Rambut Anda Berminyak? Ini Tips Hentikannya - Male Indonesia
Rambut Anda Berminyak? Ini Tips Hentikannya
MALE ID | Looks

Di antara kita ada yang memiliki banyak kelenjar penghasil minyak di kepala. Ini terjadi secara alami oleh minyak yang diproduksi di kulit kepala. Biasanya sering kali karena faktor keturunan dan ketidakseimbangan hormon.

Male IndonesiaPhoto by Armin Rimoldi from Pexels

Masalahnya, rambut berminyak bisa terlihat seperti sudah lama tidak dicuci. Tentu saja akan mengganggu penampilan. Berikut ini penjelasan mengapa rambut berminyak dan hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghentikannya, dilansir dari mensciencemagazine.

Alasan Rambut Berminyak

Beberapa pria terlahir secara genetik dengan kulit dan rambut berminyak. Kelenjar minyak yang terlalu aktif menghasilkan rambut berminyak dan berkilau yang tidak diinginkan siapa pun.

Jika kulit Anda berminyak, kemungkinan besar Anda juga memiliki rambut berminyak. Alasannya karena kelenjar sebaceous menutupi kulit kepala Anda dan juga mengeluarkan minyak di tubuh.

Rambut berminyak akan membuat helai rambut Anda menjadi rapuh dan rusak. Tetapi, sebelum Anda menyerah pada rambut berminyak, di bawah ini ada beberapa langkah untuk menjaga rambut Anda bebas minyak.

Sampo Alami

Rambut tipis jauh lebih berminyak daripada yang tebal. Alasannya, rambut tipis kurang mampu menutupi minyak.Pria rambut berminyak perlu menggunakan sampo terbaik yang memiliki pembersih yang sangat lembut. Jangan sampo yang mengandung bahan kimia keras dan deterjen yang kuat karena akan merusak kulit kepala dan rambut Anda. Hal ini juga dapat membuat kelenjar terlalu aktif memproduksi minyak secara berlebihan.

Sampo alami paling dianjurkan untuk jenis rambut berminyak. Gunakan sampo alami yang mengandung protein gandum terhidrolisis. Ini meningkatkan folikel rambut dan membuat rambut Anda lebih sehat dan lebih tebal sehingga merawat tampilan yang berminyak.

Anda perlu memastikan produk alami terbaik dalam hal perawatan rambut untuk pria. Produk rambut dapat membuat rambut Anda tampak berkilau alami, sehat, dan terjaga lembapannya.

Faktor Stres

Sebagian besar kondisi kulit berminyak terjadi karena stres. Misalnya, ketika Anda berusaha untuk memenuhi tenggat waktu suatu pekerjaan sehingga cukup stres karenanya, maka kemungkinan besar rambut Anda semakin berminyak karena stres tersebut.

Stres berdampak pada rambut dan kulit. Jadi, kurangi stres dari hidup Anda. Cobalah latihan yang dapat menenangkan gaya hidup Anda dan mengurangi stres, seperti meditasi, peregangan, dan latihan pernapasan.

Atau Anda bisa pergi keluar untuk mencari udara segar dan bersih, agar membantu mengurangi stres. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik dan membuat rambut Anda terlihat lebih baik juga.

Jangan SeringCuci Rambut

Terkadang banyak orang yang mengira bahwa jika terlalu sering keramas dapat mengurangi sifat berminyak pada rambut. Namun, ini tidak selalu benar.

Rambut harus sedikit berminyak. Jika Anda menggunakan sampo dengan detergen yang berat, ia menghilangkan semua kelembapan dan minyak. Namun akibatnya, kelenjar minyak Anda mulai bekerja dengan sendirinya. Dengan demikian, rambut kembali berminyak. Lalu Anda mencuci rambut lagi, itu sama saja menciptakan lingkaran setan.

Sebaiknya, kurangi frekuensi keramas. Keramas satu kali sehari sudah bisa menghindari tampilan rambut Anda yang berminyak.

SHARE