hadapan pihak HRD. First impression itulah yang menjadi bahan pertimbangan utama sebelum Anda diterima di perusahaan.

Male IndonesiaPhoto by Alex Green from Pexels

Berkaitan akan hal tersebut, jangan sampai perusahaan menemukan kesan buruk di diri Anda saat sesi wawancara. Perlu diketahui, beberapa perusahaan khususnya bergerak di bidang korporat yang mengutamakan budaya kerja formal secara tidak langsung menetapkan cara berbusana sebagai aspek yang pertama kali dinilai. Semakin baik penampilan Anda, maka semakin besar pula kans Anda menandatangani perjanjian kerja.

Penasaran dengan tips berbusana yang baik menghadapi interview perusahaan? Simak penuturannya di bawah ini.

Busana kemeja
Busana ini sangat ideal dikenakan dalam berbagai wawancara kerja, khususnya di perusahaan korporat. Kemeja dengan kancing atas terbuka memberi kesan sederhana, namun tak mengurangi sisi formal. Pastikan supaya kemeja Anda tidak terlalu ketat dan membuat Anda tidak nyaman. Pemilihan warna hitam atau gelap memancarkan aura keseriusan dan berwibawa. Sebaliknya, warna terang mencerminkan pribadi Anda sebagai orang yang ceria.

Tambahkan jas
Jas bisa Anda kenakan sebagai atribut pelengkap kemeja Anda, sehingga membuat kesan profesional lebih terlihat. Akan tetapi, ada baiknya berhati-hati dalam memilih warna. Hindari warna mencolok seperti merah atau kuning, dimana akan membuat pihak HRD susah konsentrasi ketika melakukan wawancara dengan Anda. Gunakan jas berwarna gelap supaya mempertegas kesan profesional.

Gunakan Celana Bahan, Bukan Jeans
Melamar pekerjaan di industri korporat, tidak pas rasanya memakai celana jeans. Pasalnya, Anda akan dinilai tidak serius ingin bekerja di perusahaan tersebut. Celana bahan adalah pilihan tepat demi menunjukkan keseriusan. Kecuali bila Anda menghadapi interview di industri kreatif, maka celana jeans tidak menjadi masalah untuk Anda kenakan.

Alas kaki yang tepat
Di samping pemilihan busana, alas kaki merupakan aspek penting yang wajib Anda perhatikan. Hindari sepatu kets atau yang menonjolkan sisi casual. Yang akan Anda datangi adalah gedung perkantoran, bukan mall. Pilih sepatu pantofel berwarna gelap seperti hitam atau coklat.

Selain tips berbusana di atas, pastikan Anda datang setidaknya 30 menit sebelum proses wawancara dimulai. Supaya, Anda masih memiliki waktu untuk memeriksa dan membenahi penampilan di kamar kecil.

SHARE