Alasan Makanan Ini Bisa Mempengaruhi Suasana Hati - Male Indonesia
Alasan Makanan Ini Bisa Mempengaruhi Suasana Hati
MALE ID | Sex & Health

Anda mungkin tahu bahwa apa yang Anda makan dapat berdampak besar pada suasana hati Anda. Mempertimbangkan fakta bahwa 90% reseptor serotonin terletak di usus, tidak heran jika beberapa makanan yang menyehatkan usus bisa menjadi pendorong suasana hati yang nyata, sementara yang lain dapat meredam hari Anda.

Photo by Zen Chung from Pexels

Sekarang, para peneliti telah menentukan makanan nomor satu yang paling mungkin membuat suasana hati Anda buruk. Sebuah studi dalam laman eatthis, yang dilakukan oleh merek makanan alami Kallo dan dilakukan oleh perusahaan riset pasar OnePoll, menanyakan 2.000 orang dewasa di Inggris tentang makanan atau minuman mana yang paling berdampak positif pada emosi mereka, dan mana yang paling negatif. 

Donat Bikin Mood Buruk
Ternyata satu-satunya makanan terburuk untuk mood Anda, menurut jajak pendapat, adalah donat. Mungkin karena Anda cenderung memakannya di pagi hari, dengan satu hari penuh tubuh Anda akan bergulat dengan gula.

 
 
Mungkin juga suasana hati jadi buruk karena kombinasi karbohidrat dan minyak, di mana keduanya terkenal sebagai gangguan kesehatan usus yang nyata. Jadi ketika Anda ingin mendapatkan hari yang menyenangkan, atau tetap dengan mood yang asik, jangan pergi ke toko donat untuk makan siang.

Minuman Beralkohol
Banyak makanan penyebab suasana hati yang buruk lainnya dalam daftar yang bisa diprediksi. Diurutan pertama dan kedua masing-masing ditempati oleh minuman beralkohol dan minuman ringan, sedangkan minuman berenergi menempati urutan berikutnya. 

Sebagian besar makanan dalam daftar di luar itu adalah makanan olahan dan kudapan, penuh dengan karbohidrat sederhana dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan peradangan, kelesuan, gangguan pencernaan, dan efek samping fisik negatif lainnya.

Coklat dan Kopi Bisa Memperbaiki Mood
Ketika berbicara tentang makanan dan minuman yang meningkatkan mood, penelitian menemukan bahwa kopi adalah pilihan nomor satu, dengan coklat hitam berada di tempat kedua, dan anggur di urutan ketiga. 

Kafein dalam kopi mampu mencegah adenosin, senyawa yang melekat ke otak yang dapat mengundang perasaan lelah dah kecemasan. Kafein juga membantu mengatur senyawa neurotransmiter, sama halnya seperti pisang.

Untuk coklat sendiri sudah bukan rahasia bukan, jika makanan yang satu ini bisa menaikkan mood dengan sangat cepat. Makanan manis ini bisa membuat kadar glukosa dalam darah naik dengan cepat. Ini pun menjadi suplai energi yang baik bagi otak, hasilnya mood juga jadi lebih baik.

SHARE