Amankan dari Hacker, Instagram Punya Fitur baru - Male Indonesia
Amankan dari Hacker, Instagram Punya Fitur baru
MALE ID | Digital Life

Baru-baru ini Instagram resmi meluncurkan fitur baru. Instagram menambahkan sebuah fitur berupa lapisan keamanan ekstra, di mana pengguna bisa melihat kembali konten yang sudah dihapus dari unggahan di Feed, Reels, IGTV, dan Stories.

Photo by Solen Feyissa on Unsplash

Sosial media di bawah naungan Facebook itu mengeluarkan fitur baru ini dengan tujuan mengantisipasi peretasan. Sebab bisa saja peretas mengambil alih akun dan menghapus semua konten yang ada.

Artinya, dengan fitur ini, setiap konten yang dihapus akan tersimpan sementara di ‘recently deleted’ kemudian selanjutnya pengguna dapat melakukan review dan merestore nya seandainya diperlukan.

"Kami tahu, terkadang hacker menghapus konten ketika mereka mendapat akses ke akun Anda, dan hingga saat ini orang-orang tidak punya cara untuk mendapakan foto atau video mereka kembali dengan mudah," kata Instagram, seperti dikutip dari Slash Gear.

Untuk mengembalikan konten Instagram Stories, Instagram memberikan waktu 24 jam sejak konten tersebut dihapus. Sementara konten lain yang muncul di feed, seperti foto, video, Reels, maupun IGTV.

Namun, pemulihan ini harus melalui proses verifikasi. Hal itu dibutuhkan untuk memastikan bahwa si pemilik akunlah yang memulihkan konten yang telah dihapus dan bukan orang lain yang bisa saja memiliki tujuan tak terpuji.

Nantinya, ketika pengguna memulihkan konten, pemilik akun harus mengonfirmasi identitas mereka lewat SMS atau e-mail. Hal itu juga berlaku apabila ingin menghapus konten tersebut secara permanen.

Kendati telah dihapus permanen, Instagram mengatakan salinan unggahan masih akan disimpan hingga 90 hari di penyimpanan cadangan sebelum benar-benar dihapus.

Penyimpanan cadangan dibutuhkan Instagram untuk memulihkan data jika ada bencana, kerusakan di perangkat lunak, atau kejadian kehilangan data lainnya. Informasi ini juga disimpan untuk keperluan lain, seperti masalah hukum, pelanggaran ketentuan, atau upaya pencegahan tindak berbahaya.

Cara Penggunaan
Dilansir dari The Verge, berikut cara penggunaan fitur 'recently deleted' tersebut. Pertama, pengguna perlu mengonfirmasi terlebih dahulu. Apakah Anda benar pemilik atau pengguna akun tersebut melalui teks atau email.

Kemudian, bagi pengguna yang ingin mengakses folder postingan yang telah dihapus, dapat membuka tools Settings lalu klik Account dan pilih tools Recently Deleted.

Anda akan diarahkan untuk menghapus atau memulihkan konten secara permanen. Biasanya foto, video dan lainnya yang dihapus akan berada di folder selama 30 hari tetapi apabila tidak disentuh. Maka penghapusan akan terjadi secara otomatis. Sementara terkait Stories yang dihapus justru dapat bertahan selama 24 jam sebelum dihapus secara permanen.

Dengan fitur ini juga, Instagram ingin memberi kesempatan penggunanya untuk menyimpan konten mereka sebelum menghapusnya secara permanen. Aplikasi tersebut juga telah menawarkan fitur arsip, atau cara untuk menyimpan unggahan tanpa terlihat oleh umum.

Dengan fitur Recently Deleted, memungkinkan pengguna untuk menyimpan unggahan mereka sebagai opsi, meskipun ingin menghapusnya terlebih dahulu. Instagram mendapat manfaat dari memiliki lebih banyak konten. Dengan demikian, akan lebih banyak data dan informasi tentang pengguna.

SHARE