Penting untuk Lakukan Peregangan Usai Bersepeda - Male Indonesia
Penting untuk Lakukan Peregangan Usai Bersepeda
MALE ID | Sport & Hobby

Bersepeda adalah aktivitas yang menyenangkan, yang menawarkan banyak manfaat kesehatan dan bagus untuk menurunkan berat badan, jantung dan kesehatan mental. Tetapi menghabiskan waktu berjam-jam mengayuh pedal dan duduk di posisi yang sama dapat menyebabkan ketegangan pada leher dan kaki. Dan yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri otot adalah peregangan.

Photo by Munbaik Cycling Clothing from Pexels

Tidak dapat dipungkiri, waktu yang dihabiskan untuk pemulihan setelah bersepeda menjadi sangat penting bagi seorang atlet seperti halnya waktu yang dihabiskan untuk berlatih untuk terhindar cidera atau nyeri otot. 

Tapi pada kenyataannya, mereka yang bersepeda hanya sebagai gaya hidup adalah yang paling rentan. Mengutip dari berbagai sumber berikut ini cara peregangan setelah bersepeda agar terhindari dari nyeri otot atau cidera.

Pendinginan
Luangkan beberapa menit untuk mengayuh sepeda dengan lambat. Pembuluh darah di tungkai Anda melebar ketika Anda bersepeda. Bila Anda berhenti tiba-tiba, darah hanya akan terkumpul di tungkai. Hal ini tidak hanya membuat Anda merasa pusing, tetapi juga membatasi Anda untuk mendapatkan darah yang kaya nutrisi dan oksigen dan membuang sisa metabolisme, dua kunci untuk perbaikan dan pemulihan otot.

Minum
Dehidrasi dapat memperlambat proses penyembuhan karena darah menjadi mengental. Cobalah untuk tetap terhidrasi selama berolahraga dan bawalah minuman ketika Anda bersepeda jarak jauh atau ketika berlomba.

Pijatan
Anda mungkin tidak selalu bersama terapis pijat, tetapi Anda dapat membawa tongkat pijat atau foam roller atau bahkan beberapa bola tenis dan kaus kaki.Gunakan alat bantu yang bermanfaat bagi Anda. Memijat tungkai Anda dapat membantu mendorong cairan yang membawa produk sisa dari kerusakan otot, dan mendorong darah segar masuk dan membantu pembentukan ulang.

Penelitian menunjukkan bahwa pemijatan setelah latihan dapat memperbaiki sirkulasi hingga 72 jam kemudian. Pemijatan juga memecahkan ikatan otot yang dapat terbentuk akibat penggunaan berlebihan, sehingga otot dapat bekerja dengan mudah.

Lakukan Seated Hamstring Stretch
Duduklah di lantai beralas matras dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Sambil sedapat mungkin menjaga posisi dada mengarah ke depan dan kedua bahu ke belakang, raih ujung ibu jari kaki dan tahan selama 30-45 detik.

Lakukan Quad Stretch
Berdiri dengan posisi kedua kaki dan lengan berada di sisi tubuh Anda. Untuk Menjaga keseimbangan, Anda boleh berpegangan pada  kursi atau meja dengan tangan kiri dan genggam kaki kanan dengan posisi di belakang Anda. Tahan selama 30-45 detik sampai berganti dengan kaki kiri.

SHARE