Gagal Turunkan Berat Badan, Ini Penyebab Utamanya - Male Indonesia
Gagal Turunkan Berat Badan, Ini Penyebab Utamanya
MALE ID | Looks

Penyebab gagal diet menjadi alasan kenapa badan tak kunjung langsing. Padahal segala cara menurunkan berat badan sudah Anda lakukan. Anda pun perlu mengenali alasan kenapa diet sering berujung kegagalan.

Photo by Artem Podrez from Pexels

Menurunkan berat badan memang sering kali menjadi sebuah perkara yang sulit. Tak cukup hanya niat saja, tetapi kita juga butuh konsistensi untuk menjalani prosesnya. Selain soal makanan, sebenarnya dari berbagai sumber menyebutkan bahwa ada banyak perangkap yang tanpa disadari bisa membuat kita kembali gagal menurunkan berat badan.

Stres
Sadar atau tidak, faktor eksternal seperti stres sangat mempengaruhi naik turunnya berat badan. Meski sudah olahraga mati-matian, progress weight loss Anda bakal lamban karena hormon kortisol yang naik tajam. Akibatnya, nafsu makan terus naik dan Anda akan merasa selalu ingin makan. Hati-hati jangan sampai stres.

Terlalu Banyak Minum Susu
Terlalu banyaknya minum susu atau bobba juga secara tidak sadar bikin Anda susah kurus. Kalori dan lemak susu pasti akan tinggi dalam tubuh. Selain itu, minuman juga bisa membuat Anda kembung dan merasa bloated. Jika sedang on mission buat ngurusin badan, coba Anda kurangin minum susu. Kurangi kebiasaan minum kopi susu atau bobba, karena bisa membuat insulin semakin naik.

Kurang Minum Air 
Setiap orang mempunyai kebutuhan air yang berbeda-beda. Cara menghitungnya adalah: 40mililiter/kg BB. Contoh jika berat bedan 50 kg jumlah air yang dibutuhkan adalah 2000 mililiter atau 2 liter per harinya. Kalau cuaca sedang panas atau setelah berolahraga, Anda dapat menambahkan menjadi 50 mililiter per hari. 

Lalu, apa hubungan kurang minum dengan susah menurunkan berat badan? Perlu Anda ketahui bahwa air dapat membantu mempercepat proses metabolisme dan dapat mengurangi rasa lapar. Oleh karena itu, perbanyaklah minum ketika sedang diet.

Kurang Asupan Protein 
Kekurangan protein dapat mambuat Anda gagal diet. Saat Anda kekurangan protein, maka akan mengalami penurunan masa otot. Nah, kondisi inilah yang membuat Anda tetap gemuk karena proses pembakaran lemak akan berjalan lambat.

Terlalu Banyak Garam dalam Makanan 
Berdasarkan studi yang diterbitkan di The Journal of Nutrition, makanan yang terlalu banyak mengandung sodium akan menurunkan sensor kenyang di tubuh Anda. Sodium itu sendiri merupakan salah satu komponen garam.

Bahkan, konsumsi makanan tinggi garam juga akan membuat Anda lebih banyak makan. Oleh sebab itu, pastikan untuk membatasi asupan sodium tidak lebih dari 2300 miligram dalam sehari.

Kurang Istirahat
Jika Anda sering bergadang, kadar hormon stres di dalam tubuh akan meningkat. Kondisi ini bisa memicu tubuh untuk mengeluarkan sinyal lapar secara terus-menerus, sekalipun Anda telah mengonsumsi sesuatu.

Malas Gerak
Salah satu penyebab gagal diet adalah malas gerak. Jadi, meski Anda telah mengatur pola makan sedemikian rupa, berat badan tidak akan turun dengan optimal jika tidak disertai dengan melakukan aktivitas seperti berolahraga.

Selain itu, bergerak aktif dengan berolahraga juga dapat membantu menjaga metabolisme tubuh tetap baik. Anda pun akan terhindar dari risiko berbagai penyakit. 

Mulailah dengan olahraga sebanyak 3 kali dalam seminggu, dengan durasi selama 30 menit dalam sehari. Lakukan olahraga yang disenangi, agar Anda tidak mudah merasa bosan.

SHARE