Tak Perlu Khawatir! Rambut Beruban Dapat Dicegah - Male Indonesia
Tak Perlu Khawatir! Rambut Beruban Dapat Dicegah
MALE ID | Looks

Bagi sebagian besar orang, warna putih pada rambut atau sering kali disebut rambut beruban biasanya baru muncul di usia 40an ke atas. Wajar saja, dengan usia yang menginjak kepala 4, tanda-tanda penuaan akan mulai terlihat. Banyak penyusutan hormon dan regenerasi sel yang melambat. Oleh karena itu, hal tersebut merupakan proses yang alamiah.

Tapi bagaimana, bila proses penuaan menimpa anda di rentang usia 20-30 an? Bahkan tak sedikit ditemukan remaja yang masih duduk di bangku kuliah juga memiliki rambut beruban. Apa yang menjadi penyebabnya?

Male IndonesiaPhoto by Shahterspeed from Pexels

Beberapa orang menganggap, faktor stres merupakan alasan utama dan menjadi stereotipe mengapa seseorang bisa lebih cepat mengalami rambut putih atau beruban. Sementara di sisi lain, sejumlah ahli menyebutkan bahwa hal tersebut belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

Secara umum, terdapat faktor lain yang bisa mengakibatkan rambut beruban pada seseorang di usia muda. Apa saja faktor tersebut? Berikut penjelasannya.

Faktor Genetika
Tak ada salahnya anda menanyakan atau menyelidiki masa muda orangtua anda. Bila ayah atau ibu anda telah memiliki rambut beruban sebelum menginjak usia 40, maka hal tersebut akan terbawa pada anak mereka, dalam hal ini adalah anda.

Merokok
Sejatinya merokok tidak pernah memberikan hasil positif, serta tidak menyehatkan. Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa para perokok terkena risiko memiliki uban di rambut dua kali lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Jantung
Seseorang yang memiliki masalah pada jantung sebaiknya berhati-hati. Karena rambut beruban merupakan salah satu indikator untuk menunjukkan bahwa kesehatan jantung anda bermasalah.

Minyak Rambut
Penggunaan gel atau minyak rambut secara berkala berpotensi besar merusak rambut anda.

Untuk mengatasi masalah rambut beruban, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

Memijat Rambut
Lakukan pijatan rambut dengan penggunaan bahan-bahan alami agar rambut anda tetap sehat. Gunakan bahan alami seperti minyak kelapa atau kemiri.

Hilangkan ketombe
Riset menunjukkan, ketombe pada rambut bisa menjadi penyebab munculnya uban. Selain menggunakan sampo anti dandruff, anda juga dapat memanfaatkan perasan jeruk lemon untuk melenyapkan ketombe.

Perhatikan konsumsi makanan anda
Hal ini adalah faktor terpenting yang sebaiknya anda perhatikan. Konsumsilah wortel, bayam, melon serta aneka buah yang banyak terkandung vitamin C di dalamnya. Hindari makanan berbahan kacang hijau, tauge, selada dan santan. Selain itu kurangi konsumsi makanan berbahan pengawet. Di samping mencegah munculnya uban pada rambut, manfaat lain yang diperoleh adalah ginjal dan paru-paru akan berfungsi lebih optimal.

SHARE