Masalah dan Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria - Male Indonesia
Masalah dan Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria
MALE ID | Sex & Health

Organ reproduksi pria memiliki banyak peran, di antaranya adalah menentukan kesuburan, berperan dalam proses berkemih, dan ejakulasi. Untuk itu, kesehatan reproduksi merupakan salah satu sisi kesehatan yang patut diperhatikan.

Photo by Anna Shvets from Pexels

Berkurangnya performa pria dapat menurunkan rasa percaya diri dan mengakibatkan gangguan pada psikologis.  Ahli Kesehatan Reproduksi Pria dan Founder Jakarta Men Clinic dr Anggie Novaldy Rahwanto menjelaskan masalah reproduksi ini masih dianggap tabu dan mendorong pria malu datang ke klinik untuk berkonsultasi.

“Memang dianggap tabu bicara soal reproduksi pria. Padahal sangat banyak pria di luar sana yang mengalami masalah berkaitan hal ini dan membutuhkan bantuan,” katanya secara virtual. Lalu masalah apa saja yang biasanya dikeluhkan pria?

Disfungsi Ereksi
Pria dewasa yang memiliki stamina prima akan dapat memberikan performa yang maksimal dan dalam durasi yang lebih lama, sehingga pasangan bisa merasakan kepuasan yang berkualitas. Oleh karena itulah, banyak pria yang mencari cara untuk meningkatkan performa dan stamina.

Namun, disfungsi ereksi merupakan bagian dari gangguan performa pria yang mengakibatkan menurunnya kualitas seksual, tentunya hal ini mengurangi rasa percaya diri dan dapat menimbulkan depresi yang berat. Menurut Anggie, tak banyak juga pria yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami disfungsi ereksi.

Ejakulasi Dini
Ejakulasi dini juga sering dikeluhkan pria. Sehingga perlu dilakukan terapi seperti terapi Penile Booster untuk memberikan stimulasi kepada pembuluh darah dan saraf di area vital pria. Lalu Penile Enlargement & Enhancement serta filler ataupun transfer lemak tetkait terapi ukuran organ intim pria.

Kesuburan
Khusus untuk permasalahan saluran kemih, kesuburan dan vitalitas pria juga banyak dikeluhkan. Sebab pasnagan berumah tangga tentu sangat berharap jika keluarga mereka diberikan keturunan segera setelah menikah.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria
Mengutip dari berbagai sumber, menjaga kesehatan reproduksi pria sangat penting. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengelami keluhan seputar kesehatan reproduksi pria. Namun, jika Anda masih tabu dan masih merasa malu, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan reproduksi pria yang perlu Anda ketahui lebih dulu. 

Makan Makanan Bergizi
Konsumsi makanan yang bergizi, rendah lemak, dan lakukan aktivitas fisik secara teratur. Jika Kamu mengonsumsi makanan yang tinggi lemak secara berlebihan, hal ini akan meningkatkan risiko obesitas.

Berhenti Merokok
Mulailah untuk berhenti merokok karena penelitian menunjukkan bahwa pria yang merokok memiliki risiko menderita disfungsi ereksi.  

Bersihkan Area Genital
Bersihkan area genital secara teratur untuk mencegah penumpukan kotoran dan kuman yang bisa menyebabkan infeksi. Gunakanlah handuk yang bersih, lembut, tidak berbau dan lembap, serta kering.  

Gunakan Celana Berbahan Menyerap
Gunakanlah celana dalam yang bahannya mudah menyerap keringat sehingga tidak lembap.  

Rutin Ganti Celana 
Cobalah sebisa mungkin untuk mengganti celana dalam setidaknya 2 kali dalam sehari.  

SHARE