Ini Perbedaan Dompet Digital & Pembayaran Seluler - Male Indonesia
Ini Perbedaan Dompet Digital & Pembayaran Seluler
MALE ID | Works

Ide dompet digital, yang pada dasarnya hanyalah versi digital dari dompet fisik, bukanlah hal baru. Faktanya, David Chaum, seorang kriptografer Amerika, menciptakan uang digital sejak tahun 1983. Itu adalah awal dari cryptocurrency.

Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Namun, begitu memasuki tahun 90-an, segalanya mulai bertambah cepat. Berkat internet dan kemajuan teknologi, orang dapat mulai memesan pizza secara online (beberapa klaim terjadi pada tahun 1994 ketika pelanggan memesan pizza pepperoni dan jamur dari Pizza Hut) dan membeli tiket bioskop menggunakan telepon (Ericsson dan Telenor Mobil) hingga tahun 1999). 

Dan tentu, yang diingat oleh banyak orang adalah saat melihat pengenalan PayPal pada tahun 1998, yang dianggap sebagai dompet digital pertama. Pada tahun 2003, perangkat seluler mulai mengambil momentum, yang diikuti oleh perkembangan seperti penemuan bitcoin pada tahun 2008 dan pengenalan Google Wallet (2011) dan Apple Pay (2014).

Seperti mengutip laman Entrepreneur, saat ini, ada banyak kebingungan seputar dompet digital dan pembayaran seluler karena istilah ini begitu sering dipertukarkan. Agar jelas,  dompet digital  hanyalah tokenisasi data. Meskipun dompet digital sering dikaitkan dengan pembayaran, dompet digital dapat digunakan untuk mengeluarkan hadiah digital, tiket atau boarding pass, kunci kamar, atau identifikasi.

Bagi pelanggan, dompet digital dan pembayaran seluler dapat menggantikan membawa-bawa dompet besar. Selain merepotkan, Anda tidak perlu lagi khawatir jika lupa uang tunai, kartu kredit, atau ID Anda di rumah. Semua informasi itu disimpan di ponsel cerdas Anda. Dan, tidak seperti dompet Anda, Anda mungkin tidak pernah meninggalkan rumah tanpa ponsel Anda.

Selain itu, menggunakan pembayaran digital dan seluler menghemat waktu Anda. Alih-alih memasukkan kartu ke terminal EMV, Anda cukup menggesek dan pergi. Saat berbelanja online, Anda tidak lagi harus berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan pembelian sebelum sesi Anda berakhir, seperti saat membeli tiket konser. Selama Anda memiliki dompet digital, Anda dapat melakukan pembayaran instan secara online.

Dompet digital juga hadir dengan fasilitas pelanggan seperti promosi, hadiah uang kembali, dan melacak akuntansi Anda dengan lebih mudah. Yang terpenting, nyaman. Anda dapat membagi waktu makan malam dengan teman, membayar tagihan, dan menghindari biaya transaksi yang mahal saat  bepergian.

Untuk bisnis,  Anda memiliki akses ke dana hampir seketika, Anda menghemat uang untuk biaya transaksi dengan menghapus pihak ketiga, dan Anda tidak perlu berinvestasi dalam sistem POS yang mahal. Selain itu, pembayaran digital dan seluler memberikan akses ke data waktu nyata, membantu Anda mempertahankan keunggulan kompetitif, dan yang terpenting, meningkatkan pengalaman pelanggan karena Anda menyediakan metode pembayaran yang cepat dan aman.

Dompet digital dan pembayaran seluler berkembang pesat untuk meningkatkan pengalaman bagi pelanggan dan pemilik bisnis. Itu berarti bahwa keduanya tidak sekadar mentransfer dana secara elektronik atau menggesek ponsel cerdas Anda melalui terminal checkout.

Sebagai contoh, institusi perbankan besar seperti JPMorgan Chase & Co., Bank of America Corp., Wells Fargo & Co. dan US Bancorp, meluncurkan usaha patungan yang disebut clearXchange. Ini memungkinkan pelanggan untuk mentransfer dana secara instan ke rekening bank lain melalui ponsel mereka. 

Bank tradisional juga membuat aplikasi dompet digital yang memungkinkan Anda untuk meninjau akun Anda, menetapkan anggaran, menerima pemberitahuan peringatan, dan mentransfer dana melalui saluran sosial seperti Facebook.

Suka atau tidak, dompet digital dan pembayaran seluler mengarahkan Anda ke dunia tanpa uang tunai di mana pembayaran dapat dilakukan dengan cepat, nyaman, dan aman hanya dengan satu ketukan tombol. Namun, dompet digital juga bergerak melampaui smartphone dan pembayaran. Selain mentransfer dana, Anda akan dapat memantau akun secara real-time dan menggunakan teknologi untuk segera mentransfer uang.

SHARE