Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Makan Anggur - Male Indonesia
Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Makan Anggur
MALE ID | Sex & Health

Buah anggur ada yang berwarna hijau, merah atau hitam. Tidak hanya rasanya yang enak, manfaat buah anggur untuk kesehatan juga tidak sedikit. Manfaat anggur bisa didapatkan baik ketika dimakan mentah atau setelah diolah menjadi jus, jelly, selai anggur, dan bentuk olahan lainnya.

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Satu cangkir anggur merah atau hijau mengandung 28% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin K, nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang dan jantung. Tidak hanya itu, buah ini sangat rendah lemak, natrium, dan kolesterol, serta merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan anggur tidak hanya mendukung kesehatan fisik Anda, tetapi juga kesehatan kognitif Anda. Satu Studi tahun 2017 menemukan bahwa ketika orang dewasa mengonsumsi suplemen anggur setiap hari, mereka meningkatkan nilai tes mereka untuk perhatian, memori, dan bahasa. Konon, anggur juga tinggi gula dan karbohidrat, serta rendah protein.

Selain itu, mengutip laman Eat This, masih ada beberapa manfaat lain untuk tubuh ketika Anda mengonsumsi buah anggur. Baik anggur merah, hijau, atau hitam.

Gula Darah akan Naik
Anggur mengemas 23 gram gula per cangkir. Namun, ahli gizi  Paul Claybrook, MS, mencatat bahwa buah ini relatif rendah indeks glikemiknya, yang berarti buah ini seharusnya tidak menyebabkan gula darah Anda melonjak terlalu banyak, jika Anda memakannya dalam jumlah sedang. "Gula darah Anda akan meningkat tetapi tidak sesignifikan sesuatu seperti soda," jelasnya. 

Sebagian alasannya adalah karena anggur mengandung beberapa serat, yang memperlambat kecepatan tubuh Anda menyerap nutrisi, termasuk gula. Tidak banyak serat (hanya di bawah satu gram per cangkir) tetapi itu cukup. untuk menjaga gula darah Anda dalam kisaran yang wajar selama Anda tidak memakannya.

Anggur juga mengandung senyawa yang disebut resveratrol, yang menurut penelitian dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga memiliki efek menguntungkan pada kadar gula darah Anda. 

Antioksidan akan Beraksi
Anda pernah mendengar tentang antioksidan, bukan? Zat kuat yang melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas? Nah, buah anggur sangat banyak mengandungnya, dan dapat membantu melindungi dan memperbaiki sel Anda dari stres oksidatif yang terkait dengan perkembangan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa anggur mengandung lebih dari 1.600 senyawa tanaman yang bermanfaat, dan karena konsentrasi antioksidan tertinggi ada di biji dan kulit, lebih baik memakannya secara utuh daripada dibuat jus. Selain itu, perlu juga dicatat bahwa anggur merah lebih tinggi antioksidan daripada yang hijau karena mengandung antosianin, sejenis flavanoid yang bertanggung jawab atas warnanya.

Menurunkan Peradangan dalam Tubuh
Peradangan kronis dapat menyebabkan sejumlah gejala jangka panjang dan masalah kesehatan, termasuk nyeri otot dan nyeri sendi, penambahan berat badan, sakit kepala, kelelahan, dan masalah gastrointestinal. Ini juga dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung, Alzheimer, diabetes tipe 2, radang sendi, dan kondisi serius lainnya .

Untungnya, menurut Claybrook, keragaman antioksidan kuat yang terdapat pada buah anggur dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Secara khusus, resveratrol diketahui memiliki sifat anti-inflamasi. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak bubuk anggur dapat meningkatkan kadar senyawa anti-inflamasi dalam darah Anda.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Satu cangkir anggur mengandung 288 miligram potasium, yang memainkan peran kunci dalam menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu, penelitian telah menunjukkan bahwa anggur merah mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi total dan kolesterol LDL (kolesterol) "jahat".

Polifenol dalam anggur telah terbukti menurunkan risiko aterosklerosis (pengerasan arteri). Karena anggur dapat menghilangkan radikal bebas, juga meningkatkan fungsi jaringan dan membantu menghindari kerusakan kolesterol LDL dan menempel pada dinding pembuluh darah. Selain itu, anggur juga membantu menjaga elastisitas pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah dan menjaga trombosit.

SHARE