Mengintip Kemeriahan Perayaan Imlek di Dunia - Male Indonesia
Mengintip Kemeriahan Perayaan Imlek di Dunia
MALE ID | Relax

Imlek atau Chinese New Year adalah perayaan terpenting bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Tidak heran, perayaannya pun jadi salah satu perayaan yang paling banyak diselenggarakan. Banyak hal unik dan meriah tentunya tiap kali festival ini digelar.

Photo: Calvin Teo/Wikipedia

Di tengah pandemi, pastinya akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kendati seperti itu, Anda perlu tahu keunikan perayaan tahun baru Imlek di belahan dunia untuk menjadi bahan liburan Anda di tahun berikutnya. Tentunya setelah pandemi ini berakhir.

Perayaan Imlek di London
Perayaan Imlek di London digelar sepanjang West End, mulai dari Shaftesbury Avenue sampai Trafalgar Square. Di sini Anda dapat melihat tarian naga dan singa mulai dari Charing Cross Road hingga Chinatown, pertunjukkan seni bela diri khas Tiongkok seperti Tai Chi Chuan, pertunjukkan tari tradiosonal Tiongkok, dan festival kuliner khas Tiongkok di Trafalgar Square. Festival perayaan Imlek di London selalu ramai setiap tahunnya. Buat Anda yang merasakan hal baru dari Imlek, bisa untuk merayakan Tahun Baru Imlek di London.

Perayaan Imlek di Sydney
Perayaan Imlek di kota Sydney awalnya hanya dilakukan oleh komunitas kecil. Seiring berjalannya waktu, perayaan Imlek di Sydney menjadi salah satu perayaan yang meriah. Banyak lampion berwarna-warni yang akan menghiasi kota. Selain itu juga barongsai, tarian naga dan singa, dan pameran lentera. Tentu perayaan Imlek paling ramai berada di Chinatown. 

Momen yang ditunggu-tunggu dari perayaan Imlek di Sydney adalah dragon boat race di Darling Harbor. Para pendayung akan beradu kecepatan di sampan naga sepanjang 12 meter dan akan ditemani tabuhan drum di setiap sampan.

Perayaan Imlek di Beijing, China
Pilihan yang tepat ketika Anda memilih Beijing, China untuk menghabiskan liburan Imlek karena di ibu kota Negeri Tirai Bambu ini akan meriah dengan parade, festival, dan tentunya kembang api di berbagai sudut kota.

Tempat-tempat seperti Temple of Heaven dan Summer Palace juga akan ramai dikunjungi warga setempat maupun turis dari berbagai negara yang ingin ikut larut dalam perayaan Imlek. Kuil sampai taman pun biasanya akan ramai dengan pertunjukan barongsai dan liong.

Peryaan Imlek di Jepang
Kalau mengunjungi perayaan Imlek di Yokahama, Jepang, jangan lupa mengunjungi  Chinatown. Di sini perayaan Imlek yang meriah benar-benar terasa dengan pertunjukan barongsai dan liong, parade dengan performer mengenakan baju-baju ala kekaisaran zaman dulu, dan masih banyak lagi.

Lampion yang menghiasi bangunan di sekitar Chinatown juga tak biasa. Lampion-lampion yang ada dibentuk seperti naga, dengan tubuh yang begitu panjang, meliuk-liuk di atas jalanan utama Chinatown.

Perayaan Imlek di Indonesia
Singkawang selalu menjadi pusat perhatian para wisatawan baik domestik dan internasional. Perayaan Imlek dilakukan selama 15 hari di kota yang didominasi oleh etnis Tionghoa ini. Yang membuat meriah adalah Puncak perayaan Hari ke-15 yang disebut Cap Go Meh.  

Penduduk kota yang dijuluki sebagai “Hongkongnya Indonesia” ini didominasi oleh etnis keturunan Tionghoa yang dulunya adalah pendatang, namun nyaris tak ada perpecahan sosial dengan penduduk asli.

SHARE