Ini Efek pada Tubuh Saat Anda Cium Pasangan - Male Indonesia
Ini Efek pada Tubuh Saat Anda Cium Pasangan
MALE ID | Relationships

Mencium pasangan yang Anda cintai tidak hanya membuat Anda dan dia merasa nyaman serta memperkuat kemesraan hubungan, namun juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Misalnya, Anda mungkin sedang tidak ingin mencium pasangan ketika Anda sakit kepala, tetapi justru itulah yang dapat membantu Anda menghilangkannya.

Di luar dari hal yang mendorong untuk ingin bercinta, berciuman dengan orang yang kita cintai ternyata sangat baik untuk kesehatan. Mau tahu apa saja efek yang terjadi pada tubuh Anda saat mencium pasangan? Berikut uraiannya, dilansir dari brightside.

Arteri Jadi Sehat

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang lebih sering berciuman memiliki  kadar kolesterol lebih rendah. Saat Anda mencium pasangan, tubuh Anda mulai memproduksi lebih banyak oksitosin. Hormon ini membantu meredakan stres dan kecemasan yang berkontribusi pada tingginya kadar kolesterol.

Mengurangi Alergi

Ciuman merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang. Karena itu, berciuman dapat mengurangi stres dan mengisi tubuh Anda dengan emosi positif, yang dapat membantu mengurangi alergi.

Sebuah penelitian di Jepang menyatakan bahwa berciuman membuat kadar IgE (antibodi terhadap alergen tertentu) mengalami penurunan. Ini artinya, orang tersebut memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami reaksi alergi di waktu mendatang.

Namun harus diingat bahwa jika pasangan Anda memakan sesuatu yang membuat Anda alergi, hal itu justru dapat menyebabkan reaksi alergi.

Terlihat Lebih Muda

Banyak otot wajah yang terlibat saat Anda berciuman, sehingga mengencangkan wajah Anda seperti olahraga yang sebenarnya. Per menitnya, Anda bahkan bisa membakar hingga 26 kalori.

Ciuman dapat meningkatkan aliran darah ke wajah Anda. Hal ini akan merangsang produksi kolagen dan elastin, yang dapat membantu membuat wajah Anda terlihat lebih muda.

Redakan Sakit Kepala

Jika Anda sakit kepala atau nyeri karena kram, ada baiknya untuk mencoba meredakannya dengan berciuman.

Saat berciuman, jantung akan memompa darah lebih cepat. Ini membuat pembuluh darah jadi melebar dan menurunkan tekanan darah, sehingga dapat mengurangi gejala nyeri kepala dan kram.     

       

Cegah Gigi Berlubang

Berciuman meningkatkan produksi air liur, yang dapat melindungi gigi Anda dari bakteri berbahaya dan mencegah kerusakan gigi. Beberapa ahli mengatakan bahwa ion mineral dalam air liur bahkan dapat membantu memperbaiki lesi pada email gigi.

Saliva atau air liur yang diproduksi saat berciuman juga akan membantu remineralisasi dan melindungi gigi dari paparan asam berlebih yang membuat gigi berlubang.

Namun ingat, kebersihan mulut Anda dan pasangan Anda sangat penting untuk dijaga, karena ada juga bakteri penyebab gigi berlubang yang dapat berpindah saat Anda berciuman.

Turunkan Berat Badan

Berciuman juga membuat tubuh Anda menghasilkan lebih banyak dopamin. Jika hormon ini tidak cukup dalam tubuh, Anda mungkin akan lebih banyak mengidam makanan, yang berarti juga Anda mungkin ingin makan sesuatu yang tidak sehat dan tinggi kalori.

Namun jika tingkat dopamin Anda cukup tinggi, ini dapat mengontrol nafsu makan dan membantu mencegah penambahan berat badan.

Kurangi Rasa Kantuk

Dopamin juga memengaruhi tingkat energi Anda. Jika kadar dopamin Anda rendah, Anda mungkin merasa lebih lelah dan membutuhkan lebih banyak tidur dari biasanya. Itulah mengapa berciuman dapat meningkatkan kewaspadaan tubuh Anda dan mengurasi rasa kantuk yang tidak wajar.

SHARE