Cara Melatih Diri untuk Anda yang Kurang Detail - Male Indonesia
Cara Melatih Diri untuk Anda yang Kurang Detail
MALE ID | Works

Anda menambah nilai bagi tempat kerja Anda ketika Anda berusaha untuk memastikan bahwa melakukan pekerjaan secara menyeluruh dan efektif. Inilah sebabnya mengapa lowongan pekerjaan sering mencantumkan "perhatian terhadap detail" di antara keterampilan yang dibutuhkan.

Photo by Burst from Pexels

Saat Anda memberi pimpinan atau klien Anda pekerjaan yang diselesaikan dengan baik dan berkualitas tinggi untuk pertama kalinya, ini akan memaksimalkan nilai Anda dan meminimalkan waktu yang terbuang. Orang yang berorientasi pada detail juga lebih mahir dalam menangkap kesalahan yang dapat menyebabkan kesalahan yang merugikan.

Selain itu, perhatian terhadap detail merupakan indikator memiliki kualitas karyawan lain yang diminta, seperti organisasi, ketelitian, dan fokus. Dalam beberapa profesi, seperti akuntansi, teknik, penelitian medis, dan lainnya, Anda hanya bisa unggul jika Anda telah melatih diri Anda sendiri untuk memperhatikan detail.

Dalam profesi lain, memiliki perhatian yang kuat terhadap detail adalah kualitas yang akan membuat Anda dipromosikan ke posisi di mana Anda akan diminta untuk mempertimbangkan gambaran besarnya. Mengutip laman Lifehack, berikut ini cara melatih agar lebih teliti dan detail.

Hormati Tenggat Waktu
Tenggat waktu memberi semua proyek garis finish. Salah satu ide cerdas adalah mengambil tenggat waktu yang diberikan, menghitung kapan bagian dari proyek Anda jatuh tempo. Kemudian, jika Anda tetap berpegang pada jadwal untuk menyelesaikan proyek mini yang Anda miliki, Anda tidak akan pernah melewatkan tenggat waktu.

Pahami Rencana Alur Kerja
Tim Anda sedang mengembangkan pekerjaan bersama dengan tim lain yang memiliki proyek dan tenggat waktu sendiri. Ketika Anda memahami keseluruhan rencana alur kerja, Anda mungkin dapat menambahkan wawasan tentang proyek yang lebih besar atau bagian kecil Anda sendiri yang akan dianggap berharga oleh orang lain di perusahaan.

Belajar Mendengarkan dengan Baik
Anda akan memperoleh informasi yang relevan dan nuansa yang dibutuhkan ketika Anda menerapkan keterampilan mendengarkan secara aktif. Dalam percakapan, latih diri Anda untuk melakukan kontak mata, berikan perhatian penuh Anda kepada pembicara, dan ajukan pertanyaan lanjutan terkait.

Melatih diri Anda untuk lebih memperhatikan detail dalam percakapan termasuk belajar untuk berkonsentrasi penuh pada apa yang orang lain katakan. Jika Anda merasa kesulitan, tidak ada salahnya mencatat apa yang mereka katakan.

Perhatikan Isyarat Sosial
Perhatikan bahasa tubuh dan ekspresi wajah yang memberikan wawasan tentang bagaimana orang lain memandang suatu situasi. Isyarat sosial menawarkan detail yang memberi Anda pemahaman tentang bagaimana kata-kata dan tindakan memengaruhi orang lain. Karakter terkenal Michael Scott dari acara televisi "The Office" melambangkan konsekuensi dari tidak memperhatikan bahasa tubuh orang lain.

Ikuti Aturan
Aturan dan protokol biasanya muncul dari pelajaran yang dipetik dan dibuat untuk menghindari kecelakaan lebih lanjut, baik dari sudut pandang keselamatan atau efisiensi. Jika Anda diberi prosedur langkah demi langkah untuk diikuti, centang prosedur tersebut saat Anda melanjutkan. Juga, kembali ke aturan di akhir proyek hanya untuk memastikan Anda mematuhi semuanya.

Buat Catatan
Mencatat adalah cara untuk meningkatkan retensi Anda dan memberi Anda sesuatu untuk dirujuk kembali saat Anda perlu melacak detail terkait. Anda juga akan meningkatkan fokus saat mendengarkan informasi yang relevan. Tinjau catatan Anda segera setelah rapat atau percakapan dan sorot konten yang ingin Anda terapkan.

Istirahat
Mungkin terdengar kontra-intuitif untuk berhenti dan berjalan-jalan, tetapi itu perlu. Menjauhlah dari layar komputer. Berpindah dari satu tugas ke tugas berikutnya selama rentang waktu kerja Anda adalah resep untuk kelelahan otak. Beri otak Anda waktu istirahat. Jeda singkat ini diperlukan untuk menyortir semua detail yang diperlukan untuk mendapatkan solusi yang berhasil.

SHARE