4 Cara Pembayaran Seluler Kembangkan Bisnis Anda - Male Indonesia
4 Cara Pembayaran Seluler Kembangkan Bisnis Anda
MALE ID | Works

Pembayaran seluler memudahkan pelanggan Anda untuk membayar, dan dapat mengoptimalkan proses tempat penjualan Anda. Namun manfaatnya tidak berhenti sampai di situ. Masih banyak lagi yang bisa Anda andalkan.

Image by Markus Winkler from Pixabay 

Pembayaran seluler juga bisa menjadi solusi di kala krisis saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Mengutip laman Entrepreneur, berikut adalah beberapa cara sederhana namun berdampak pada Anda untuk memanfaatkan pembayaran seluler untuk mengembangkan bisnis Anda.

Mengurangi Keraguan Pembelian 
Sistem pembayaran seluler memberdayakan staf Anda untuk bertemu pelanggan pada saat mereka siap membeli. Kenyamanan tambahan tidak hanya dapat membantu Anda mengubah lebih banyak prospek menjadi pelanggan, tetapi juga mengurangi keraguan pembelian yang sering dialami pelanggan ketika mereka menemukan jalur pembayaran tradisional. 

Faktanya,  The New York Times  mengutip  bukti ilmiah yang mendukung nilai titik penjualan yang dapat ditawarkan pembayaran seluler. Menurut penelitian, konsumen beralih ke persepsi pribadi mereka tentang waktu tunggu yang ditunjukkan oleh jalur penjualan saat memutuskan untuk membeli, terlepas dari apakah ekspektasi mereka mencerminkan kenyataan. 

Pembayaran seluler memungkinkan bisnis kecil untuk melayani pelanggan sebelum mereka menebak-nebak pembelian mereka, sekaligus memberi mereka pengalaman checkout yang ideal. Mereka dapat membeli di mana saja di toko Anda atau di lokasi terpencil seperti festival dan acara pada saat mereka siap membeli.

Promisi Relevan 
Banyak penyedia pembayaran seluler menyertakan kemampuan untuk memasukkan pola pembelian pelanggan ke dalam kampanye pemasaran. Dengan wawasan seperti itu, pemilik bisnis kecil merancang dan menerapkan penawaran pemasaran yang hemat biaya melalui email atau pesan teks yang menjuntai yang paling mungkin ditanggapi oleh pelanggan, mengingat pembelian mereka sebelumnya. 

Saat Anda memasarkan produk, poin harga, dan penawaran promosi yang relevan berdasarkan riwayat pembelian unik pelanggan, Anda mengoptimalkan waktu dan energi yang Anda investasikan ke dalam kampanye pemasaran. 

Memanfaatkan Program Loyaltias
Data yang baru-baru ini dikumpulkan oleh SCORE mengungkapkan bahwa biaya bisnis kecil hampir tujuh kali lebih banyak uang untuk menarik pelanggan baru dibandingkan dengan biaya untuk membina hubungan dengan yang sudah ada. 

Meskipun 82 persen responden bisnis kecil dalam survei SCORE mengatakan bahwa membangun loyalitas sangat penting untuk pertumbuhan mereka, program penghargaan loyalitas tidak lagi menjadi titik pembeda atau dijamin untuk membangun loyalitas. 

Pertimbangkan data Media Planet sebagai contoh betapa ketatnya persaingan untuk loyalitas pelanggan. Meskipun rata-rata pelanggan mengikuti sekitar 13 program loyalitas, setengah dari mereka adalah pengguna aktif menggunakan program loyalitas. 

Itulah tantangan pembayaran seluler dapat membantu bisnis kecil mengatasinya. Studi Media Planet mengungkapkan bahwa dari perspektif pelanggan, kemudahan penggunaan adalah salah satu aspek terpenting dari program loyalitas. Penyedia pembayaran seluler dapat memberdayakan pedagang untuk mengintegrasikan program loyalitas dengan pembayaran seluler mereka.

Pelanggan menggunakan kartu loyalitas digital untuk mendapatkan hadiah saat mereka menggunakan pembayaran seluler, dan dapat menukarkan apa yang telah mereka peroleh secara otomatis di tempat penjualan.

Bangun Merek Kelas Dunia dengan Anggaran Kecil 
Data SCORE mengungkapkan bahwa selama interaksi mereka dengan pedagang, menyumbang sekitar 70 persen dari apa yang dianggap pelanggan sebagai pengalaman membeli yang positif. Pembayaran seluler menunjukkan bahwa Anda memahami dunia tempat tinggal pelanggan Anda, dan ingin menjadi bagian darinya. 

Tidak hanya lebih dari separuh orang Amerika memiliki smartphone, mereka dilaporkan menghabiskan sekitar tiga jam sehari di perangkat seluler. Karena konsumen semakin bergantung pada kenyamanan yang ditawarkan perangkat seluler mereka, pedagang harus mengikutinya. 

Transaksi pembayaran seluler memungkinkan transaksi yang cepat, salinan elektronik tanda terima yang dikirim melalui email atau pesan teks menyederhanakan pengalaman pembelian pelanggan dan memudahkan pengembalian barang dagangan, bila diperlukan. 

Fitur kecil ini berkontribusi pada pengalaman layanan yang membuat pelanggan Anda merasa dihargai. Faktanya, satu  studi  mengungkapkan bahwa pelanggan memiliki persepsi nilai yang meningkat, dan apa yang mereka bersedia bayarkan untuk produk dan layanan ketika mereka merasa sebuah bisnis memberikan layanan terbaik.

Baik Anda bersaing dengan bisnis kecil atau pengecer besar lainnya, pembayaran seluler lebih dari sekadar alat tempat penjualan. Faktanya, pembayaran seluler dapat memberikan keunggulan kompetitif yang berdampak signifikan pada cara pelanggan memandang merek Anda, bisnis Anda, dan pengalaman pembelian mereka.

SHARE