Mengenal Istilah dalam Permainan Biliard - Male Indonesia
Mengenal Istilah dalam Permainan Biliard
MALE ID | Sport & Hobby

Biliard adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat diperlukan  ketahanan dan pemahaman mental yang benar dan juga  harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima supaya  mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil. 

Photo: FlickreviewR/Wikipedia

Billiar di mainkan di atas meja dengan menggunakan  peralatan bantu khusus dan juga  peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari berbagai jenis antara lain, carom, English billiard dan pool. Billiard bisa di mainkan secara perorangan maupun tim.

Nah, dalam permainan ini juga ada beberapa istilah yang perlu dipahami jika Anda ingin memainkannya. Mengutip dari berbagai sumber berikut ini istilah-istilah dalam permainan biliard.

Cue
Adalah stik atau tongkat yang di pakai  sebagai alat penyodok bola dalam permainan billiar yang biasanya terbuat dari kayu atau serat komposit dalam berbagai motif corak dan juga.

Cue ball
Adalah bola billiard yang dipakai sebagai media penghubung antara stik billiard dengan object ball atau bola target.
Object ball/pool ball, merupakan bola billiard yang menjadi target singgungan dari cue ball untuk di arahkan ke posisi tertentu atau di masukan ke dalam pocket sebagai tujuan permainan.

Pocket 
Adalah kantung pada meja billiard yang fungsinya sebagai tempat masuknya bola billiard, pocket pada meja billiard  memiliki jumlah enam buah (3 buah pada tiap sisinya) dengan ukuran lebih kurang dua kali diameter bola billiard.

Chalk 
Adalah perlengkapan yang digunakan  untuk melapisi bagian atas (tip)  dari stik billiard yang berfungsi supaya  tidak terjadi slip pada persinggungan antara tip dengan cue ball (missed cue).

Missed cue
Adalah situasi stik billiard terpeleset ketika melakukan sodokan terhadap cue ball.

Scratch
Adalah situasi ketika cue ball masuk ke dalam pocket atau keluar dari meja. Scratch adalah  kesalahan/foul dalam permainan billiard.

Safety shot
Adalah trik yang dilakukan untuk tujuan bertahan dalam olahraga billiard yang dilakuan dengan cara menempatkan pool ball pemain lawan pada posisi tertentu supaya pemain lawan tidak mempunyai  kesempatan posisi bola yang terbuka.

Ball in hand
Adalah situasi seorang pemain memperoleh  kesempatan untuk melakukan sodokan bebas atau  bebas meletakkan cue ball pada posisi tertentu, hal ini berlaku apabila  pemain lawan melakukan kesalahan (foul).

Back spin 
Adalah situasi ketika cue ball yang putarannya berbalik arah, hal ini terjadi karena sodokan stik billiard yang mengenai daerah bagian bawah cue ball. Putaran balik ini akan membuat cue ball kembali ke area semula sesudah  bersinggungan dengan pool ball.

Draw shot
Adalah teknik sodokan stik billiard pada cue ball yang menghasilkan efek back spin.

English shot
Adalah teknik sodokan stik billiard pada cue ball yang mengasilkan efek spin samping atau memutar pada cue ball dan bola target. Teknik ini dilakukan dengan cara menyodok bagian sisi kiri ataupun  kanan cue ball, di Indonesia lebih sering dipakai  istilah efek.

Follow through shot
Adalah teknik sodokan dengan memakai  ayunan dorong pada titik atas dari cue ball. Sodokan tersebut akan menghasilkan putaran atas atau forward spin, yang menghasilkan efek cue ball akan terus bergulir maju sesudah  mengenai pool ball.

SHARE