Solusi Mudah Hilangkan Bau di Area Kelamin - Male Indonesia
Solusi Mudah Hilangkan Bau di Area Kelamin
MALE ID | Sex & Health

Alat kelamin pria yang bersih dan sehat tentu tidak akan mengeluarkan bau tak sedap. Umumnya, penis berbau menandakan kebersihan yang kurang terjaga di area kelamin, atau mengisyaratkan adanya kondisi medis tertentu yang perlu diperhatikan.

Male IndonesiaPhoto: Pexels.com

Area sekitar penis adalah inkubator sempurna untuk bau tidak sedap dikarenakan bisa berkeringat dan lembab. Aktivitas yang memicu keringat berlebih, dan kegemukan dapat menjadi penyebab penis berbau. Alat kelamin berbau tentu membuat Anda merasa malu, apalagi terhadap pasangan.

“Keringat dan kelembapan bercampur dengan bakteri alami pada kulit Anda menyebabkan bau tubuh,” jelas Kelley Pagliai Redbord MD, seorang dokter kulit di George Washington University. Artinya, bukan keringat yang berbau, tetapi ketika bercampur dengan bakteri itulah yang menimbulkan bau.

Menurut Redbord, area sekitar kelamin pria mengandung sejumlah kelenjar apokrin yang melepaskan sekresi yang jika bercampur dengan keringat dapat menghasilkan bau yang tidak Anda sukai.

Biasanya, penis yang tidak disunat lebih rentan mengalami bau tidak sedap karena berbagai pengotor yang terjebak di balik kulup kelamin yang lebih sulit dibersihkan. Untungnya, ada beberapa solusi mudah berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penis berbau, dilansir dari menshealth.

Potong  Rambut Kemaluan

Rambut kemaluan mudah menangkap kelembapan dan bau, juga menyulitkan kulit di bawahnya untuk tetap dingin dan kering. Membiarkan rambut kemaluan tumbuh panjang, bisa menimbulkan rasa gatal sehingga dikhawatirkan akan membuat kemerahan pada kulit dan menyebabkan iritasi.

Karena itu, kata Rebord, jika Anda teratur memotong rambut tersebut, maka dapat membantu mengurangi kelembaban, mencegah rasa gatal, dan menghindari bau pada penis.

Sabun Antibakteri

 “Anda harus rajin membersihkan kotoran berbau busuk yang menumpuk di banyak lipatan dan celah di area kelamin Anda,” kata Tobias Köhler MD, ahli urologi di Southern Illinois University.

Jika Anda tidak disunat, pastikan untuk membersihkan di bawah kulup kemaluan Anda. Sekresi dari kelenjar minyak dan sel kulit mati dapat menumpuk di area tersebut dan mengundang penumpukan bakteri sehingga menyebabkan bau tak sedap.

Cara membersihkan penis yang benar yaitu bersihkan dengan air hangat dan sabun antibakteri. Jangan gunakan sabun beraroma menyengat dan bahan kimia yang keras. Juga jangan menggosok penis terlalu kencang.Gosoklah dengan lembut area penis, termasuk kepala, batang, skrotum, testis, perenium, rambut kemaluan, dan lainnya.

Jika Anda belum disunat, tarik kulup ke atas secara perlahan. Kemudian, beri sabun dan gosok secara lembut. Selanjutnya, bilas seluruh bagian penis dengan air hingga bersih dan tak ada sabun yang tersisa. Lakukan proses ini setiap kali Anda mandi. Pastikan sebelum menggunakan celana dalam, penis benar-benar kering setelah dibersihkan.

Celana Dalam

Perhatikan celana dalam Anda tetap kering agar mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab bau. Disarankan memakai celana dalam berbahan katun tipis, yang memungkinkan udara bisa sampai ke kulit kelamin.

Jika area kemaluan selalu mengalami kelembaban, misalnya karena aktivitas sehari-hari, maka gantilah celana dalam setidaknya 2 kali sehari atau lebih. Gunakan juga bedak bayi dicampur dengan sedikit bedak antigatal agar menyerap kelembaban dan menjaga aroma tetap segar di sekitar kulit kemaluan.

Namun bila bau tak sedap pada penis tak juga hilang setelah dibersihkan, atau bahkan disertai gejala lain, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

SHARE