Candra Darusman dan Ardhito Pramono di Waktu Hampa - Male Indonesia
Candra Darusman dan Ardhito Pramono di Waktu Hampa
MALE ID | News

Dua musisi lintas generasi, Candra Darusman dan Ardhito Pramono melangsungkan sebuah kolaborasi musik. Kolaborasi ini sekaligus menjadi pengalaman pertama bagi Ardhito Pramono untuk menyanyikan lagu yang diciptakan oleh idolanya, Candra Darusman.

Photo: doc.pribadi/istimewa

Candra Darusman adalah salah satu musisi jazz legendaris dari Indonesia. Karya-karyanya begitu melekat pada masyarakat Indonesia, baik saat memperkuat Chaseiro dan Karimata atau pun sebagai solois. Candra baru saja merilis album baru bertajuk Detik Waktu #2-Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman. 

Dalam album itu, ada berbagai karya Candra yang dinyanyikan oleh musisi muda Indonesia. Salah satu lagu di album itu adalah "Waktuku Hampa". Candra pun mendaulat Ardhito Pramono sebagai penyanyi di lagu itu. "One of my all time favorite song adalah "Kekagumanku" karya Candra Darusman. Lagu ini sempat begitu dekat dan mengisi salah satu fase kehidupan gue," kata Ardhito lewat pernyataan resminya.

Bahkan, lirik pada bagian chorus lagu tersebut begitu  terpatri dan berkesan sampai sekarang. Ardhito mengagumi semua karya Candra yang turut memengaruhi musiknya saat ini dan berharap bisa melanjutkan langkahnya.

Lewat kesempatan yang dia dapatkan tersebut, Ardhito berharap bisa terus melestarikan musik jaz Indonesia. Ia juga ingin menjaga legacy yang sudah ditanamkan oleh para seniornya, salah satunya Candra Darusman.

Begitu kesempatan membawakan lagu itu datang, Ardhito langsung menerimanya. Rupanya, Candra juga menyimpan kekaguman serupa terhadap Ardhito. Menurut Candra, Ardhito adalah salah satu musisi muda dengan talenta yang mencuri perhatiannya.

Photo: doc.pribadi/istimewa

Menurut Candra, Ardhito menciptakan karya-karya yang khas dengan gaya menyanyi jazzy serta ciri khas laidback. Hal-hal tersebut yang disebutnya membedakan Ardhito dari penyanyi Indonesia lainnya. "Karenanya "Waktuku Hampa" saya pikir paling cocok jika dibawakan oleh Ardhito. Dia mampu memberi warna jaz yang saya bayangkan, sekaligus gaya santai anak muda kekinian," kata Candra.

Candra menciptakan tembang "Waktuku Hampa" saat masih tinggal di Singapura bersama sang istri. Saat itu, Candra masih bertugas di lembaga PBB, World Intellectual Property Organization (WIPO). sebagai wakil direktur untuk regional Asia.

Di sela kesibukannya, terciptalah lagu ini. Tepatnya pada Minggu, 20 Februari 2011, meski saat itu baru rampung sekitar 80 persen, lalu disempurnakan kemudian. Secara lirik, lagu berkisah tentang perasaan seseorang yang jauh dari belahan hatinya.

Album Detik Waktu #2-Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman menghadirkan lagu-lagu Candra, baik yang sudah pernah dirilis sebelumnya atau baru diperkenalkan. Selain Ardhito, tembang-tembang lain dinyanyikan oleh para musisi muda.

Karya itu menyusul album Detik Waktu-Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman yang berhasil meraih berbagai penghargaan. Karya mendapat gelar "Album Terbaik" serta "Album Pop Terbaik" di ajang penghargaan AMI Awards 2018.

SHARE